Budidaya Ikan Arwana | Pemeliharaan

Ikan arwana termasuk ikan paling anggun dan indah di dunia. Bahkan arwana menjadi primadona ikan hias dunia sebab memang indah namun cukup sulit dikembangbiakkan sebab jumlah telornya yang sedikit dan budidaya ikan arwana cukup rumit.

Arwana mempunyai potongan dasar lisan berupa tulang yang berfungsi sebagai gigi, sehingga dikelompokkan ke famili ikan karuhun. Nama lain ikan arwana ialah Ikan Naga (Dragon Fish), Kelesa, Barramundi, Aruwana, Saratoga, PlaTapad, Siluk, Kayangan, Peyang, Tangkelese,  atau Arowana.
 termasuk ikan paling anggun dan indah di dunia budidaya ikan arwana | pemeliharaan
Harga ikan arwana sangat menggiaurkan sebab populasinya sudah cukup langka dan penampilannya sangat mempesona. Bahkan sebagian orang berkeyakinan arwana mendatangkan hoky. Banyak penghoby arwana yang membeli ikan arwana anakan kemudian dipelihara dalam waktu setahun kemudian dijual lagi dengan harga samapai 10 kali lipat lebih.

tips cara pemeliharaan ikan arwana
  • Ikan arwana yang dibeli dari kawasan jauh dan memerlukan perjalanan panjang, jangan pribadi dimasukkan ke dalam akuarium, tetapi taruh arwana bersama plastiknya dan jangan dibuka dulu di dalam aquarium anda. Tujuannya ialah biar ikan arwana mengikuti keadaan dengan akuarium anda.
  • Jangan memaksa ikan arwana keluar dari plastik, biarkan ia keluar sendiri dengan membuka tutup plastiknya. Biarkan biar keluar sendiri  termasuk ikan paling anggun dan indah di dunia budidaya ikan arwana | pemeliharaan
  • Akuarium tidak perlu diberi karang atau batu, sebab sanggup melukai kulit atau sisik tergores, selain itu sanggup menggannggu arwana menangkap umpan ikan kecil yang kita berikan
  • sebaiknya diberi masakan yang bervariasi contohnya udang, kecoa, katak, lipan, kadal, maupun jangkrik, meskipun sajian utamanya ialah kelabang. Ikan arwana yang masih kecil sanggup diberi jangkrik yang sudah dihilangkan kakinya biar arwana tidak terluka. Kelabang bisa menambah kecerahan warna merah.
  • Lengkapilah peralatan pendukung akuarium biar ikan arwana sehat, terutama kebersihan akuarium sehingga perlu diberi filter, pompa sirkulasi, heater dll
  • Jaga suhu air di akuarium berkisar 25-27 derajat celcius. Jika suhu air dingin, segera nyalakan heater sampai suhu air sesuai kebutuhan. Sedangkan ph yang dikehendaki sekitar 6-8,5. Jika ph terlalu rendah, maka anda perlu menambahkan kapur ke dalam akuarium. Selain itu, sanitasi air perlu diperhatikan pula, silakan mengobati air akuarium déngan malachite green, déngan frekuensi 3 ahad sekali. 
  • Gantilah air pada akuarium caranya dengan mengganti air sebanyak 10% dari volume air total setiap 2 hari. Penggantian air dengan air pam, maka harus didiamkan dulu selama sehari sebelum dimasukkan ke akuarium biar aroma kaporit hilang.

0 Response to "Budidaya Ikan Arwana | Pemeliharaan"

Post a Comment