Caranya Pasang Google Map Di Postingan Blog

Ada banyak alasan seseorang untuk memasang maps di postingan blognya. Kadang petunjuk arah ini diharapkan untuk mengatakan lokasi tertentu yang sedang dibahas. Atau ada pula beberapa orang yang ingin menuntun orang lain menuju satu lokasi khusus.

Dari pada hanya mengcapture maps Maksud, ada baiknya maps tersebut di embed kedalam postingan Agar bisa lebih leluasa diutak atik oleh pembaca. Dengan meng-embed maps tersebut pula, blog atau postingan kita bakal terlihat lebih profesional.

(Baca Juga: Caranya Memunculkan Status Facebook ke Postingan Blog)

Karena penyedia maps paling terkenal dan terlengkap ketika ini ialah Google, maka yang bakal kita embed kedalam postingan ialah maps dari Google Maps. Sebelum memindahkan maps kedalam postingan ada beberapa langkah dulu yang harus dilakukan.

Mencari Lokasi  dan Mengambil Embed

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja mencari lokasi yang ingin di embed. Kunjungi https://maps.google.com atau klik disini.

Silahkan memasukkan lokasi yang ingin Anda embed di kotak pencarian sebelah kiri atas. Lokasi Anda bakal ditandai dengan  icon berwarna merah jikalau telah ketemu. Jika lokasi yang Anda maksud belum terdaftar di Google Maps, buatlah ulasan dan tandai lokasi Anda sendiri.

Ada banyak alasan seseorang untuk memasang maps di postingan blognya Caranya Pasang Google Map di Postingan Blog

Setelah yakin dengan lokasinya, selanjutnya klik garis-garis yang ada disebelah kiri nama lokasi Anda. Maka bakal muncul jendela gres disebelah kiri. Pada sajian yang muncul, klik Share or embed map.

Ada banyak alasan seseorang untuk memasang maps di postingan blognya Caranya Pasang Google Map di Postingan Blog

Akan muncul jendela popup yang menyajikan isu share link dan embed map. Karena yang bakal dilakukan ialah memasukkan maps kedalam postingan blog, maka yang dipilih ialah embed map. Copy script tersebut Setelah final mengatur ukuran yang diinginkan. Pilihannya ada empat, small, medium, large atau custome size.

Ada banyak alasan seseorang untuk memasang maps di postingan blognya Caranya Pasang Google Map di Postingan Blog

Memasangnya di Postingan Blog

Setelah menerima lokasi yang diinginkan, selanjutnya ialah memasang arahan embed yang tadi dicopy. Oh iya, langkah yang dilakukan ini berlaku untuk semua blog, baik itu blogspot maupun wordpress bahkan CMS lain. Kode tersebut silahkan ditaruh di bab blog yang Anda inginkan.

Dalam tuturial ini, embed tersebut bakal ditaruh dalam postingan ini. Lokasinya ialah Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Saat menaruh arahan embed, jangan lupa Mengubah modenya menjadi HTML. Hasilnya bakal menyerupai dibawah ini;

Bagaimana, gampang bukan!

Buat teman-teman yang belum ngeh dengan klarifikasi diatas, sebaiknya menonton video tutorial lengkapnya dibawah ini:


(Baca Juga: Caranya Memunculkan Kicauan Twitter Kedalam Postingan)

Semoga bermanfaat yah teman-teman. Jika masih ada hal yang mau ditanyakan seputar trik diatas atau seputar Google Maps, jangan sungkan untuk berkomentar di kolom komentar dibawah ini. Kami bakal dengan bahagia hati membantu apabila saya mampu.

Salam blogging dan Jangan Lupa Bahagia!.
+Wisa Rahardi


0 Response to "Caranya Pasang Google Map Di Postingan Blog"

Post a Comment