Apa Itu Ssl Dan Kegunaanya Untuk Blog



Sebagian besar pengguna smartphone ketika ini juga pengguna sosial media. Keliru satu sosial media yang banyak dipakai di Indonesia yakni Facebook dan WhatsApp. Mungkin kita pernah melihat ada pesan menyerupai ini di aplikasi WhatsApp:

Pesan-pesan yang Anda kirimkan ke chat ini dan panggilan sekarang diamankan dengan enkripsi end-to-end. Yang berMakna, WhatsApp dan pihak ketiga tidak sanggup membacanya atau mendengarkannya.

Jika membaca lebih jauh soal klarifikasi enkripsi di WhatsApp, kita bakal paham apa Maksud enkripsi end to end. Yakni, pengamanan data antara pihak pengguna pertama dengan pihak pegguna lainnya, tanpa diketahui oleh pihak WhatsApp sebagai penyedia layanan.

Enkripsi yang dijalankan WhatsApp memang cukup baik. Karena kita sanggup mendiskusikan hal pribadi sekalipun tanpa takut diketahui oleh pihak ketiga. Tentu saja data kita sebagai pengguna juga kondusif ditangan WhatsApp.

(Baca Juga: Membuat Gambar Ilustrasi dengan Awesome Screenshot)

Enkripsi dan topik yang bakal kita bahas dalam postingan ini terang berhubungan. SSL atau Secure Socket Layer yakni suatu protokol keamanan yang dipakai dalam koneksi internet. Website atau blog yang Menggunakan SSL juga melaksanakan enkripsi atas data-data pengunjungnya.

Apa Itu SSL?

Seperti yang tertulis diatas, SSL yakni protokol keamanan dalam melaksanakan atrik di internet. Teknologi standar yang dipakai SSL berupa link yang dienkripsi antara server penyedia layanan dan pengguna.

Server web browser yang kita gunakan bakal menginformasikan itu kepada pengguna bahwa situs yang tengah ia buka dijamin keamannya. Sehingga ketika ia mengirimkan data-data penting, server web browser bakal menyampaikannya setrik pribadi kepada server penyedia layanan.

Web browser Maksud disini menyerupai Chrome, Mozilla atau Opera dan banyak lagi. Web browser ini juga bakal menginformasikan kepada kita Jika ada website yang tidak kondusif yang sedang kita gunakan.

Caranya melihat apakah situs yang kita sedang buka memiliki akta SSL yakni dengan melihat URL-nya (Uniform Resource Locator). Sebagai contoh, http://blogooblok.com. Itu yakni URL yang harus diperhatikan di web browser.

(Baca Juga: Membuat dan Memasang Google Groups di Blogspot)

Jika hanya Menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP) kemungkinan besar data pribadi yang dikirim ke mereka bakal dimanfaatkan pihak lain dari situs tersebut. Namun Jika Menggunakan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure), kemungkinan besar data yang dikirimkan tidak sanggup diakses pihak lain.  

Selain melihat URL-nya, web browser juga bakal memunculkan ikon kunci atau gembok pada URL tersebut. Jika ditambah dengan nama perusahaannya dan berwarna hijau itu bakal lebih baik lagi. Situs yang Menggunakan SSL bakal memperlihatkan isu bahwa sambungan Anda ke situs tersebut bersifat pribadi.

Contohnya sebagai berikut:


Namun situs atau blog yang tidak Menggunakan SSL bakal muncul dengan isu bahwa sambungan Anda ke situs tersebut tidak bersifat pribadi. Contohnya sebagai berikut:


Itu Maknanya ketika Anda berkunjung ke BLOGOOBLOK data pribadi Anda tidak saya jamin. Lalu apakah BLOGOOBLOK tidak kondusif dan tidak memperlihatkan ke profesionalan. Silahkan baca hingga akhir, alasannya yakni klarifikasi ini bakal saya tulis dibagian akhir.

Buat blog dengan akta SSL Gratis di Domainesia

(Baca Juga: Menambahkan Contact Form di Sidebar Blogger)

Intinya, website atau blog yang telah mendapat akta SSL tentu saja sudah terpercaya. Data-data pengguna yang diberikan ke website tersebut bakal kondusif dan tidak disalah gunakan oleh pihak ketiga. Hal ini penting diketahui alasannya yakni kejahatan di internet sangat banyak.

Ketika seseorang mengirimkan data pribadi menyerupai nama, email dan kartu kredit, dalam perjalanannya hingga ke situs yang dituju, adakala singgah atau dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu di luar sana. Data itu ketika bocor sanggup disalah gunakan yang berakibat kerugian bagi pengguna.

Mengapa Situs Bersertifikat SSL Harus Dipercaya?

Pertanyaan ini menjadi penting Agar sanggup membangun kepercayaan pengguna internet. Situs yang sudah mendapat akta SSL Maknanya telah melewati proses yang sangat panjang. Mereka juga di sertifikasi oleh pihak yang kredibel.

Pada dasarnya setiap server situs yang memiliki akta SSL juga memiliki dua kunci yang harus diketahui. Kunci pertama bersifat publik dan kedua bersifat pribadi.

Kedua kunci ini harus membuat Certificate Signing Request (CSR) pada servernya yang dikirim ke penerbit Certificate SSL atau disebut juga sebagai Certificate Authority atau CA. Kunci yang paling penting disertifikasi yakni kunci publik.

