10 Manfaat Menjadi Blogger Yang Wajib Diketahui

image by come wag along
Richard Wheeler si penulis novel fenomenal American West pernah berkata, orang yang menginginkan impiannya menjadi kenyataan, harus menjaga diri Agar tidak tertidur. Kata-kata ini mengingatkan kita bahwa apapun yang kita impikan haruslah diupayakan dengan sebaik mungkin.

Tidak ada satupun bidang yang digeluti oleh orang-orang tanpa tujuan yang besar. Bahkan menjadi blogger sekalipun, selalu ada hadiah bagus diakhir perjalanannya. Dari kata-kata Richard Wheeler ini juga menyadarkan kita, bahwa segala sesuatu itu punya resiko namun juga menyimpan manfaat.


Saya dalam banyak kesempatan sering bertemu dengan orang-orang yang menaruh minat yang besar kepada dunia blogging. Tapi hanya niat dari mulut. Setelah berjalan satu dua bulan, ternyata si blogger pemula itu redup dan kembali dalam dunianya yang lain.

Ada banyak alasan mengapa kadang seseorang tidak mau melanjutkan perannya di dunia blog. Keliru satu penyebabnya alasannya ialah tidak menemukan alasan kuat mengapa ia harus ngelog. Jika ini yang tidak ada, maka tamatlah riwayat seorang blogger. Olehnya itu, Blogooblok beberapa waktu yang kemudian membuat goresan pena perihal alasan ini.

(Baca: Mengapa Harus Kaprikornus Blogger?)

Pada goresan pena kali ini, Blogooblok bakal memperkuat alasan mengapa harus ngelog tersebut dengan menyajikan 10 manfaat yang bisa diraih jikalau aktif ngeblog. Manfaat ini tentu saja bukan hanya dari pengalaman saya, tapi dari banyak perkara dan orang-orang disekitar saya. Apa saja? Berikut lengkapnya!

1. Menjadi Penulis Yang Hebat
Raditya Dika menghasilkan banyak buku alasannya ialah ia memulainya dengan menulis. Menulisnya pun tidak pribadi kedalam buku, tapi melalui medium blog. Tidak ada yang menyangka Raditya bisa menjadi penulis besar dari coretan-coretan kecilnya di blog.

Semua penulis yang berawal dari blog niscaya memulainya dengan terbata-bata. Menulis itu kelihatannya mudah, tapi dikala mencobanya bakal terasa sulit jikalau kita tidak terbiasa. Keliru satu trik membiasakannya ialah dengan menulis. Wadah paling ideal untuk memulai tentu saja blog. Makin usang mencoba dan belajar, yakin dan percaya kemampuan kita bakal bertambah.

Kaprikornus jikalau Anda punya harapan jadi penulis, mulailah dengan membuat blog dan mengisinya dengan goresan pena Anda sendiri. Apapun itu. Lama kelamaan kemampuan menulis yang awalnya minim bakal bertambah seiring dengan kecintaan kepada dunia tulis menulis.

2. Ngebog Kaprikornus Personal Branding
Keliru seorang sobat saya di Makassar pernah ditawari oleh Keliru satu perusahaan besar dibidang tambang alasannya ialah melihat tulisan-tulisan yang ia unggah di blog pribadinya. Si perusahaan tersebut kagum dengan kemampuan sobat saya itu dalam mengolah kata menjadi satu cerita. Singkatnya, ia pun dikontrak selama 3 tahun untuk mengelola majalah internal perusahaan tersebut. Gajinya pun tidak mengecewakan gede.

Ini ialah pola kecil dari manfaat blog yang bisa kita dapatkan. Blog bakal menjadi personal branding buat si pemiliknya. Di Amerika, 9 dari 10 perusahaan bakal melaksanakan investigasi portofolio calon pelamar di perusahaannya dengan mengikuti jejaknya di dunia online. Keliru satu trik Agar ini menjadi nilai tambah tentu saja dengan memperbaiki portofolio.

Portofolio yang baik yaaah, blog yang kita kelola. Olehnya itu, sangat rugi seseorang yang ngeblog dengan mengandalkan copy paste goresan pena milik orang lain.

(Baca10 Anak Muda Terkaya di 2015 Berkat Teknologi)

3. Membangun Jaringan Pertemanan
Keliru satu kelebihan blog ialah jangkauannya yang tidak terbatas. Karena itu, bakal dengan gampang bagi seorang blogger untuk membangun jaringan pertemanan tanpa batas. Keliru satu pembaca Blogooblok contohnya, pernah mengirim email dan mengaku berada di Thailand, walau dirinya ialah orisinil Indonesia.

Ini menjadi contoh, blog bakal sangat membantu kita membuat jaringan yang gres dan tanpa batas. Apalagi jikalau pemilik atau pengelola blog tersebut juga orang yang supel, tidak sombong dan gampang bergaul. Dengan jaringan pertemanan yang baik, suatu dikala bakal membawa manfaat yang sangat besar, Keliru satunya bakal gampang membangun bisnis.

