Wisata Religi Di Pemakaman Baqi Madinah

Wisata Religi di Pemakaman Baqi Madinah


 Wisata Religi di Pemakaman Baqi Madinah Wisata Religi di Pemakaman Baqi Madinah
Pemakaman Baqi

Mengunjungi kota Mekkah dan Madinah memang tidak jauh-jauh dari wisata religi. Semua orang berbondong-bondongingin beribadah Jika diberi kesempatan untuk pergi ke kedua kota tersebut. Banyaknya orang yg beribadah membuat kedua kota ini terasa sangat suci, tentram, dan damai.

Di dalam Islam, ibadah tidak hanya sekedar shalat lima waktu. Berziarah kubur juga termasuk ibadah. Ibadah ini termasuk ibadah yg mulia di sisi Allah asalkan dikerjakan dengan benar, tidak berlebihan, dan tidak mengarah kepada kesesatan.

Saat di Madinah anda sanggup melaksanakan ziarah kubur di pemakaman Baqi. Pemakaman Baqi ialah sebuah pemakaman umum yg terletak tidak jauh dari Masjid Nabawi. Persisnya di sebelah tenggara Masjid Nabawi, sejauh 30 km. Anda yg sering bolak-balik ke Masjid Nabawi untuk beribadah, sesekali sanggup jalan menyempatkan diri menuju pemakaman ini untuk berziarah.

Anda sanggup berjalan kaki sekitar tiga hingga lima menit untuk menuju kesini. Dahulu, Pemakaman Baqi terletak di luar kota Madinah. setelah Masjid Nabawi mengalami pengembangan dan perluasan, Pemakaman Baqi dipindahkan ke dalam area masjid, hingga Saat ini.

Baqi berasal dari bahasa Arab yg Maknanya tanah yg luas dan ditumbuhi pepohonan. Pemakaman Baqi mempunyai nama lain, yaitu Jannatul Baqi yg berMakna taman surga, dan Baqi Al-Gharqad. Al-Gharqad ialah sejenis semak belukar yg tumbuh di kawasan gurun (nama latin:Lycium shawii).

Sehingga Baqi Al-Gharqad ialah tanah luas yg banyak ditumbuhi oleh semak belukar Al-Gharqad. Dinamakan Baqi Al-Gharqad alasannya ialah pada masa Nabi Muhammad hingga di Madinah setelah hijrah dari Mekkah, Beliau menemukan pemakaman Baqi merupakan tanah luas yg ditutupi oleh Al-Gharqad.

Pemakaman Baqi sudah ada sejak kota Madinah masih berjulukan Yastrib. Pemakaman ini ialah pemakaman umum sehingga siapapun penduduk Madinah (pendatang maupun warga negara) yg meninggal dunia sanggup dimakamkan disana. Tetapi Saat ini, makam ini hanya sanggup dipakai oleh penduduk orisinil Mekkah atau warga negara Saudi Arabia.

Makam ini sering diperbincangkan dan dikunjungi oleh para jamaah alasannya ialah banyak keluarga dan para sahabat Nabi Muhammad serta para syuhada (pejuang Islam yg berjihad di Medan Perang) yg dimakamkan disini.

Selain alasannya ialah hal tersebut, Nabi Muhammad juga sering berziarah disini terutama tahun-tahun terakhir sebelum Beliau tiada. Beliau juga pernah berjanji bahwa siapa saja yg meninggal di Madinah dan dimakamkan di Pemakaman Baqi, Beliau bakal memperlihatkan syafa’at (usaha perantaraan dalam memperlihatkan sesuatu manfaat bagi orang lain).

Keluarga Rasulullah yg dimakamkan di pemakaman ini ialah Fatimah bin Muhammad, Hassan Ali bin Abu Thalib, Zain Abideen bin Hussain, Muhammad Baqir bin Zainul Abideen, Jafar as-Sadiq bin Muhammad Baqir, dan Abbas bin Abdul Muttalib.

Para sahabat Nabi Muhammad yg dimakamkan disini antara lain Utsman bin Affan, Abdullah bin Mas‘ud, Abdurrahman bin Auf, dan Saad bin Abu Waqqash. Utsman ialah orang pertama yg dimakamkan di sini.

Luas Pemakaman Baqi ialah 138.000 meter persegi. Pemakaman ini dibatasi oleh tembok setinggi 4meter. Tembok ini berada disekeliling makam dan dilengkapi dengan jeruji-jeruji besi. Pemakaman ini hanya mempunyai satu gerbang utama untuk keluar masuk. Untuk memasuki pintu gerbang, anda Musti menaiki beberapa anak tangga.

Di bersahabat pintu gerbang, tempat berziarah yg lebih tinggi sengaja dibangun semoga para peziarah sanggup melihat Pemakaman Baqi dari luar, tanpa Musti masuk ke dalam area makam. Area bersahabat pintu gerbang tidak mengecewakan hiruk-pikuk alasannya ialah disana terdapat sebuah papan yg bertuliskan beberapa klarifikasi ihwal Makam Baqi.

Banyak orang yg berhenti untuk melihat papan tersebut. Di dalam area pemakaman terdapat jalur-jalur yg terbuat dari watu yg membagi pemakaman menjadi beberapa area. Para peziarah sanggup berjalan dan berkeliling melalui jalur ini. Jam buka Pemakaman Baqi ialah setelah ibadah subuh hingga menjelang dzuhur.

Untuk jamaah pria hanya ada beberapa waktu yg diperbolehkan untuk masuk ke dalam area makam. Sedangkan untuk jamaah perempuan, sama sekali tidak diperbolehkan untuk masuk ke dalam, kapanpun. Jamaah wanita biasanya melihat pemakaman ini hanya dari luar, melalui pagar jeruji.

Bentuk pemakaman ini tidak sama dengan pemakaman yg berada di Indonesia. Bila di Indonesia tanah yg dipakai untuk penguburan ialah tanah coklat, di pemakaman ini tanah yg dipakai ialah tanah berwarna coklat terang bercampur pasir khas kawasan gurun.

 Wisata Religi di Pemakaman Baqi Madinah Wisata Religi di Pemakaman Baqi Madinah
Makam Baqi Hanya Ditandai Oleh Batu-batu

Berbeda juga dengan penggunaan nisan, bila di Indonesia satu kuburan ditandai oleh nisan watu atau kayu yg berisi nama, di makam Baqi hanya ditandai oleh batu-batu yg berukuran cukup besar.

Tanah satu  kuburan juga tidak secembung di Indonesia. Penggunaan watu (bukannya nisan) memang disengaja oleh pemerintah dan pengurus makam semoga meminimalisir praktek-praktek syirik yg sering dilakukan masyarakat dengan tujuan meminta pinjaman kepada orang yg sudah meninggal tersebut.

Tetapi tidak adanya nisan yg disertai nama, membuat para jamaah kesulitan mencari kuburan orang-orang yg ingin mereka datangi. Para jamaah juga tidak sanggup menanyakan hal ini kepada askar (sebutan untuk polisi di Arab) yg sedang bertugas disana, alasannya ialah mereka hanya menjawab “tidak tahu” atau tidak menjawab sama sekali.

Mereka memang sengaja berbuat demikian alasannya ialah tidak mau para jamaah berziarah setrik berlebihan dan menjurus ke arah syirik.

Yuk, Tuniakan segera ibadah Umroh Anda bersama keluarga tercinta dengan Paket Umroh Reguler By GA Cheria Wisata. Untuk isu detail hubungi segera Cheria Wisata ya...

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs saya.


0 Response to "Wisata Religi Di Pemakaman Baqi Madinah"

Post a Comment