Caranya Belanja Online Di Hari Belanja Online Nasional


Pelaku e-commerce Indonesia sudah empat tahun menggelar Hari Belanja Online Nasional. Selama perayaan tersebut ada banyak sekali diskon yang diberikan oleh masing-masing e-commerce untuk menarik minat pembeli Agar berbelanja di tempatnya.

Hari Belanja Online Nasional atau dikenal juga dengan sebutan Harbolnas rutin digelar setiap tanggal 10 hingga tanggal 12 Desember setiap tahunnya. Pada perayaan pertamanya di 2012, hanya ada 7 e-commerce yang ikut ambil bagian. Tahun 2015 ini jumlahnya naik hingga 140 e-commerce dengan banyak sekali penawaran diskon yang diberikan.


Tidak sedikit e-commerce yang mengatakan diskon hingga 90 persen. Pertanyaannya, apakah diskon hingga 90 persen itu betul adanya atau hanya kata-kata pemasaran saja. Nyatanya, tidak semua produk sanggup dibeli dengan diskon hingga 90 persen.

(Baca Juga: 15 Alasan Mengapa Harus Membeli Asus X550ZE)

Tapi jangan berpikir juga diskon 90 persen itu bohong belaka. Karena di beberapa e-commerce yang menjanjikan hal ini, betul mengatakan diskon hingga 90 persen. Tapi, itu tidak berlaku setrik umum. Hanya orang-orang tertentu saja yang sanggup mencicipi belanja hingga diskon 90 persen tersebut.

Untuk belanja di Harbolnas ada trik dan trik tertentu yang harus digunakan Agar sanggup menerima banyak manfaat. Namun, sebelum belanja di Harbolnas, ada baiknya Anda melaksanakan beberapa langkah berikut Agar kondusif dan belanja online Anda nyaman.

6 Caranya Aman Belanja Online di Internet

1. Cek Situs e-Commerce Bersangkutan
Hal pertama yang harus dilakukan sebelum berbelanja online yaitu mengecek keamanan situs bersangkutan. Hal ini untuk menghindari kebocoran informasi pribadi Anda di internet. Keliru satu trik untuk mengecek apakah situs tersebut kondusif yakni dengan mengamati  icon gembok kecil di pojok kanan URL bar.

Anda juga sanggup memastikan keamanan sebuah situs dari komplemen aksara “s” pada alamat URL. Sebuah situs yang kondusif bakal diawali dengan https:// (Hypertext Transfer Protocol Secure), sementara laman yang belum terjamin keamanannya biasanya berawalan http://.

2. Teliti Sebelum Membeli
Dengan banyaknya situs e-commerce di Indonesia, pembeli kadang tidak sanggup membedakan. Olehnya itu, sebelum membeli sesuatu pada situs bersangkutan, kita harus mengecek latar belakang situs tersebut.

E-commerce terpercaya selalu melampirkan alamat fisik atau minimal nomor telepon yang sanggup dihubungi. Anda sanggup menghubungi nomor yang tertera untuk memastikan keasliannya, kemudian tanyakan kepada mereka perihal trik toko online melayani komplain maupun pengembalian barang.

3. Gunakan Alat Transaksi Yang Aman
Belanja online selalu menyajikan trik pembayaran yang beragam. Keliru satu trik paling kondusif dalam belanja online yaitu Cash On Delivery (COD) alias bayar ditempat. Jika pilihan ini memungkinkan transaksi Anda, maka gunakan COD.

Hindari penggunaan kartu debit dalam setiap pembayaran Anda. Ini alasannya pembayaran melalui debit bakal mengambil uang eksklusif dari rekening Anda. Jika hal ini bocor, sanggup jadi keuangan Anda bakal kacau balau. Jika tidak punya kartu kredit lebih baik Menggunakan rekening bersama atau pembayaran via transfer.

(Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Harus Belanja di MatahariMall.com)

4. Jangan Bocorkan Banyak Informasi
E-commerce terpercaya hanya bakal menanyakan hal-hal yang penting sekaitan dengan transaksi. Jika ada pertanyaan diluar tersebut, jangan sekali-kali mengatakan banyak informasi. Misalnya, e-commerce tersebut meminta data penghasilan dan sebagainya. Jangan sekali-kali membangikannya.

Beberapa e-commerce memang memiliki niat yang jahat dalam melaksanakan phising. Sebagai pengguna, jikalau menemukan hal menyerupai ini, eksklusif saja tinggalkan toko online bersangkutan.

5. Jaga Kerahasian Akun Anda
Biasanya, dikala belanja online, situs bersangkutan mengharuskan kita Agar membuat username dan pasword. Buatlah, pasword yang tidak gampang diingat oleh orang lain dan jaga kerahasiaanya. Jangan hingga disalah gunakan oleh pihak lain.

6. Simpan Semua Bukti Transaksi
E-commerce terpercaya selalu mengatakan konfirmasi atas proses belanja yang kita lakukan. Mulai dari proses pemesanan hingga pembayaran, mereka bakal memberitahukan kita melalui email. Begitu pula dikala barang telah datang ditangan.

Data-data yang diberikan juga berisi metode pengembalian barang. Simpanlah semua data-data tersebut baik yang berbentuk elektronik maupun fisik. Ini sanggup digunakan sewaktu-waktu jikalau saja melaksanakan komplain.

Caranya kondusif belanja diatas untuk menjaga setiap user di internet kondusif melaksanakan pembelanjaan. Caranya tersebut juga sekaligus mencegah semakin tingginya kejahatan internet yang masih cukup tinggi di Indonesia.