Jadi, jangan pernah remehkan pembaca di blog Anda, usahakan melaksanakan kunjungan balik Agar suatu dikala bakal tercipta sistem perteman. Saya selalu menghargai orang-orang yang berkunjung ke blog ini dan berkomentar. Akan selalu saya usahakan untuk berkunjung balik dan berkomentar di blognya jikalau memang menarik.

4. Menjadi Orang yang Berjiwa Sosial
Ditengah kian massifnya penggunaan internet di Indonesia, interaksi seseorang di dunia kasatmata sedikit banyaknya berkurang. Orang-orang bakal lebih bahagia mengutarakan masalahnya di dunia maya. Kondisi ini membuat banyak orang semakin tertutup, tapi bahagia mencari solusi di internet.

Blogger yang baik ialah yang selalu memberi manfaat kepada orang lain. Selalu menyajikan solusi dari satu permasalahan, bukan yang malah memberi kesan pesimistis. Blogger yang selalu memberi solusi kepada orang lain setrik tidak pribadi membentuk dirinya berjiwa sosial.

Bisa dibayangkan contohnya seorang anak gadis yang putus cinta kemudian lantas ingin bunuh diri. Jika ia menemukan Maknakel di internet yang bukannya membuat dirinya tenang, maka niat bunuh dirinya bakal segera terlaksana. Beda, contohnya ia menemukan Maknakel yang menguatkan dirinya, bisa jadi niat bunuh dirinya bakal hilang.

5. Menjadi Orang Yang Berpengaruh
Arianna Huffington ialah Keliru satu pola kasatmata di dunia blog yang dari hobbynya menulis menjadikannya orang yang kuat di Amerika. Karena tulisan-tulisannya yang kritis perihal perpolitikan di Amerika kala itu, blog pribadinya The Huffington Post menjadi media yang cukup berpengaruh, hingga alhasil blog tersebut menjadi media pemberitaan besar.

Contoh lain ialah Linda Ikeji, perempuan muda dari Nigeria yang menulis apa saja di blognya yang gratisan hingga membuatnya dinobatkan sebagai perempuan paling kuat di negaranya. Mereka semua mendapat predikat itu hanya dari hobbynya menulis di blog.

Tidak menutup kemungkinan bakal banyak lahir blogger-blogger muda di Indonesia yang menjadi orang kuat hanya dari tulisannya di blog. Keliru satu kunci Agar semua ini bisa diraih yaitu dengan konsisten dan aktif menulis dari blog.

(BacaWanita Ini Berpenghasilan Rp70 Miliar dari Blog Gratisan)

6. Menjaga Gairah Ingin Belajar
Memilih menjadi blogger tentu saja menetapkan dalam diri bahwa ingin terus belajar. Blogger yang taunya copy paste tidak ubahnya blogger kurang cerdik yang malah menjerumuskan dirinya. Menjadi blogger bakal merawat gairah dalam diri untuk terus menerus menimbah ilmu.

Kadang kala dikala usia mulai menua, kesombongan atas ilmu yang diraih di kursi kuliah bakal semakin menjadi jadi. Tapi, seorang blogger bakal terus menerus berguru dan menerapkan ilmu yang dimilikinya.

Misalkan seorang dokter yang ingin menulis perihal ilmunya di blog, ia tentu bakal mempelajari bidang lainnya Agar apa yang ingin ia sampaikan bisa dipahami oleh pembacanya. Jika seorang dokter bitrik dalam bahasa ilmiah, kemungkinan kecil yang paham hanya dari kalangan mereka saja, dan masih banyak pola lainnya.

7. Tidak Pernah Ketinggalan Jaman
Istilah kudet "Kurang Update Terbaru" bagi seorang blogger bakal sirna, alasannya ialah blogger yang baik bakal terus menerus memperbaharui pengetahuannya bakal segala hal. Bidang ilmu apapun dikala ini bakal terus menerus diperbaharui, olehnya itu blogger juga bakal mengikuti perkembangan itu dengan seksama.

Misalnya saja, seorang yang ingin menjadi blogger, mau tidak mau bakal mencari tumpuan gimana trik membuat blog yang baik. Jika ia masih Menggunakan trik usang tentu bakal tertinggal, alasannya ialah seiring waktu, trik membuat blog terus diperbaharui, menjadi lebih sederhana dan mudah.

Bagi blogger yang menulis Maknakel membuat blog di blognya pun bakal terus memperbaharui pengetahuannya. Itulah mengapa, sangat minim seorang blogger yang baik bisa ketinggalan jaman atau ketinggalan informasi.

8. Menjadi Lebih Kreatif
Blogging is powerful form of self-expression. Ngeblogh itu bentuk terkuat untuk ekspresikan diri. Ini mendorong seseorang menjadi lebih kreatif dari sebelumnya. Selain merawat diri Agar tetap bernafsu mencari ilmu dan informasi terbaru, seorang blogger juga bakal jauh lebih kreatif.

