7 Caranya Mengoptimasi Seo Video Youtube

Youtube telah bermetamorfosis ladang uang yang menjanjikan setidaknya lima tahun terakhir. Ada banyak youtuber gres yang lahir di Indonesia dengan gaya dan jenis video yang menarik.

Bahkan beberapa orang telah mengakibatkan youtube sebagai mata pencaharian utama. Tidak heran memang, alasannya ialah penghasilan dari youtube sanggup mengalahkan pejabat dengan golongan paling tinggi sekalipun.

Meski telah banyak yang bermain youtube, namun masih sangat minim yang sanggup stabil penghasilannya. Sehingga beberapa masih mewaspadai keampuhan youtube. Padahal, bermain Youtube juga perlu dioptimasi sama mirip blog yang juga harus dimaksimalkan SEO-nya (Search engine optimization).

(Baca Juga: Caranya Alami Meningkatkan Viewers Youtube)

Berikut Blogooblok berikan beberapa hal yang sanggup dilakukan untuk mengoptimalkan pendapatan di Youtube:

1. Penamaan File Video

Langkah ini banyak yang sepelekan. Padahal inilah hal yang paling dasar yang sanggup dilakukan untuk mengoptimalkan penghasilan di Youtube. Sebelum mengupload video di Youtube sebaiknya nama file video yang tersimpan di komputer sudah mengandung kata kunci yang disasar.

Misal video Anda perihal kumpulan video lucu bayi, maka nama filenya harus diberi nama kumpulan-video-lucu-bayi.mp4. Nama file sebaiknya Menggunakan tanda kurang, alasannya ialah Jika spasi bakal terbaca sebagai satu kata saja.

2. Judul Yang Tepat

Judul video juga sangat penting diperhatikan. Jangan asal-asalan ketika memberi judul pada video yang diupload. Usahakan judulnya sudah mengandung kata kunci yang ditarget.

Video di Youtube itu bersifat everlasting, jadi baiknya membuat judul sanggup dicari hingga kapan pun. Terapkan juga judul yang bersifat mengajak atau call to action dan sudah mengandung kata kunci di depannya. Ini untuk menerima ranking terbaik di pencarian Youtube.

3. Beri Deskripsi yang Menarik

Kebanyakan youtuber menggangap deskripsi tidaklah penting. Padahal itu sangat penting. Lagian buat apa youtube memberi kotak desktripsi Jika tidak digunakan.

Saat memberi dekstripsi usahakan relevan dengan video yang diupload dan mengandung kata kunci. Penjelasannya harus jelas, padat dan buatlah terlihat alami. Dalam deskripsi, Anda juga sanggup memberi link keluar atau menautkan video Anda yang lainnya.

4. Tambahkan Tag Yang Relevan

Tag pada video youtube semacam pengkategorian dari video jenis serupa di youtube. Misalnya ada yang mencari kata "begal" di Youtube, maka youtube bakal merekomendasikan sejumlah video dari kategori yang sama.

Jadi, isilah tag setiap video Anda sebaik mungkin. Paling baik Jika setiap video mengandung 12 tag dengan jumlah abjad tidak lebih dari 120. Untuk memisahkan tiap gak, baiknya pakai tanda kutip ganda.

5. Pasang Thumbnail yang Menarik

Hal pertama yang bakal dilihat oleh seseorang ketika membuka youtube ialah gambar thumnailnya. Ibarat pemantik, gambar yang dipasang harus sanggup merepresentatifkan isi video dan harus semenarik mungkin.

Setiap mengupload video, Youtube selalu menawarkan kita tiga pilihan thumbnail. Tapi baiknya, gambar ini dibentuk sendiri dengan syarat gambar harus besar, minimal 640px. Tapi baiknya gunakan ukuran 1280x720px. Nama file gambarnya juga sudah harus mengandung kata kunci.

(Baca Juga: Ini Jenis Video Yang Paling Banyak Ditonton di YouTube)

6. Buat Anotasi 

Anotasi ialah teks yang mengambang diatas video. Teks ini bakal muncul dipermukaan video dan sanggup diklik. Manfaatkan kemudahan Youtube ini sebaik mungkin untuk mengajak banyak orang menonton video Anda yang lainnya atau berlangganan channel.

Buatlah anotasi setiap selesai mengupload video. Caranyanya mirip berikut ini.
  • Masuk ke Creator Studio dan pilih Video Manager kemudian klik Edit ke video yang hendak di buatkan anotasi. 
  • Setelah itu klik Annotations, kemudian klik Add Annotation disebelak kanan. Ada lima jenis anotasi yang disediakan Youtube silahkan pilih Keliru satunya. Dalam pola ini, saya gunakan anotasi Note. 
  • Selanjutnya bakal muncul form yang harus diisi untuk membuat kata-kata. Ada pengaturan-pengaturan lain, mirip font, warna dan waktu tayangnya. Dan dibagian final ada pilihan untuk Menggunakan link. Silahkan centang dan masukkan jenis link yang diinginkan. Setelah itu klik Apply Changes. 



7. Buat Cards

Hampir sama dengan anotasi, cards di Youtube juga dibentuk di potongan Video Manager. Cards ini tujuannya untuk memberi rujukan video lain dalam video yang sedang tayang. Jika diblok menyerupai link ke postingan lain.

Cards bakal muncul dibagian kanan atas setiap video. Dengan menambahkan kemudahan ini, video Anda juga bakal terlihat lebih profesional dibanding video lainnya.

Caranya membuatnya masih di potongan Edit. Selengkapnya lihat triknya berikut ini:
  • Pertama-tama klik Cards, yang letaknya sempurna disamping Annotation. 
  • Lalu klik Add Card. Ada empat pilihan jenis video yang sanggup dimasukkan, ada video or playlist, channel, poll atau link. Untuk mempromosikan video sejenis sebaiknya pilih Video or Playlist. Caranyanya klik Create. 

  • Setelah itu bakal muncul pilihan mirip gambar berikut. Silahkan pilih video mana yang hendak di masukkan, kemudian klik Create Card. 

  • Anda sanggup memasukkan berapa pun video, tinggal sesuaikan waktu kapan card tersebut bakal muncul di video yang bersangkutan. Pengaturan ini bakal otomatis tersimpan sehingga tidak perlu disave. Tinggal mengklik saja tanda panah dibagian atas jikalau sudah selesai. 

Berikut pola video yang sudah ada anotasi dan cardnya: 


Dengan melaksanakan 7 trik diatas dan video yang Anda upload memang punya kualitas yang baik, saya yakin, Anda bakal mendulang penghasilan yang maksimal.

(Baca Juga: Caranya Benar Upload Video dengan Tautan Iklan di Youtube)

Hanya saja, harus dipahami, mencari uang di Youtube bukanlah kasus instan. Kuncinya ialah kerja keras, kerja cerdas dan konsisten serta pantang menyerah.

Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Bahagia!

0 Response to "7 Caranya Mengoptimasi Seo Video Youtube"

Post a Comment