Apa Itu Hosting Dan Domain?



Seorang blogger harus mulai bisa membiasakan diri dengan istilah-istilah dasar dalam dunia internet. Selain mesti punya kemampuan dasar dalam hal development, blogger juga dihentikan ketinggalan dalam hal teknis.

Inilah yang kadang membedakan satu blogger dengan blogger lainnya. Yakni sejauh mana ia bisa menguasai hal teknis, meski itu ialah bab paling dasar. Seperti berkenalan dengan istilah hosting dan domain, namun ini sangat penting.

Masih banyak yang belum paham perihal kedua hal tersebut. Istilah yang mungkin sebagian orang sudah sedikit mengerti ialah domain. Ketika menyebut .com orang-orang pribadi bakal berakat itu domain. Namun, apa gotong royong pengertian domain tersebut?

Pengertian Domain

Dari Makna sesungguhnya, domain ialah nama situs unik yang ada di dunia internet. Antik atau Berbeda disini berMakna nama situs tersebut hanya ada satu pemiliknya di internet. Contohnya Blogooblok.com ini yang hanya dimiliki oleh saya.

Tidak mungkin ada situs lain yang namanya Blogooblok.com. Kemungkinan terburuknya hanya bakal Mengubah nama ekstention saja mirip Blogooblok.id atau Blogooblok.co.id. Itupun dengan konsekwensi lantaran sudah ada nama yang populer sebelumnya.

(Baca : Step By Step Caranya Membeli Domain .COM)

Jika diibaratkan manusia, nama domain itu ialah nama yang tertera di sertifikat kelahiran. Perbedaan, nama yang digunakan seorang insan masih bisa digunakan oleh orang lain, tapi domain tidak bisa digunakan lagi oleh orang yang berbeda.

Itu Maknanya domain ialah identitas kita di internet

Sedikit perihal teori domain. Sebenarnya, domain itu sendiri ialah alat pengingat untuk mempermudah insan dalam mengakses komputer di internet. Dalam dunia jaringan komputer, dikenal dengan istilah IP Address (Internet Protocol address).

Kode yang digunakan komputer untuk mengakses suatu situs berupa angka-angka, sebagai referensi 203.30.236.154. Angka itu disebut IP untuk membuka satu situs. Bayangkan bila anda bekerja pada beberapa situs yang berbeda. Tentu bakal susah mengingat angka-angka tersebut dijaman serba canggih ini.

Maka dari itulah dibuatlah kemudahan domain. Bila diumpamakan lagi, domain itu bagaikan buku telepon pada sebuah handphone. Orang-orang tentu lebih mengingat nama dibandingkan nomor telepon bila hendak ingin menghubungi seseorang.

(Baca : Caranya Mengganti Domain Blogspot Kaprikornus .COM)

Pengertian Hosting

Alamat (domain) itu hanyalah petunjuk untuk tiba kesuatu tempat. Jika cuma ada tempatnya tanpa ada rumahnya, sama saja mencari alamat palsu. Maka dari itu, lahirlah hosting. Atau jikalau diibaratkan rumahnya suatu domain.

Hosting ialah suatu space atau daerah di internet yang kegunaanya untuk menyimpan data-data dari suatu situs. Mau itu situs perusahaan, situs pribadi, situs blog, dan lain sebagainya.

Setiap situs yang mau di onlinekan Agar bisa diakses oleh orang banyak harus disimpan pada suatu host. Ibarat rumah, hosting inilah yang nantinya bakal ditempati menyimpan barang-barang berharga kita.

Ada banyak jenis hosting di internet. Mulai hosting yang berasal dari satu server yang dibagi-bagi, cloud hosting, VPS sampai memiliki server sendiri, atau rumah sendiri.

Soal perbedaan jenis-jenis layanan ini serta klarifikasi lebih lengkap perihal web hosting, silahkan membacanya pada Maknakel Apa Itu Web Hosting?. Ada banyak hal yang perlu dan penting diperhatikan sebelum Menggunakan jasa web hosting. Maknakel itu juga menjelaskan perihal gimana trik Menggunakan web hosting. 

Satu yang sering menjadi pertanyaan orang-orang, mengapa harus membeli hosting Jika beberapa situs menyediakan hosting gratis. Seperti Google yang menyediakan hosting gratis melalui blogspotnya (seperti yang digunakan Blogooblok) ketika ini.

Memang tidak ada salahnya Menggunakan hosting gratis dari penyedia pihak ketiga, hanya saja yang namanya ngontrak selalu tidak seleluasa dibanding jikalau punya rumah sendiri.

Hosting gratisan tidak menyediakan layanan lengkap mirip fitur FTP, fitur webmail, fitur mysql dan lain sebagainya. Bahkan dibeberapa hostingan gratis bakal muncul slot iklan di dalam situs yang kendalinya tidak ditangan kita. Untungnya di blogspot tidak demikian.

Ada banyak daerah untuk membeli hosting. Namun Blogooblok merekomendasikan Niagahoster. Penyedia yang satu ini sudah berpengalaman dan layanannya super keren. Sejumlah blog yang Blogooblok kelola dengan jasa hosting mereka dan sejauh ini aman-aman saja.

Akhir kata, domain dan hosting ialah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Domain yang baik dengan hosting yang kencang bakal menambah nikmat khasanah berinternetan. Salam blogger dan jangan lupa bahagia.

+Wisa Rahardi

0 Response to "Apa Itu Hosting Dan Domain?"

Post a Comment