Mau Tau Berapa Saldo Bpjs Ketenagakerjaan Sobat? Begini Cara Mengeceknya

Bagi Sobat yang bekerja di sebuah perusahaan, baik perusahaan milik pemerintah ataupun perusahaan swasta pastinya teman berhak mempunyai kartu penerima BPJS Ketenagakerjaan. Apa itu BPJS Ketenagakerjaan? BPJS Ketenagakerjaan yakni kegiatan publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga untuk mengatasi resiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraannya memakai mekanisme.


BPJS Ketenagakerjaan Image by bpjsketenagakerjaan.go.id

Mungkin ada pertanyaan di benak sobat, Apakah sama antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Jamsostek? Sebenarnya yakni sama sebab BPJS Ketenagakerjaan sebelumnya berjulukan JAMSOSTEK (Jaminan Sosial Tenaga Kerja). Sejak tanggal 1 Januari 2014 Jamsostek resmi berubah nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Namun BPJS Ketenagakerjaan sendiri mulai beroprasi semenjak tanggal 1 Juli 2015.

Sejak Jamsostek berubah nama kemudian bagaimana kalau teman masih memakai atau mempunyai kartu Jamsostek yang lama? Tenang dan jangan kawatir, sebab teman masih sanggup memakai kartu Jamsostek yang usang selama kartu tersebut tidak rusak dan masih utuh. Karena nama dan nomer kartu penerima Jamsostek dengan BPJS Ketenagakerjaan masih sama dan maasih tersimpan di data base BPJS Ketenagakerjaan.

Terus apa saja sih Manfaat BPJS Ketenagakerjaan bagi para pekerja menyerupai kita? BPJS Ketenagakerjaan memberikan derma bagi para pekerja melalui 4 program, diantaranya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pensiun (JP). Dari beberapa kegiatan tersebut menawarkan aneka macam manfaat bagi para pekerja. Lalu apa saja manfaatnya? 

Jika seandainya teman sebagai pekerja dan sebagai penerima BPJS Ketenagakerjaan mengalami petaka atau kecelakaan mulai berangkat keluar rumah hingga ke daerah kerjaan dan pada dikala pulang kerja mulai dari keluar kantor hingga ke rumah mengalami kecelakaan,(semoga lancar – lancar saja dan selamat). Maka seluruh biaya perawatan akan di tanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan. Jika kecelakaan tersebut menciptakan pekerja cacat fisik maka BPJS Ketenagakerjaan juga akan menawarkan santunan.

Dan apabila kecelakan tersebut mengakibatkan pekerja meninggal dunia, maka melalui pogram JKM dari BPJS Ketenagakerjaan akan menawarkan santunan kepada andal warisnya sebesar Rp 36 juta. Namun kalau kecelakaan tersebut terjadi pada dikala bekerja, maka santunan yang akan di berikan kepada andal waris yakni sebesar 48 kali honor terakhir.

Lalu bagaimana dengan JHT atau Jaminan Hari Tua? JHT yakni menyerupai tabungan masa tua. Nantinya JHT akan diberikaan sesudah pekerja pensiun atau sudah tidak bekerja. Peserta akan mendapatkan secara total uang yang jadi iuran ke BPJS Ketenagakerjaan yang di keluarkan para pekerja setiap bulannya berikut dengan pengembangannya.

Kemudian bagaimana dengan JP (Jaminan Pensiun)? Sama menyerupai halnya pegawai negeri sipil (PNS) yang mendapatkan dana pensiun. Para pekerja penerima BPJS Ketenagakerjaan juga mendapatkan uang yang akan di bayarkan setiap bulannya sesudah pekerja tersebut memasuki masa pensiun. Jika penerima meninggal dunia maka dana pensiun akan diberikan kepada janda atau duda penerima yang menjadi andal waris.

Ternyata manfaat menjadi penerima BPJS Ketenagakerjaan sangat besar sekali bagi kehidupan dan masa depan kita sebagai pekerja. Ibaratnya menyerupai menabung namun tidak terasa dan terlalu membebani kita sebab biasanya sudah jelas pada slip honor karyawan. Nah kalau teman ingin tahu berapa saldo pada BPJS Ketenagakerjaan tapi tidak tahu bagaimana caranya?

