Cara Budidaya Hamster

Hamster yaitu hewan sejenis tikus dan kelinci yaitu hewan pengerat. Hamster termasuk hewan malam, sehingga lebih aktif di sore dan malam hari, tetapi hamster dapta dibiasakan untuk bermain di pagi atau siang hari. Meskipun pandangan matanya kurang tajam, tetapi penciuman dan pendengarannya tajam.

Pipi hamster sanggup mengembang alasannya yaitu berfungsi sebagai kantung makanan, dimana hamster menyimpan masakan dalam pipi dan dibawa ke sarangnya.
 yaitu hewan sejenis tikus dan kelinci yaitu hewan pengerat cara budidaya hamster
Pada umumnya ia mulai melahirkan sehabis berumur 3-4 bulan, meskipun kadang kala ada juga yang mulai melahirkan pada umur 1 bulan, namun tidak dianjurkan hamster yang berusia kurang dari 4 bulan untuk melahirkan, alasannya yaitu sanggup mengakibatkan cacat pada anak hamster, ataupun sanggup menjadikan kematian bagi ibu dan anak hamster. Makanan yang buruk (misalnya kurang protein) akan menjadikan si ibu mencari protein komplemen dengan memakan bayinya sendiri (kanibal), atau lingkungan yang tidak mendukung (lingkungan yang berisik) menciptakan si induk merasa tidak nyaman/stress sanggup mengakibatkan induk memakan anaknya.

Hamster Siria berasal dari Timur Tengah yang hidup dalam liang-liang di bukit-bukit pasir. hamster siria ini paling banyak dipelihara alasannya yaitu sanggup diajak bermain anak kecil dengan mudah. Ukuran hamster ini panjang 17-22 cm. Hamster siria inijinak pada insan tetapi suka menyerang hamster jenis lainnya sehingga tidak sanggup disatukan dengan hamster lainnya.


 

Pemeliharaan dan budidaya hamster
Hamster dipelihara di dalam sangkar kawat atau kaca. Karena giginya tajam dan suka mengerat maka kayu akan hancur digigitnya. Lantai sangkar diberi serutan gergaji atau sekam padi semoga air kencing sanggup diserap. Sediakan kertas kertas yang sanggup dijadikannya sarang sebagai daerah menaruh anaknya dan masakan hamster ini. Hamster sadar akan kebersihan, sehingga satu sudut dijadikannya sebagai daerah berak atau wc dan sudut lainnya sebagai sarang.

Makanan
Makanan hamster yaitu biji-bijian dan sayuran menyerupai wortel, timun dan buncis, namun jangan jadikan sebagai materi utama. Binatang kecil ini tetap membutuhkan gizi yang cukup, dan sanggup diperoleh melalui masakan kemasan yang sudah lengkap gizinya. Makanan protein tinggi menyerupai daging atau susu, juga penting terutama saat bayi-bayi dalam masa pertumbuhan atau pada ibu hamster yang sedang hamil atau sedang memiliki bayi. Jika masakan cukup mengandung cairan, air minum tidak diperlukan.

Hamster memiliki kantong di pipinya dimana ia mengumpulkan makanan. Ia menekan masakan ke dalam kantong yang akan mengembang dan membawanya ke sarang. Disini masakan dikeluarkan untuk ditimbun. Lapisan dalam kantong pipi ini sangat halus, sehingga masakan yang tajam sanggup melukainya.

Pembiakan
Hamster memiliki bayi rata-rata 8 . Tetapi ia sanggup melahirkan hingga 16 bayi sekaligus (Syrian Hamster).

0 Response to "Cara Budidaya Hamster"

Post a Comment