Caranya Pasang Instruksi Google Analytics Di Wordpress


Google Analytics saya ibaratkan Kamera CCTV. Ia sanggup memantau siapa saja yang datang, pakai kendaraan apa dan sedang cari apa di toko kita. Jika contohnya CCTV itu kita pasang di etalase toko. Namun bitrik teknologi, utamanya blog maka Google Analytics ini jauh lebih akurat mengawasinya.

Website yang kita kelola pastilah hendak diketahui sejauh mana pencapaiannya. Apakah Maknakel yang kita buat telah dibaca oleh orang-orang, atau malah tidak sama sekali. Buat pebisnis online yang Menggunakan website sebagai medium utama, keberadan Analytics sangat penting.

Baca: Apa Itu Google Analytics?

Banyak hal yang kemudian sanggup dilakukan hanya dengan data yang disajikan Google Analytics. Data-data yang diungkapkan bakal jadi input untuk menyusun strategi, pemasaran contohnya. Atau membuat konten yang sempurna target dan sempurna guna dikemudian hari.

Bagi website yang bertumpu pada jumlah pembaca, hasil analisa Google Analytics sanggup pula dijadikan landasan untuk terus membuatkan usaha. Keakuratan Analytics sejauh ini memang yang paling diutamakan. Meski adapula beberapa tools yang juga menjanjikan hal yang sama.

Bitrik soal Google Analytics, BLOGOOBLOK pada Maknakel ini bakal membahas trik memasangnya di blog dengan CMS Wordpress. Sebelumnya sudah dibahas gimana Caranya Verifikasi Blog Wordpress di Search Console alias Google Webmaster Tools. Kedua tools dari Google ini memang wajib diberdayakan oleh blogger atau webmaster.

Untuk memuluskan tutorial ini, pada postingan Verifikasi Search Console di atas telah dibahas trik memasang plugin 'Insert Headers and Footers'. Jadi, kita tetap bakal Menggunakan plugin itu semoga lebih kondusif dalam memasukkan kode. Namun bila kalian sudah terbiasa koding dan nyaman dengan halaman HTML, sanggup pribadi mengutak-atiknya.

Saya asumsikan yang membaca ini tidak mau repot dan menentukan praktisnya saja. Berhubungan pribadi dengan laman 'Editor' Wordpress sangat memungkinkan untuk terjadinya error dikemudian hari. Makara kita pakai plugin yang sederhana saja.

Langkah 1: Dapatkan Kode Google Analytics

Saat pertama kali mengakses laman Bagaimana Caranya Mendaftarkan Blog ke Google Analytic?.

Tapi dalam banyak kasus, utamanya yang Menggunakan Wordpress, proses menanam instruksi Analytics ini tidak berjalan mulus. Meski sudah terdaftar namun hasil analisanya belum juga muncul. Sehingga harus dilakukan penanaman instruksi dari awal lagi.

Untuk proses yang ini, triknya dengan mendapat kembali ID Pelacakan kita di laman Google Analytics. Untuk hal tersebut triknya dengan login ke akun Google Analytics kita, kemudian klik Admin. Posisi tab Admin ini ada di bilah sebelah kiri paling bawah sekali. Atau icon gir.


Setelah di laman Admin. Pilih akun mana yang hendak dicari ID Pelacakannya. Jika memang dalam satu akun itu ada banyak blog yang didaftarkan. Kemudian bergeser ke tab Properti dan klik Info Pelacakan. Lantas klik Kode Pelacakan.

Akan muncul ID Pelacakan Anda beserta statusnya. Kita bakal kembali ke tombol status ini nantinya Setelah memasang instruksi ID Pelacakan di blog. Pada gambar di bawah mengatakan instruksi yang harus di copy dan dipindahkan ke blog kita.


Langkah 2: Pasang ID Pelacakan

Karena bitrik soal Wordpress, Setelah menyalik instruksi ID Pelacakan di atas, lanjut dengan login ke dashboard Wordpress. Saya anggap sudah mengintal plugin 'Insert Headers and Footers'. Makara sisa membuka plugin tersebut di bagiab Setting dan pilih 'Insert Headers and Footers'.

Paste instruksi yang sudah dicopy sebelumnya di kolom Scripts in Header. Karena instruksi ini memang harus dipasang di kepala blog untuk sanggup menjangkau seluruh laman. Jika sebelumnya sudah ada instruksi lain yang ditaruh, sisa enter saja untuk memberi jarak. Setelah itu klik Save atau Simpan.


Jika telah usai, maka berhasil sudah blog Wordpress Anda tertaut dengan Google Analytics. Setiap orang yang berhasil mengakses website Anda bakal terbaca oleh Analytics dan datanya bakal disediakan setrik terpola bahkan real time.

Anda sanggup melaksanakan uji coba dengan menekan tombol 'Kirim Trafik Percobaan' di gambar ID Pelacakan di atas. Atau pribadi mengakses bilah laporan Real Time di dashboard Google Analytics. Pada Berandanya juga telah disajikan hasil analisis yang penting untuk webmaster.

Baca Juga: Mengenal Fitur dan Kontrol Utama Google Analytics

Setelah semuanya selesai, selanjutnya sisa fokus meningkatkan pengunjung. Caranyanya yah dengan memperbanyak konten, memperbaiki performa dan dapatkan laporan hasil bulanan dan hariannya di Google Analytics.


Maknakel ini diupdate 17 Maret 2018. Tulisan aslinya berjudul "Caranya Mendaftarkan Blog Wordpress ke Google Analytics". Terbit pertama kali 11 Oktober 2015. Karena video dalam Maknakel aslinya mengalami kerusakan, maka digantikan dengan Maknakel ini.

Salam Kreasi!

0 Response to "Caranya Pasang Instruksi Google Analytics Di Wordpress"

Post a Comment