Soal Psikotes Rujukan Download

Soal Psikotes biasanya terdiri dari beberapa jenis soal psikotes. Dalam arikel ini kita akan bahas mengenai tips cara lulus psikotes, teladan soal psikotes dan cara mengerjakan soal psikotes. Hal ini saya buat biar kita mengetahui agak mendalam tentng soal psikotes biar kita lolos dalam psikotest. psikotest sering digunakan dlam seleksi penerimaan karyawan, test masuk kerja, tes cpns, tes beasiswa dan juga penetuan jurusan sekolah. Yang terang hampir semua seleksi memakai tes psikologi atau psikotest.

Tes psikologi (Phsicology Test) atau psikotest bertujuan untuk mengukur aspek individu, buat bawah umur maupun orang cukup umur sanggup berbentuk tertulis, proyektif, atau penilaian secara lisan yang teradministrasi untuk mengukur fungsi atau kemampuan kognitif dan emosional seseorang.

psikotes lebih kepada tes kepribadian bukan penentuan siapa yang paling pintar, lantaran banyak orang yang secara akademik tidak bakir sanggup mengalahkan orang pintar. Sehingga sering terjadi orang dengan ipk cantik tetapi selalu gagal dalam psikotest, tetapi sebaliknya oarang dengan nilai pas pasan sanggup lolos di tes psikologi. Oleh lantaran itu saya akan memperlihatkan tips mengerjakan soal psikotes dan cara lolos psikotes.

jenis soal psikotes dan Tips Mengerjakannya Soal Psikotes

Berikut ini terdapat beberapa contoh jenis soal psikotes yang sering digunakan dalam seleksi penerimaan karyawan dan psikotes lainnya:

1. Tes Wartegg

Wartegg test atau tes wartegg terdiri dari 8 kotak dan pada masing-masing kotak berisi bentuk-bentuk tertentu ibarat titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis saling memotong, dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung. Pada tes wartegg ini Anda akan diminta untuk melanjutkan dengan menggambar sesuatu dari bentuk tersebut, kemudian menuliskan nama benda yang Anda gambar sesuai urutan gambar yang telah Anda buat, kemudian menuliskan nomor gambar yang mana paling Anda sukai dan tidak disukai, sulit dan gampang berdasarkan Anda. Penilaian dari tes wartegg ini yaitu emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek bukan mahirnya Anda dalam menggambar. Berikut ini merupakan teladan soal tes wartegg.

Contoh soal wartegg test:

 Dalam arikel ini kita akan bahas mengenai tips cara lulus psikotes soal psikotes teladan download
Tips dan cara mengerjakan soal wartegg test sebagai berikut:
Sebaiknya pada tes wartegg ini Anda menggambar secara acak dan tidak berdasarkan nomor urut sesuai gambar, contohnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena jikalau Anda menggambar berdasarkan urutan gambar 1,2,3,4,5,6,7,8 Anda akan dipandang oleh panitia penyelenggara psikotes (HRD) sebagai orang yang kaku atau konservatif. Sedangkan jikalau Anda menggambar secara acak contohnya 6,1,4,2,7,8,3,5 Anda akan dipandang HRD sebagai orang yang bergerak kreatif, inovatif dan cenderung suka akan ‘breaking the low‘.

Apabila Anda bergender pria, jangan mulai dengan nomor 5, lantaran beberapa anggapan menyebutkan hal ini kuat terhadap orientasi seks Anda. Berikut ini yaitu salah satu teladan pengerjaan yang pernah saya digunakan untuk melewati tahap psikotes:

 Dalam arikel ini kita akan bahas mengenai tips cara lulus psikotes soal psikotes teladan download
2. Test Kraepelin atau Pauli / Tes Koran

Tes kreapelin terdiri atas angka yang tersusun secara vertikal dalam bentuk lajur-lajur. Calon pegawai dan karyawan atau pesrta tes diminta untuk menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu di setiap kolom dan menuliskan tanggapan sempurna disampingnya. Penilaian dari tes ini yaitu perilaku terhadap tekanan, ketahanan, kemampuan daya pembiasaan diri, ketelitian, konsisten, sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan yang diberikan.

Contoh soal kreapelin atau pauli / koran


Tips dan cara mengerjakan tes kreapelin

Usahakan jumlah angka yang Anda dijumlahkan benar dan stabil di masing-masing kolom. Hasilnya akan lebih baik jikalau dibandingkan Anda memaksakan diri di awal tes namun menurun di pertengahan dan final tes. Kendalikan diri Anda untuk menghemat tenaga dan waktu sembari mendengar setiap perintah dari panitia

Jangan sekalipun memakai pensil mekanis dalam tes kreapelin ini, melainkan pensil biasa atau pulpen saja sesuai dengan perintah panitia, lantaran tes ini sangat terikat dengan waktu. Pensil mekanis ujungnya akan gampang patah atau habis sehingga memakan waktu untuk menggantinya, prosedur ini membutuhkan waktu sekitar 0.5-1 detik. Apabila Anda melaksanakan reload dalam 10 lajur berarti Anda telah kehilangan waktu 5-10 detik dan hal ini tentu merugikan Anda sendiri.

Teruslah fokuskan pikiran Anda dalam mengerjakan tes koran ini, dan jangan memikirkan sesuatu hal selain soal yang sedang Anda kerjakan. Karena jikalau sedikit saja Anda lari dari fokus pikiran Anda, hal ini akan mengganggu konsentrasi, sehingga sanggup melambatkan pengisian angka dalam test. Berikut ini merupakan latihan tes kreapelin yang pernah saya kerjakan.