(Baca Juga: Inilah 10 Brand Paling Populer di Indonesia Sepanjang 2015)

Nah, jikalau sudah tahu trik belanja online yang kondusif dan sudah memilih toko online yang bakal digunakan berbelanja. Selanjutnya mari berburu barang-barang keren di Harbolnas. Berikut beberapa tips Blogooblok berikan untuk belanja online di Hari Belanja Online Nasional Agar sanggup banyak manfaat :

1. Tentukan Barang Yang Handak Dibeli
Pada Harbolnas ada banyak sekali barang yang didiskon oleh e-commerce. Saking banyaknya, kadang hasrat untuk membeli semua muncul. Tapi, Anda harus memutuskan pilihan untuk barang-barang yang diperlukan saja. Karena jikalau tergoda oleh hasrat, sanggup jadi kita melarat mendadak.

2. Bandingkan Harga Akhirnya
Setelah memilih barang yang hendak dibeli. Ada baiknya menyidik harga yang ditawarkan oleh satu e-commerce dengan yang lainnya. Ini untuk mencari harga final paling murah. Kadang kala, disatu e-commerce harga awalnya sangat murah dibanding yang lainnya, namun dikala harga karnanya keluar, harganya jauh lebih mahal.

Sebagai contoh, Blogooblok bakal membeli Lenovo Ideapad 100-14IBY. Setelah mengecek, maka dihasilkan harga Lenovo Ideapad 100-14IBY di tiga toko online sangat berbeda. Lazada mengatakan Rp2.939.000, MatahariMall dengan harga Rp3.025.000 dan Blibli seharga Rp2.999.000.




Namun harga diatas hanya harga awal, belum termasuk ongkos kirim dan diskon yang sanggup didapatkan. Dan berikut yaitu hasil final harga yang harus dibayar kepada e-commerce.

Blibli

Lazada

MatahariMall

Bisa dilihat, Jika Lazada dengan harga awal paling murah, karnanya harus membayar Rp2.841.400 Setelah menerima potongan harga Rp200.000. Sedangkan Blibli hanya berkurang Rp50.000 menjadi Rp2.949.000.

Sementara MatahariMall dengan harga awal paling mahal, hanya membayar Rp2.775.000. Itu Setelah dipotong diskon sebesar Rp250.000. Jadi, Keliru satu kunci belanja irit di Harbolnas yaitu dengan berburu voucer diskon.

Kondisi diatas saya menempatkan diri sebagai pembeli dari Makassar. Pada dasarnya, Lazada sanggup saja lebih murah andai ongkos kirimnya gratis. Nyatanya, mereka mengenakan ongkos kirim sebesar Rp102.000 kepada barang yang saya beli. Sedangkan Blibli dan MatahariMall gratis ongkos kirim.

Dengan melaksanakan langkah-langkah diatas, kita bakal dengan gampang menjatuhkan pilihan ditempat mana bakal membeli barang. Ingat, satu benda dengan benda lainnya berbeda. Bisa saja dalam masalah diatas, harga final paling murah di MatahariMall. Namun, tidak menutup kemungkinan, dengan barang lain Lazada atau Blibli atau e-commerce lainnya lebih murah.

(Baca Juga: Ini Penghasilan 15 Media Online Terbesar di Indonesia)

3. Berburu Kode Voucer
Banyak yang terkecoh dengan Harbolnas. Ada yang beranggapan, Harbolnas bakal menyajikan semua barang dengan harga super murah. Kenyataannya, harga yang tertera tidak jauh berbeda dengan harga normal. Yang membedakan yaitu voucer diskon yang banyak.

Jadi, pada Harbolnas, sebaiknya berburu voucer diskon pada masing-masing e-commerce. Keliru satu triknya dengan berlangganan newslater mereka. Voucer ini bakal eksklusif memotong harga dari setiap pembelian.

Lebih bijak Jika Anda membaca terlebih dahulu ketentuan voucer yang diberikan. Karena kadang, satu voucer dengan yang lainnya berbeda.

4. Sebaiknya Belanja Dipuncak Perayaan Harbolnas
Perayaan Harbolnas dilakukan selama tiga hari, mulai dari tanggal 10 hingga tanggal 12 Desember. Pada tanggal 12 Desember, biasanya e-commerce jor-joran mengatakan diskon. Dihari inilah kadang ada diskon hingga 90 persen diberikan.

Hanya saja, Anda harus lebih cekatan dengan pembeli lainnya. Karena terkadang diskon besar tersebut berlaku untuk sejumlah orang pertama yang melaksanakan pembelian. Perhatikan pula barang-barang yang sedang Flash Sale atau dijual cepat.

5. Ikuti Promo dan Program Yang Diselenggarakan
Beberapa e-commerce dikala merayakan Harbolnas mengadakan sejumlah program. Tidak ada salahnya ambil kepingan dalam kegiatan ini. Karena sanggup saja keberuntungan berpihak kepada Anda.

Keliru satu pola aktivitas yang layak diikuti yaitu promo harga suka-suka dari Lazada. Disini, kau sanggup memilih harga gedget sesuai keinginanmu. Jika beruntung, harga yang kau inginkan tersebut sanggup menjadi kenyataan, jikalau terpilih.

(Baca Juga: 7 Tempat Jual Foto Online Paling Keren di Dunia)

Ada banyak lagi aktivitas yang disediakan oleh e-commerce. Silahkan dicari tahu dan di ikuti. Intinya, belanjalah sesuai kebutuhan dan kesanggupan. Jangan kebablasan dan terus pantau e-commerce kesukaan mu. Oh iya, Keliru satu gudang diskon yang banyak melalui aplikasi belanja di smartphone. Cari tahu saja.

Selamat Belanja dan Jangan Lupa Bahagia!

0 Response to "Caranya Belanja Online Di Hari Belanja Online Nasional"

Post a Comment