(Baca Juga: Caranya Memilih Nama Domain dan Hosting Yang Baik)

Setelah melaksanakan investigasi menyeluruh, CA kemudian bakal mengeluarkan SSL Certificate yang telah ditanda tangani setrik digital. Prosesnya tentu sehabis melaksanakan verifikasi identitas pemilik website. Sertifikat SSL tersebutlah yang kemudian diinstal di server Agar sanggup terenkripsi.

Berikut teladan Sertifikat SSL yang dimiliki oleh Google.com.


Intinya, untuk mendapat akta harus melawati proses yang panjang. Bahkan tidak sedikit yang harus mengeluarkan biaya, alasannya yakni akta SSL yang tinggi juga harus dibayar. Harga ada yang yang murah ada pula yang mahal, tergantung dari Certificate Authority yang mengeluarkannya.

Itulah mengapa, untuk situs yang sudah Menggunakan SSL kita harusnya lebih percaya, ketimbang yang tidak. Apalagi Jika harus mengirimkan data pribadi menyerupai kartu kredit dan sebagainya.

Keuntungan Menggunakan SSL

Pada dasarnya, SSL cocok untuk situs yang melaksanakan transaksi jual beli. Situs yang memungkinkan penggunanya melaksanakan pengiriman data-data pribadi sangat penting memiliki akta SSL. Yang Maknanya, jangan coba-coba melaksanakan transaksi setrik online di situs yang tidak memiliki SSL.

Hal ini penting, alasannya yakni kejahatan di internet sangat banyak. Mungkin kita pernah dengar kabar ketika awal-awal ketenaran internet di dunia, ada banyak orang yang tertipu dan kartu kreditnya dipakai oleh orang lain sehabis ia melaksanakan transaksi setrik online.

(Baca Juga: Caranya Pasang Lagu dari Soundcloud ke Blogger)

Laporan itu terus turun dari hari ke hari alasannya yakni sudah banyak situs jual beli menerapkan sistem enkripsi. Pengguna internet juga mulai sadar gimana mengamankan data pribadinya ketika transaksi online. Sehingga bagi pelaku bisnis online sangat penting memiliki SSL.

Berikut beberapa keunggulan yang didapatkan situs yang memiliki SSL:

1. Mendapat Kepercayaan Pelanggan
Truts atau kepercayaan dalam menjalankan bisnis online sangat penting. Jika pelanggan sudah tidak percaya dengan situs Anda, itu Maknanya kerugian luar biasa. Keliru satu trik mendapat kepercayaan itu dengan memiliki akta SSL.

Apalagi ketika ini pengguna internet sudah semakin paham gimana harus bertransaksi setrik online. Untuk membedakan situs jual beli kredibel dengan tidak cukup melihat apakah ia Menggunakan HTTP atau HTTPS. Pembeli bakal merasa kondusif bertransaksi Jika situs bersangkutan sudah pakai HTTPS.

2. Keamanan Terjaga
Dengan SSL, keamanan data pengunjung yang melaksanakan transaksi bakal dienkripsi setrik langsung. Yang Maknanya hanya pemilik situs dan pengguna yang mengetahui transaksi tersebut. Pihak ketiga yang tidak berkepentingan tidak bakal sanggup menerobos masuk ke sistem.

Hal ini harus diwaspadai alasannya yakni penyalahgunaan data ketika ini sangat banyak. Sehingga situs apalagi jual beli harus sanggup meyakinkan pelanggannya bahwa data yang mereka input bakal terjaga baik.

3. Unggul Setrik SEO
Google sebagai raksasa mesin pencari pada Agustus 2014 juga telah Menggunakan SSL setrik resmi. Penggunaan SSL di Google juga berimbas pada hasil pencariannya. Mereka bakal mendahulukan situs-situs yang mendapat kepercayaan kepada penggunanya.

Pengalaman yang faktual kepada pengguna Google selalu dikedepankan. Meski ini bukan patokan utama, namun Google tetap bakal merekomendasikan situs dengan akta SSL.

Lalu gimana dengan BLOGOOBLOK?

Seperti yang saya katakan diatas, bahwa SSL ini sangat cocok buat situs jual beli. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk blog pribadi atau yang hanya menyajikan Maknakel tidak penting. Pada dasarnya SSL ini penting kepada situs yang memungkinan data pribadi penggunannya diinput.

BLOGOOBLOK sejauh ini belum pernah meminta data pribadi pengunjungnya. Kalaupun harus bekerjasama dengan pengunjung hanya melalui follow blog yang aplikasinya disediakan oleh blogspot dan itu sudah bersertifikat SSL.

(Baca Juga: Blogspot Sudah Bisa Menggunakan Protokol HTTPS)

Bukannya saya tak ingin mengsertifikasi BLOGOOBLOK, melainkan sejauh ini Blogger belum membuka jalan masuk SSL kepada blog yang sudah di custom domain. Yang Maknanya, BLOGOOBLOK sejauh ini aman-aman saja, alasannya yakni tidak ada data transaksi setrik online yang mengharuskan isu kartu kredit penggunanya.

Satu-satunya widget donatur yang saya pasang di blog ini yakni Paypal. Itupun tidak ada paksaan bagi siapapun untuk memperlihatkan bantuan kepada blog ini. Lagian siapa yang tidak percaya dengan keamanan Paypal. Kaprikornus sekali lagi saya katakan, BLOGOOBLOK tetap kondusif untuk digunakan, meski belum ber-SSL.

Selamat Bahagia!
+Wisa Rahardi

0 Response to "Apa Itu Ssl Dan Kegunaanya Untuk Blog"

Post a Comment