Meningkatkan Pageviews Dengan Matched Content Adsense

Beberapa waktu yang lalu, seorang pengunjung Blogooblok bertanya perihal fitur matched content dari Adsense yang terpasang di blog ini. Walau pertanyaannya tidak pribadi menyebut subjek, namun arahnya ke matched content tersebut.

Si penanya tidak tahu nama fitur tersebut sehingga bertanya gimana triknya memasang fitur yang ada goresan pena Powered Google diatas kolom komentar. Saat itu, saya hanya menjawab sekenanya saja, "itu pemberian Google".

Karena masih banyak yang belum tahu soal fitur itu. Maka, kali ini, saya bakal membahas fitur abnormal tersebut. Saya sebut ajaib, alasannya yaitu setrik tidak pribadi bakal membantu pemilik blog untuk meningkatkan pageviewsnya.

Tapi sebelum jauh melangkah, kita mulai dulu dengan membedah apa itu matched content?

Matched content jikalau diMaknakan dalam bahasa Indonesia Maknanya konten yang tersesuai. Biasanya dikalangan blogger, fitur ini disebut related post, atau post yang ditambahkan diakhir postingan yang punya kaitan dengan postingan tersebut.

Contohnya sanggup dilihat diakhir postingan ini, atau gambar berikut ini:



Perbedaan, matched content yang kita bahas dalam hal ini diberikan pribadi oleh Google Adsense. Sehingga, tampilannya tidak mengecewakan keren dan segala sesuatunya diatur sama Google. Pemilik blog sisa memasangnya semoga muncul disetiap final postingan.

Sayangnya, tidak semua orang sanggup memasang matched content ini. Syarat spesifik yang diberikan sama Google Adsense juga tidak ada, sehingga banyak yang bertanya-tanya, gimana fitur tersebut sanggup didapatkan.

Saya sendiri awalnya tidak menyangka, fitur tersebut sudah usang tersedia di blog ini. Baru di awal tahun 2016, fitur tersebut saya sematkan untuk menambah khasanah blog ini.

(Baca Juga: Memasang Iklan Adsense di Bawah Judul dan Akhir Postingan)

Fitur yang masih bersifat beta ini diperkenalkan Adsense semenjak pertengahan 2015 silam. Dari laman dukungan Google, hanya sedikit info yang sanggup diperoleh soal keberadaan fitur tersebut.

Namun, pada dasarnya fitur ini hanya diberikan Google kepada blog yang minimum trafiknya melampaui persyaratan Google. Soal berapa trafik Maksud juga tidak ada, tapi yakinlah, itu harus cukup tinggi. Jika mau dirata-ratakan, minimal 2.000 sampai 5.000 visitor perhari.

Selain syarat trafik, konten yang tersedia dalam blog tersebut juga mestinya unik. Jika semua itu terpenuhi, maka kemungkinan besar fitur ini bakal menjadi hadiah dari Google. Tapi ingat, fitur ini hanya untuk yang punya akun Google Adsense.

Caranya Pasang Matched Content Adsense di Blog

Untuk memasang matched content di blog, tentu blog Anda harus terlebih dahulu disetujui oleh Google untuk pemasangan ini. Keliru satu trik mengetahui apakah blog kita sanggup dipasangi matched content tersebut dengan melihat di ad units Adsense Anda.

Jika bentuknya sudah menyerupai gambar berikut ini, Maknanya matched content sudah tersedia di akun Anda. Fitur ini sanggup digunakan. Tapi, jangan dipikir, fitur tersebut bakal bebas dipakai di semua blog Anda miliki (Jika punya lebih dari satu blog yang dipasangi Adsense).



Untuk mengetahuinya, silahkan masuk ke bab setting dengan mengklik bab bergerigi di pojok kanan atas dan pilih Site Management.

Jika tulisannya sudah ready di bab matched content, itu Maknanya fitur ini sanggup dipasang. Tapi jikalau masih bertuliskan Not Eligible, itu Maknanya belum bisa.



Untuk memasangnya di blog, sama menyerupai memasang iklan adsense pada umumnya. Dibagian My Ads pilih Ad Units kemudian isi nama iklannya dan pilih matched content dibagian Ad Type. Setelah itu, Save and Get Code.

Baca: Caranya Pasang Iklan Google Adsense di Blogspot

Manfaat Utama Matched Content

Meski dari Google Adsense, jangan berharap bakal menerima earning dari matched content ini. Fitur ini, meski diklik berkali-kali oleh pengunjung tidak bakal bernilai uang. Karena fungsi utamanya memang bukan untuk uang, melainkan meningkatkan pageviews suatu blog.

Tapi dari situlah earning bakal bertambah. Jika semakin banyak orang mengklik matched content Anda, maka semakin besar kemungkinan menambah pendapatan, alasannya yaitu setrik tidak pribadi penayangan iklan Anda (RPM) bakal bertambah.

(Baca Juga: Caranya Upgrade Akun Google Adsense Makara Full Approve)

Jika RPM Anda bertambah, kemungkinan besar untuk sanggup penghasilan tinggi bakal tercapai. Hal ini sudah saya buktikan, dimana semenjak matched content ini terpasang di Blogooblok, earning perharinya jauh lebih tinggi dari biasanya.

Karena tampilannya yang sederhana dan selalu memunculkan related post yang sesuai, maka fitur ini sangat cocok untuk meningkatkan pageviews. Bentuknya juga responsif untuk semua model divice. Kerenlah...!

Salam Blogging dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi


0 Response to "Meningkatkan Pageviews Dengan Matched Content Adsense"

Post a Comment