Masjid Sulaimaniah Peninggalan yg Megah Turki

Masjid Sulaimaniah Peninggalan yg Megah, Turki


Masjid Raya Sulaimaniah yakni sebuah masjid peninggalam kekaisaran Ottoman yg terletak di Bukit ketiga Istanbul, Turki. Masjid ini yakni masjid terbesar di kota, dan Keliru satu objek wisata paling populer dari Istanbul.  Masjid Raya Sulaimanah dibangun atas perintah Sultan Suleyman. Dia meminta tolong pada seorang arsitek berjulukan Mimar Sinan, seseorang yg dianggap jenius di bidang arsitektur. Pembangunannya dimulai tahun 1550 dan berakhir pada 1558.

Masjid Sulaimaniah


 Masjid Sulaimaniah Peninggalan yg Megah Masjid Sulaimaniah Peninggalan yg Megah Turki
Masjid Sulaimaniah Peninggalan yg Megah Turki

Desain arsitektural masjid ini menggabungkan elemen struktural bangunan Islam dengan Bizantium. Bangunan berdiri tinggi, dengan menara yg ramping, kubah besar yg juga didukung oleh setengah kubah dalam gaya gereja Bizantium Hagia Sophia. Desain Sulaimanah berdasarkan Sultan Suleyman sendiri menjadi bangunan Solomon kedua, lantaran rujukan kubah watu yg dibangun di atas kuil Solomon, yg sangat dibanggakan oleh kaum Justinian sangat ibarat dengan kubah di masjid tersebut. Bangunan ini, hingga kini tetap menjadi simbol kota.

Tahun 1660, Masjid Raya Sulaimaniah ini pernah dilahap si andal merah dan dibangun kembali oleh Sultan Mehmed IV.  Bagian atas kubah pernah runtuh lagi lantaran gempa pada 1766. Perbaikan setelah rusak dilakukan oleh Sinan. Selama Perang Dunia I halaman masjid dipakai sebagai depot senjata, dan saat beeberapa amunisi dinyalakan, masjid mengalami kebakaran lagi. Tidak hingga 1956, bangunan sudah sanggup dipulihkan kembali.  Lalu, pada 2013, pembangunan jembatan metro Halic berhasil diperbaiki sehingga mengubah wajah masjid dari sisi utara.

Seperti masjid kekaisaran lainnya di Istanbul, masjid itu sendiri mempunyai halaman depan yg cukup monumental (Avlu) di sisi baratnya. Halaman Sulaimaniah mengatakan keagungan yg luar biasa dengan peristyle bertiang dengan kolom marmer, granit, dan porfiri.

Desain interior masjid hampir berbentuk persegi. Berukuran panjang 59 meter dan lebar 58 meter. Dengan ukuran tersebut tak heran jikalau terbentuk ruangan yg luas. Kubah diapit oleh semi-kubah, bab utara dan selatan berbentuk lengkungan dengan jendela tympana penuh, didukung dengan monolit porifiri besar. Dekorasi interior sangat halus, dengan menggunakan Ubin Iznik yg ditata dengan sangat teratur. Mihrab terbuat dari marmer putih dan mimbarnya didesain utnuk tampil sederhana, terbuat dari kayu, gading, dan mutiara.

Masjid ini terbuka untuk umum segimana dalam tradisi masjid kekaisaran lainnya. Masjid dibangun untuk melayani keperluan keagamaan dan budaya di sekelilingnya. Di sekeliling kompleks masjid ini berdiri sebuah rumah sakit, sekolah dasar, pemandian umum, sebuah trikvanserai, empat sekolah Qur’an atau madrasah, sebuah sekolah khusus mencar ilmu hadis, sebuah perguruan tinggi tinggi medis, dan dapur umum untuk melayani makan bagi orang miskin. Banyak dapur umum itu kini telah menjelma restoran yg cukup besar. Beberapa rumah sakit juga sudah menjelma pabrik percetakan yg dimiliki oleh Angkatan Darat Turki.

Di taman belakang masjid utama ada dua makam. Di dalam makam itu disemayamkan mayat Sultan Suleiman I, istrinya Hurrem Sultan (Roxelana) dan putrinya Mihrimah Sultan, Sultan Suleiman II, Ahmed II, dan Sliha Dilasub Sultan, dan Safiye Sultan (wafat tahun 1777), putri dari Mustafa II. Mereka semua dimakamkan di sana. Di luar tembok masjid, di sisi utara terdapat sebuah makam, itulah makam arsitek Sinan yg memerbaikai masjid hingga nampak ibarat sekarang.

Bagi Anda yg berminat untuk melihat keagungan masjid ini, tak ada tiket masuk. Jadi, Anda sanggup bebas berkeliling asal jangan mengganggu orang-orang yg mungkin sedang beribadah di dalamnya.

Travelling Ke Turki


Jika Anda mengambil paket perjalanan ke Turki pastinya tidak bakal terlupakan, lantaran sanggup mengantarkan Anda ke lokasi – lokasi yg luar biasa selama di Turki. Jangan lewatkan kesempatan Umroh Plus Turki dan Paket Tour Halal Turki juga dari ya.


Berikut Maknakel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^





Salam +Cheria Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs saya.


0 Response to "Masjid Sulaimaniah Peninggalan yg Megah Turki"

Post a Comment