Berikut Cara Praktis Dan Simple Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjan yang sanggup teman pilih :

1.Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melaui SMS
Memang cara ini terkesan jadul dan ketinggalan jaman, tapi ini yakni salah satu cara mudah mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yaitu melalui SMS.
Berikut cara registrasinya :



REG#No.BPJS Ketenagakerjaan#Tanggal Lahir#Nama Ibu Kandung, kemudian kirim ke 08111009696
Contohnya menyerupai ini : REG#45678910#010268#Mbok Darmi

Setelah itu teman melaksanakan pendaftaran melalui SMS, teman akan mendapatkan SMS tanggapan berupa ID yang sanggup teman gunakan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, Nah caranya yakni sebagai berikut :



SALDO#Nomor ID dan kirim ke 08111009696
Contohnya menyerupai ini : ketik SALDO#654321 kirim ke 08111009696

Setelah itu tunggu beberapa saat, teman akan menerima SMS tanggapan yang berisi saldo yang terkumpul selama menjadi penerima BPJS Ketenagakerjaan.

2.Cek Saldo Dengan Cara Online Melalui Website Resmi BPJS Ketenagakerjaan

 
Website Resmi BPJS


Cara ini lebih moderen dan sedikit lebih ribet daripada SMS sebab ada beberapa langkah yang harus teman lakukan, bagi teman yang tidak gaptek sanggup mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui website. Selain dengan Komputer atau Laptop teman juga sanggup memakai Smartphone yang teman punya.

Cara pendaftaran melaui website BPJS Ketenagakerjaan yakni sebagai berikut :
  • Siapkan dahulu kartu BPJS Ketenagakerjaan.
  • Daftar dahulu di https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja
  • Isi semua informasi.
  • Pilihlah baiklah pada ketentuan yang dipaparkan.
  • Pilih submit data.
  • Ketika teman daftar secara online teman akan mendapatkan email konfirmasi atau SMS untuk mengaktifkan akun sobat.
Kemudian cara Log In di website BPJS Ketenagakerjaan yakni sebagai berikut :
  • Log in ke https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja.
  • Pilih sajian Lihat Saldo JHT.
  • Pilih KPJ BPJS Ketenagakerjaan kemudian pilih Submit. Jumlah saldo JHT (Jaminan Hari Tua) teman akan terlihat pada layar.
  • Adapun info yang sanggup teman cari dalam website ini berupa info rincian JHT dan klaim JHT.
3.Cek Saldo Menggunakan Aplikasi BPJSTK Mobile


Aplikasi BPJSTK Mobile

Bagi para pengguna smartphone menyerupai di kurun digital sekarang, cara ini yang biasa di gunakan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yaitu lewat aplikasi BPJSTK Mobile. Aplikasinya pun sudah tersedia di playstore dan sanggup teman download secara gratis. Sebelum teman mengecek saldo melalui aplikasi sebaiknya teman pendaftaran dahulu di website BPJS Ketenagakerjaan, untuk mengaktifkan akun sobat.

Cara cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan aplikasi :
  • Log in dengan akun teman di aplikasi BPJSTK Mobile.
  • Pilih Saldo JHT.
  • Cek Saldo JHT.
  • Informasi mengenai saldo JHT yang terkumpulkan akan muncul pada layar Sobat.
Demikian cara gampang dan simple mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, baik melalui SMS, Webite ataupun Aplikasi BPJSTK Mobile yang sanggup teman pilih sesuka hati. Dengan tahu cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan teman sanggup mengetahui berapa saldo yang ada di kartu BPJS Ketenagakerjan yang nantinya suatu dikala sanggup teman gunakan pada dikala dibutuhkan. Baca juga Daftar UMK Terbaru 2017 Sejawa Tengah, Semarang Peringkat Teratas. Tetap semangat untuk bekerja demi masa depan teman dan keluarga, jangan lupa berdoa sebelum bekerja dan tetap hati-hati pada dikala bekerja. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman semua. Terimakasih

0 Response to "Mau Tau Berapa Saldo Bpjs Ketenagakerjaan Sobat? Begini Cara Mengeceknya"

Post a Comment