Blogger Sudah Jadi Profesi Menjanjikan Di Indonesia



Majunya teknologi, membawa banyak perubahan besar dikehidupan sosial masyarakat kita. Teknologi pula yang melahirkan banyak sekali profesi gres dengan hasil yang fantastis. Padahal di tahun 90-an tak seorang pun memikirkannya.

Sebut saja jadi gamers. Hobi yang satu ini sudah tidak bisa dipandang sebelah mata, apalagi hanya menghabiskan waktu. Gamers sudah menjadi satu pekerjaan yang menjanjikan. Bisa bermain dan menghasilkan uang sekaligus.

Mungkin banyak yang bertanya, gimana seorang gamers menghasilkan uang. Bukan sebab ia memenangkan satu pertandingan, tapi dengan mengulas game yang ia mainkan kemudian membagikannya ke dunia maya. Bisa dalam bentuk goresan pena atau video.

Atau jadi buzzer di sosial media. Jika Anda terkenal dan punya banyak followers, maka profesi yang satu ini cukup menggiurkan. Bahkan pernah ada kejadian, seorang buzzer dibayar miliaran rupiah hanya untuk mempromosikan daerah wisata suatu negara.

Pilihan-pilihan profesi ini semakin beragam. Orang-orang sudah tidak tabu mengutarakan niatnya menjadi sesuatu yang belum diketahui masyarakat. Itu sebab teknologi dimanfaatkan dengan baik, bukan sebaliknya.

Keliru satu yang menjadi perhatian besar masyarakat Indonesia ketika ini yakni menjadi blogger. Saya masih ingat ketika pertama kali menyebut kata blogger di tahun 2005, masih banyak masyarakat belum paham apa yang aku maksudkan. Namun, lambat laun profesi ini menjadi tak ternilai harganya.

(Baca selengkapnya: Catatan Dua Tahun Kaprikornus Full Time Blogger)

Dahulu, menjadi blogger hanya mengutamakan goresan pena dan foto. Beberapa tahun belakangan, muncul istilah baru, vlogger (video blogger). Jika blogging menjadi istilah blogger, maka vlogging ketika ini menjadi tren di anak muda.

Hadirnya banyak sekali video blogger di Indonesia membuka mata masyarakat bahwa ada profesi gres yang menjanjikan. Seorang vlogger kadang berpenghasilan puluhan juta dalam sebulan, hanya dari membagikan videonya di Youtube.

Meski profesi ini telah banyak dilakoni dan tidak sedikit yang kemudian jadi sangat terkenal, aku tidak menyarankan untuk segera jadi bloggger atau vlogger dan meninggalkan pekerjaan utama Anda.

Saya sendiri, harus menjalankan dua profesi sekaligus dalam waktu bersamaan selama kurang lebih dua tahun, gres yakin untuk menjadi full time blogger.

Mengapa Blogger Kaprikornus Profesi yang Menjanjikan?

Saya pernah menulis sekilas perjalanan Arianna Huffington yang membuat The Huffington Post (http://www.huffingtonpost.com/) pada tahun 2005 silam. The Huffington Post mungkin tak bakal sebesar sekarang, jikalau Arianna tidak menjadi blogger.

(Baca selengkapnya: Melihat Potensi Blog Anda 10 Tahun Kemudian)

Arianna punya kemampuan menulis yang baik dan itulah yang seharusnya dimiliki seorang blogger. Hampir semua blogger yang besar, punya kemampuan dasar ini. Begitu juga dengan vlogger, mereka punya keahlian membuat dan mengedit video.

Jika diterlusuri kebelakang, blogger-blogger yang terkenal tidak lahir dari hasil copy paste. Mereka hadir sebab menyajikan sesuatu yang berharga dan beda dengan blogger lainnya. Contoh nyatanya di Indonesia yakni Raditya Dika.

Radit kemudian berkembang menjadi menjadi penulis buku dari karya-karyanya di blog. Karirnya terus menanjak menjadi Maknas dan komedian, sebab konsisten mengambil segmen dewasa dan komedi.

Ada banyak lagi teladan blogger yang sukses sebab konsistensi. Sayangnya di Indonesia, banyak orang yang mau jadi blogger sebab ikut-ikutan, kesannya tidak menjadi apa-apa. Bahkan konten yang dihasilkan sebagian besar hasil copy paste.