3. Tes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule)

Pada umumnya dikala tes epps kita akan diminta untuk menentukan kecenderungan (yang kita sukai) atau sifat yang menempel pada diri kita sendiri diantara 2 pernyataan. Terkadang ke-2 pernyataan tersebut tidak ada yang kita sukai atau merupakan sifat kepribadian kita, kita tetap harus menentukan salah satu yang mendekati diri kita. Tujuan tes epps (edwadrs personal preference schedule) ini untuk mengukur dan meninjau kepribadian orang dilihat dari kebutuhan-kebutuhan yang mendorongnya dalam pekerjaan serta sejauh mana sifat yang kita miliki terhadap kococokan dengan posisi kerja yang kita lamar.

Contoh soal EPPS


Adapun teladan pertanyaannya soal epps sebagai berikut:

A. Saya suka menolong sobat bila mereka sedang mengalami masalah
B. Saya bahagia melaksanakan pekerjaan bersama sampai selesai

Tips dan cara mengerjakan soal epps

Sebelum mengerjakan soal epps, nanti Anda akan diminta oleh panitia penyelenggara psikotes Anda untuk menentukan salah satu kecenderungan yang berdasarkan Anda ada pada diri Anda. Jika tanggapan Anda yaitu pernyataan yang pertama Anda diminta melingkari aksara A dan jikalau Anda menentukan tanggapan terhadap pernyataan yang kedua, Anda diminta melingkari huruf  B. Saran saya dalam menjawab pertanyaan soal epps ini kepada Anda yaitu jawablah pertanyaan yang sesuai atau mendekati sifat apa yang diharapkan atas pekerjaan atau posisi yang Anda duduki sesudah Anda lulus psikotes dan diterima kerja nantinya. Jangan menjawab diluar dari itu, walau Anda mempunyai loyalitas tehadap sobat namun disini Anda tidak diminta untuk itu, melainkan keprofesionalan Anda dikala berkerja.

4. Tes Analog Verbal (Analog Verbal Test)

Tes analog lisan ini biasanya terdiri atas 30-40 soal yang berisi sinonim/antonim/analog suatu kata. Yang dinilaian dalam tes ini yaitu kemampuan logika Anda terhadap sebuah kondisi, untuk melihat sejauh mana Anda memahami alasannya yaitu dan akhir suatu permasalahan dalam pekerjaan.

Contoh soal analog verbal

hitam ><...... a. biru b.kecil c.malam d.putih e.gelap
Pola menjawab soal tes analog verbar ibarat berikut ini:
hitam = putih jadi, antonim dari hitam yaitu putih dan jawabannya d.

Tips dan cara menjawab soal tes analog lisan

Apabila Anda bermasalah dengan konsentrasi dan logika, Anda sanggup mem-bypass-nya dengan menghafal soal dan jawaban. Karena beberapa kali saya menghadapi tes ini, dan soal yang diberikan relatif sama. Lompati soal yang belum bisa Anda jawab ke soal berikutnya, dan jangan terpaku terhadap satu soal yang belum Anda ketahui lantaran waktu terus berjalan.

5. Tes Logika Aritmatika

Tes logika aritmatika terdiri dari deret angka, yang menjadi penilaian dari tes ini yaitu kemampuan analisa Anda dalam memahami pola-pola atau kecenderungan tertentu yang berbentuk deret angka dan kemudian memprediksikan hal-hal lain berdasarkan pola yang ada.

Contoh Soal Logika Aritmatika

 24 20 16 12  … …
 Pola jawabannya: Setiap angka dikurang 4 maka lanjutan dari deret soal diatas yaitu : 8 dan 4.

45 15 18 6 9 3 … …
Pola jawabannya:
n:3 n+3 n:3 n+3 ... ....

Tips dan cara mengerjakan soal tes logika aritmatika

Dalam mengerjakan soal ini jangan terpaku pada deret hitung atau deret ukur perhitungan matematika saja yaitu jangan terpaku pada 6-7 angka terdepan dalam deret namun adakalanya Anda melihat deret secara keseluruhan atau deret angka berikutnya, lantaran pola bisa berupa urutan, pengelompokan berurutan maupun pengelompokan loncat angka. Sekali lagi saya katakan jangan terpaku hanya pada satu soal yang ingin tau ingin Anda pecahkan, lompati ke soal berikutnya yang lebih gampang Anda kerjakan, lantaran terkadang soal di bawahnya lebih gampang dipecahkan dibandingkan soal sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk ke efektifan dan keefesienan terhadap waktu yang diberikan dalam menuntaskan soal logiaka aritmatika tersebut.
Adapun teladan soal psikotes dan jawabanya yang dipublikasikan ini terdiri dari beberapa soal, yaitu meliputi tentang:


1. Contoh soal psikotes gambar dan jawabanya
2. Contoh soal psikotes matematika dan jawabanya
3. Contoh soal psikotes Antonim dan jawabanya
4. Contoh soal psikotes koran dan jawabanya
5. Contoh soal psikotes deret dan jawabanya
6. Contoh soal psikoteslogika angka dan logika formil
7. teladan soal psikotes wartegg, dan
8. Tips-tips dan kiat sukes mengerjakan banyak sekali soal psikotes

download soal psikotes : Download soal psikotes

0 Response to "Soal Psikotes Rujukan Download"

Post a Comment