Caranya Terbaru Menggunakan Google Friend Connect

Pada tahun 2011, Google telah mengumumkan berhenti menyebarkan Google Friend Connect untuk situs non-Blogger. Layanan ini kemudian hanya hadir untuk Blogger semata, tujuannya guna memperlihatkan pembaca trik gampang mengikuti blog Menggunakan banyak sekali akun.

Dulu untuk Menggunakan Google Friend Connect kita dapat login dengan Twitter, Yahoo, Orkut atau penyedia OpenID lainnya. Namun per tanggal 11 Januari 2016, Google menutup seluruh jalan masuk tersebut dan hanya membolehkan Menggunakan Akun Google.

(Baca Juga: Caranya Membuat Gallery Video di Blogspot dan Wordpress)

Perubahan ini tentu saja mirip topan bagi beberapa blogger. Bagaimana tidak, dengan perubahan ini, jumlah followers di blog bakal berkurang. Apalagi jikalau followersnya banyak dari akun non Google. Blogooblok pun mengalaminya, walau tidak seberapa.

Jadi, buat teman-teman blogger yang ingin mengikuti satu blog dari blogspot sebaiknya Menggunakan akun Google. Karena semua akun Google ketika ini telah tersingkronisasi. Makara pengelolaan datanya lebih mudah.

Apa Itu Google Friend Connect?

Mungkin beberapa masih ada yang bertanya perihal Google Friend Connect ini. Google Friend Connect merupakan layanan social networking milik Google. Layanan ini, memungkinan para pemilik website termasuk blog dapat terhubung satu sama lain.

Dulunya, Google Friend Connect punya satu laman khusus yang dipakai para blogger berinteraksi, namun sekarang hanya dapat dinikmati melalui dasbor blogspot saja. Di dasbor layanan ini dikenal dengan sebutan Daftar Bacaan. Letaknya sempurna dibawah blog.

(Baca Juga: Caranya Praktis Membuat Google Maps Sendiri)

Semakin banyak blog yang diikuti maka bakal semakin banyak daftar bacaan yang muncul. Itu Maknanya bakal semakin banyak tumpuan untuk menulis. Jadi, mulailah untuk mengikuti blog yang kau rasa manis dan penting.

Caranya Mengikuti Blog dengan Google Friend Connect

Ada dua trik yang dapat dilakukan untuk mengikuti satu blog. Keduanya memperlihatkan hasil yang sama namun trik yang berbeda. Ada yang sedikit lebih lama, ada yang sangat singat. Berikut Blogooblok berikan tutorialnya.

1. Follow dari Widget
Biasanya blogger bakal memasang widget follow di blognya. Widget ini bertuliskan Join This Site. Yang biasanya dipasang dengan jumlah followers dibawahnya. Untuk bergabung, tinggal tekan tombol Join This Site teresebut.

 Google telah mengumumkan berhenti menyebarkan Google Friend Connect untuk situs non Caranya Terbaru Menggunakan Google Friend Connect


Jika di Blogooblok tombol ini terletak di sidebar kanan bawah tanpa jumlah followers. Jika sudah ditekan, maka bakal muncul laman login untuk akun Google, silahkan isi dengan data-data Anda.

 Google telah mengumumkan berhenti menyebarkan Google Friend Connect untuk situs non Caranya Terbaru Menggunakan Google Friend Connect


Jika berhasil login maka bakal muncul laman mirip berikut. Silahkan pilih jenis follow yang Anda inginkan. Ada dua jenis yang disediakan, yaitu ikuti setrik publik atau ikuti setrik pribadi. Jika saran saya lebih baik setrik publik. Setelah itu klik Ikuti.


Jika sukses, maka tampilannya mirip berikut. Itu Maknanya blog yang Anda ikuti sudah muncul di daftar bacaan Anda.


2. Follow dari Dasbor
Caranya yang kedua ini lebih gampang dan singkat. Pada laman Home blogger Anda, sempurna dibawah daftar blog-blog Anda bakal muncul daftar bacaan. Disebelah kiri ada tombol Tambahkan. Silahkan klik tombol tersebut.



Setelah itu bakal muncul popup mirip gambar dibawah ini. Anda tinggal memasukkan URL blog yang ingin diikuti dan menentukan dua opsi yang disediakan. Sekali lagi opsinya publik dan pribadi. Setelah itu klik Ikuti.



Blog yang berhasil Anda tambahkan bakal muncul di home akun blogger Anda. Semakin banyak blog yang diikuti bakal semakin kaya isu yang masuk. Anda sisa menentukan blog mana yang ingin diketahui updatennya.



Praktis bukan!

(Baca Juga: Membuat Gambar Ilustrasi dengan Awesome Screenshot)

Buat teman-teman yang lain, jangan lupa untuk follow blog ini dan Jika mau di follow back, silahkan komen di bawah. Sekian dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi


0 Response to "Caranya Terbaru Menggunakan Google Friend Connect"

Post a Comment