Contoh Karangan Narasi Pengertian

karangan narasi adalah goresan pena yang berusaha menciptakan, mengisahkan, dan merangkaikan perbuatan insan dalam sebuah insiden secara kronologis. Karangan narasi memiliki dua macam sifat, narasi Espositoris dan narasi Sugestif. Narasi Ekspositoris bertujuan memberi informasi kepada pembaca biar pengetahuannya bertambah luas. Sedangkan Narasi Sugestif beretujuan menjadikan daya khayal pembaca. Contoh narasi sugestif ialah novel dan cerpen, sedangkan contoh narasi ekspositoris ialah otobiografi, kisah perjalanan, kisah perampokan dan kisah wacana insiden pembunuhan.

Berdasarkan jenis cerita, narasi dibagi menjadi dua macam, yaitu narasi fiksi dan nonfiksi. Narasi fiksi ialah narasi yang hanya merupakan kisah rekaan, khayalan, atau imajinasi. Jenis karangan ini terlihat pada cerpen, hikayat, dongeng, novel dan lain-lain. Sedangkan narasi nonfiksi ialah karangan yang mengisahkan insiden yang benar-benar terjadi, menyerupai biografi, laporan perjalanan, dan lain-lain.


Ini sebuah pola karangan narasi yang bersumber dari http://smpn2banyuasin1.wordpress.com

sebuah pengalaman yang menhesankan

Ketika berdiri pada hari Senin pagi, saya sangat terkejut alasannya ialah melihat jam di kamar telah mengatakan pukul 06.30 WIB. Aku eksklusif berdiri dan menuju ke kamar mandi. Sampai di kamar mandi tiba-tiba saya terpeleset dan hampir saja mencederaiku.

Setelah mandi, saya berpakaian sekolah, sarapan pagi kemudian berangkat sekolah dengan memakai sepeda motor. Sesampainya di sekolah kulihat tasku untuk mengambil topi. Betapa terkejutnya aku, ternyata topiku tidak ada di dalam tas. Karena hari itu hari senin (ada upacara bendera) saya pulang ke rumah untuk mengambil topi. Selesai mengambil topi saya kembali lagi ke sekolah dengan menaiki sepeda motor. Tiba-tiba di jalan motorku mogok, sesudah diperiksa ternyata bensinnya habis. Terpaksa kudorong motor untuk mencari daerah penjualan bensin eceran. Untunglah daerah penjualan bensin itu tidak jauh. Aku membeli satu liter bensin dan eksklusif tancap gas menuju ke sekolah.

Setibanya di sekolah ternyata murid-murid sudah berkumpul di lapangan. Upacara hampir saja dimulai. Aku pun tergesa-gesa berlari menuju ke lapangan upacara. Ketika upacara dimulai kepala sekolah eksklusif memberi pengarahan wacana tata tertib sekolah. Tiba-tiba datanglah seorang guru untuk menyidik kerapian murid-muridnya, dan sialnya rambutku dinilai panjang oleh guru. Dengan leluasa serta tak kuasa kumenolak gunting yang ada digengaman guru mencabik-cabik rambutku.

Dengan rambutku yang tak karuan, saya eksklusif masuk ke kelas untuk mengikuti pelajaran. Rupaya pelajaran tersebut memiliki pekerjaan rumah (PR) dan saya lupa mengerjakan kiprah tersebut kemudian dieksekusi oleh guru untuk membuat kiprah itu sebanyak tiga kali.

Aku eksklusif mengerjakan kiprah itu. Sebelum saya mengerjakannya jam pelajaran pun habis kemudian saya disuruh menulis beberapa kali lipat lagi oleh guru. Ketika sedang mengerjakan kiprah itu, teman-teman ribut di kelas alasannya ialah jam pelajarannya kosong. Dengan senangnya teman-teman pun bermain di kelas sehingga saya pun merasa terganggu. Aku menegurnya supaya tidak ribut lagi, ternyata mereka tidak bahagia dan tidak terima atas teguranku. Temanku tadi eksklusif merobek kiprah yang sedang kubuat. Aku merasa kesal dan tanpa basa-basi lagi saya eksklusif menghajarnya sehingga terjadilah perkelahian. Kemudian kami dipanggil wali kelas ke kantor untuk menuntaskan problem tersebut. Aku ceritakan problem tersebut dan kami pun disuruh untuk bermaaf-maafan. Setelah itu kami disuruh untuk melupakan problem tersebut, balasannya lonceng pun berbunyi mengambarkan pulang sekolah. Kami pun eksklusif pulang ke rumah. Setibanya di rumah saya merasa bahagia alasannya ialah permasalahan tersebut telah selesai. Aku bercerita wacana kejadian-kejadian yang saya alami di sekolah tadi dengan orang tuaku. Orang tuaku pun menasehati biar selalu mengerjakan kiprah tersebut dan mentaati peraturan tata tertib yang ada di sekolah.

0 Response to "Contoh Karangan Narasi Pengertian"

Post a Comment