Tahap-tahap awal membangun bisnis online ialah memilih tema kemudian memilih jenis bisnis apa yang bakal dikembangkan. Apapun jenis bisnis yang mau dikembangkan, semuanya membutuhkan tema. Tema inilah yang selanjutnya menggiring kita untuk memilih kata kunci.
Namun sebagai pebisnis, kita tentu tidak ingin pribadi terjun begitu saja tanpa persiapan. Tahap sebelum memilih tema, dinamakan tahap riset. Hampir sama dengan bisnis konvensional, kita juga bakal memilih pasar apa yang bakal kita sasar.
(Baca: Tutorial Dasar Memulai Bisnis Online)
Kaprikornus hal utama yang harus Anda lakukan sebelum membuat website atau blog ialah melaksanakan riset kata kunci a.k.a keyword.
Apa Itu Keyword?
Seperti yang dikatakan sebelumnya, keyword itu tak lain dan tak bukan ialah kata kunci. Kata kunci ini dapat berupa apa saja. Kata sendiri merupakan satu kata kunci yang saat di ketikkan di mesin pencari mirip Google bakal menggiring sejumlah website atau blog.
Bila dijelaskan setrik sederhana, kata kunci ialah kata-kata yang sering diketik seseorang saat mencari isu di mesin pencari. Misal ada yang mengetik kata "cari uang" di Google maka kata "cari uang" itulah keyword.
Namun apakah Anda tahu seberapa banyak orang mengentik kata "cari uang" di Google? Tentu saja tiada yang tahu sebelum melaksanakan riset.
Pentingnya Melakukan Riset Keyword?
Keyword ini menyerupai barang-barang yang sedang happening di pasaran. Jika di sebuah mall atau pasar sedang laris-larisnya baju muslim, tentu bakal banyak orang yang mencari. Namun kalau Anda barang yang Anda jual tidak diharapkan orang-orang, sama saja buang modal. (ibaratnya).
Begitulah keyword. Kita harus melaksanakan riset untuk tahu seberapa banyak orang yang membutuhkan barang tertentu. Dengan mengetahui barang apa yang paling diharapkan orang-orang, tentu langkah selanjutnya ialah mencari kawasan strategis untuk berjualan.
Jika membuat kios di pasar atau mall, tentu Anda tak ingin berada di posisi paling belakang yang sangat jarang dikunjungi orang. Mana dapat barang-barang dagangan laku kalau tak ada yang berkunjung. Inilah yang dinamakan ilmu SEO dalam dunia bisnis online.
Perbedaan bisnis online dengan bisnis konvensional ialah jenis pasar yang diperebutkan. Jika di bisnis konvesional pebisnis berlomba mencari peluang dengan produk-produk tertentu, di bisnis online, orang-orang berlomba mendapat kata-kata tertentu.
Tiap kata di internet ialah harta yang tersimpan. Dengan melaksanakan riset, kita bakal tahu kata apa saja yang paling sering di cari oleh orang di internet. Seberapa banyak website atau blog yang bersaing di kata tersebut dan berapa nilai uang untuk kata-kata itu.
Sekali lagi saya katakan, kita tak bakal pernah tahu kalau tidak melaksanakan riset. Itulah mengapa, setiap pebisnis online pada mulanya harus melaksanakan riset. Penting!
Setelah Riset Keyword, Lalu Apa?
Setelah melaksanakan riset keyword setidaknya kita sudah punya gambaran, pasar mirip apa yang kita perebutkan. Tentu langkah selanjutnya ialah menyusun seni administrasi semoga dapat menang dalam pertandingan. Pertandingan disini ialah memperebutkan posisi teratas di mesin pencari.
Tak dapat dipungkiri bahwa penyumbang trafik atau pengunjung terbesar untuk sebuh blog atau website ialah mesin pencari dan Google ialah rajanya. Kaprikornus riset yang dilakukan untuk mengetahui, apa saja yang sekaitan dengan kata kunci yang kita sasar.
Dengan begitu, tahap selanjutnya mengupayakan selalu membuat konten yang ada kaitannya dengan keyword. Ingat, hanya orang yang telah siap dalam peperangan yang kadang jadi pemenang. Dunia bisnis online juga demikian.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "Pentingnya Lakukan Riset Keyword Untuk Bisnis Online"
Post a Comment