Ada banyak blogger yang bahkan tidak hanya menggeluti dunia tulis menulis, mereka juga memadukan antara dunia tulis dengan audio video. Dan tidak sedikit diantara mereka yang malah meraup popularitas yang tinggi dengan menjadi lebih kreatif di dunia blog.

Contohnya lagi-lagi Raditya Dika atau saudara gokil Dovi dan Jovi. Atau yang tidak kalah hebohnya ialah sepasang kekasaih  Jebraw dan Naya Anindita yang sukses membuat MalesBanget.com berkat wangsit kreatifnya dari video perjalanan Jalan-Jalan Men!. Dan masih banyak lagi pola sukses lainnya.

(Baca7 Anak Muda Yang Kaya Raya dari Berinovasi di Internet)

9. Membangun Kepercayaan 
Trust atau kepercayaan ialah hal yang nomor satu dalam dunia bisnis. Begitu pula dalam dunia blog. Anda bakal menjadi orang yang disenangi bahkan disegani para pengunjung dunia maya Jika Anda orang yang terpercaya.

Bayangkan, contohnya di blog Anda memuat Maknakel hasil endorse satu produk. Tapi alasannya ialah Anda kurang mendapat kepercayaan orang-orang, bakal sedikit pembaca yang bakal mempercayai goresan pena tersebut. Walau mungkin, barang yang di endorse tersebut memang baik. Yang rugi ialah si pemilik produk.

Maka dari itu, seorang blogger yang baik tentu bakal mendapat kepercayaan oleh para pembacanya pula. Dengan begitu, apapun yang bakal dilakukan bakal diterima setrik suka rela dan mudah. Contohnya saja, suatu dikala Anda membangun toko online, alasannya ialah reputasi yang baik, maka toko online tersebut bakal ramai, alasannya ialah Anda ialah orang yang terpercaya.

(Baca : Ini 10 Bloggers Murni Berpenghasilan Terbesar di Dunia)

10. Ngeblog Bisa Menghasilkan Uang
Ini bukan mimpi. Blog memang bisa menghasilkan uang. Tidak hanya ratusan ribu, bahkan bisa hingga ratusan juta. Tapi, proses ini tidak mudah. Olehnya itu Blogooblok menaruh manfaat ini paling akhir. Karena blogger pemula harus membangun 9 manfaat diatas terlebih dahulu.

Banyak yang bertanya, dari mana seorang blogger bisa menghasilkan uang. Tentu saja jawabannya bermacam-macam alasannya ialah sumber penghasilan di dunia blog sangat banyak walau tidak semuanya menjanjikan. Sebagai seorang blogger, kita juga harus pintar-pintar menentukan trik terbaik menghasilkan uang.

Keliru satu pola blogger yang sukses ialah Pat Flynn dari Southern California, Amerika. Penghasilan Fat di 2014 kemudian menembus angka 1 juta dollar. Penghasilan itu diraih Fat Setelah ia menetapkan berhenti dari pekerjaannya yang lezat di 2008 lalu.

(Baca Kisah Lengkapnya : Blogger Ini Menghasilkan 1 Juta Dollar di 2014)

Intinya, tidak ada yang sia-sia jikalau kita melakukannya dengan baik dan iklas. Apalagi jikalau didasari oleh niat yang nrimo untuk membantu sesama. Memang menjadi blogger membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak. Apalagi jikalau menetapkan untuk menjadi full time blogger. Lingkungan daerah kita tinggal masih sering menganggap remeh seorang blogger.

Apalagi jikalau ditengah-tengah keluarga besar dan ditanya dikala ini kerja apa. Menjelaskan bahwa dikala ini kita ialah seorang blogger, membutuhkan waktu yang usang dan belum tentu mereka mengerti. Sudah itu, kita bakal dibanding-bandingkan dengan keluarga lain yang sudah jadi PNS atau Polisi. Sakitnya tuh dimana-mana!.

Tapi, terlepas dari apapun itu, menjadi blogger tidak mesti harus meninggalkan pekerjaan nyata. Kita bisa mengimbanginya dengan mengisi atau mengupdate blog dikala sedang lowong. Pilihan untuk menjadi seorang full time blogger gres Anda putuskan dikala benar-benar blog yang Anda berdiri sudah besar dan menjanjikan.

10 manfaat menjadi seorang blogger diatas tentu hanya penggalan kecil dari banyak manfaat lainnya. Mungkin saja, bagi Anda ada hal lain yang signifikan dari menjadi seorang blogger. Tidak ada salahnya untuk menyebarkan dengan pembaca lainnya di kolom komentar.

Salam Blogger dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi



0 Response to "10 Manfaat Menjadi Blogger Yang Wajib Diketahui"

Post a Comment