Jika hal itu terus dipelihara, jangan bermimpi bakal jadi blogger terkenal atau berpenghasilan besar. Karena belum ada sejarahnya, pencuri menjadi dewa. Cobalah menggali sisi kreativitas dirimu dan membagikannya setrik jujur.

Untuk memudahkan, berikut 5 hal yang harus diperhatian jikalau menentukan jadi blogger:

1. Sesuaikan dengan Hobi

Ada idiom yang mengatakan, hobi bisa menjadi uang. Itu benar adanya. Menjadi blogger tidak bakal gampang jikalau tidak sesuai hasrat dan minat. Buatlah konten atau video dari sesuatu yang Anda kuasai.

Misalnya, suka dengan otomotif. Buatlah beberapa ulasan perihal otomotif dengan jujur. Atau mengulas kendaraan yang sedang Anda gunakan. Minat ini bisa terus dikembangkan dengan menggali hal-hal spesifik diotomotif.

2. Konsistensi

Belum pernah aku menemukan blogger besar yang hanya membuat konten setahun sekali. Blogger yang baik harusnya konsisten dan menyisahkan waktu untuk mengelola blog atau vlog.

Berkumpul bersama dan berinteraksi sesama blogger juga penting. Dari sini kita bisa mengumpulkan informasi, melaksanakan riset dan sebagainya.

Buatlah karya 1 atau 2 setiap minggu. Itu untuk mempertahankan dapat dipercaya dan reputasi dimata pembaca. Imbasnya follower atau subscribes bakal meningkat dengan pasti.

3. Percaya Diri

Menjadi penulis blog, Maknanya Anda siap menerima jawaban dari pembaca. Agarkan orang lain tahu apa yang Anda pikirkan, kemudian terima kenyataan jikalau beberapa orang tak sepaham.

Percaya diri bakal meningkatkan kemampuan kita dalam menulis, membagikan foto-foto dan video. Yakinlah pada apa yang Anda bagikan menjadi baik bagi orang lain. Serta jaga hubungan silaturahmi dengan netizen.

4. Bijak

Seperti yang aku katakan di atas, kita harus mendapatkan kenyataan jikalau ada yang tak sepaham. Interaksi dua arah yang terjadi di dunia blogger memungkinkan orang-orang meninggalkan komentar.

Jadilah orang yang bijak menanggapi komentar-komentar tersebut. Berikan penghargaan dengan ucapan terima kasih jikalau komentarnya membangun, dan jangan terbawa emosi jikalau komentar negatif.

Jadikan komentar negatif itu sebagai introspeksi, apakah komentar negatif itu ada benarnya atau hanya usil belaka. Bila hanya bersifat usil, tak usah dihiraukan.

5. Membawa Pengaruh yang Baik

Ada banyak blogger atau vlogger ketika ini hadir terlalu jujur. Hal ini memang baik, tapi kadang-kadang kejujuran yang diberikan bukan hal positif. Padahal, persona internet seseorang di masa serba cepat ini dengan gampang dipengaruhi.

Maka selayaknya bagi seorang blogger atau vlogger membuat karya yang membawa dampak baik buat orang lain. Tulis atau sebarkanlah hal-hal yang menarik dan positif.

Jika lima hal diatas terus Anda kembangkan, jangan heran jikalau suatu ketika Anda menjadi blogger hebat yang punya daya tawar tinggi. Saat ini, sudah banyak perusahaan besar yang mencari orang-orang dengan talenta tertentu dan menelusurinya melalui blog.

(Baca Juga: 12 Alasan Mengapa Anda Harus Mulai Kaprikornus Blogger)

Bahkan media online ketika ini banyak yang mengalami krisis kepercayaan diri, sebab hanya menyajikan gosip sesaat. Blogger malah lebih disenangi, sebab mengulasnya lebih jauh. Itulah mengapa profesi ini cukup menjanjikan jikalau ditekuni dengan baik.

+Wisa Rahardi

0 Response to "Blogger Sudah Jadi Profesi Menjanjikan Di Indonesia"

Post a Comment