Caranya Pasang Aplikasi Play Store Di Blog



Blog yang membahas ihwal aplikasi Android dan iOS sudah sangat banyak bermunculan. Mereka menceritakan satu aplikasi dengan apik dan meyakinkan. Namun kadang, tidak bisa memperlihatkan aplikasi Maksud dalam tulisannya. Paling hanya gambar yang diambil dari aplikasi tersebut.

Padahal jikalau ingin lebih meyakinkan, blogger tersebut bisa saja memasang aplikasi Maksud setrik real time di postingannya. Yang Maknanya mengambil setrik eksklusif aplikasi tersebut dari Play Store atau App Store.

(Baca Juga: Caranya Menginstal WhatsApp di Komputer)

Seperti contohnya, ketika kita membahas soal aplikasi Mobile Banking milik BCA. Kita bisa menceritakan segala hal dari aplikasi tersebut sembari memasang tautan donwload di dalamnya dan itu bisa di klik dan didownload setrik eksklusif oleh pembacanya.

Contohnya dibawah ini:


Pada dasarnya Play Store dan App Store, tidak memperlihatkan kemudahan embed atau menautkan aplikasinya ke dalam postingan blog. Namun, kita bisa Menggunakan layanan pihak ketiga untuk memasang aplikasi tersebut ke dalam postingan. Itulah yang bakal kita bahas dalam postingan ini.

Sebenarnya, ada banyak layanan yang bisa digunakan. Namun yang bakal kita pakai dikala ini yakni Playboard. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama buka playboard.me. Disini kita bisa membuat akun sendiri dan mengelompokkan aplikasi kita sendiri. Tapi untuk embed kita tak wajib membuat akun. 
  • Dibagian atas, pilih layanan yang bakal kita embed, contohnya dari Play Store maka pilih Android, untuk App Store pilih iPhone atau iPad.
  • Setelah itu, cari aplikasi yang hendak kita embed kedalam postingan dengan mengetikkannya di kotak pencarian.
  • Playboard bakal menampilkan hasil pencarian dan silahkan pilih aplikasi mana yang hendak di embed. 
  • Pada aplikasi Maksud bakal muncul tampilan menyerupai berikut. Selanjutnya, klik goresan pena Embed yang ada dibawah klarifikasi aplikasi. 
  • Selanjutnya, bakal muncul instruksi HTML yang bisa dipasang di postingan blog. Sebenarnya, Playboard hanya dikhususkan untuk Wordpress, namun juga disediakan instruksi HTML yang bisa dipakai untuk blogspot. 
  • Copy skrip tersebut ke dalam postingan yang hendak di pasangi aplikasi dan ubah dalam mode HTML. Setelah itu publikasikan.
  • Untuk pengguna Wordpress bisa Menggunakan shortcode yang lebih singkat, jadi lebih mudah. 

Dengan metode diatas, Anda juga bisa menentukan warna dan diubahsuaikan dengan tampilan blog Anda. Begitu juga dengan ukurannya. Namun, setrik default ukurannya bakal mengikuti lebar blog dimana skrip itu disimpan.

(Baca Juga: Caranya Memunculkan Kicauan Twitter Kedalam Postingan)

Sebenarnya, Play Store dan App Store bisa dipasang ke blog tanpa harus Menggunakan trik diatas. Tapi Anda harus paham Menggunakan API kedua aplikasi strore tersebut. API ini terbuka kepada web developmen siapapun. Kaprikornus Jika lebih ciamik, maka pelajarilah API.

Namun untuk sekedar blogger, trik diatas sudah lebih dari baik. Jika ingin Menggunakan API, blog Anda pastinya bakal bertambah prestisius.

Selamat Mencoba!
+Wisa Rahardi 

0 Response to "Caranya Pasang Aplikasi Play Store Di Blog"

Post a Comment