Blogspot Sudah Dapat Menggunakan Protokol Https

Satu lagi terobosan yang dilakukan oleh Google di September 2015. Setelah mengganti logo, Mengubah domain negara hingga ulang tahun yang ke-17, di penghujung September, Google masih menyisahkan satu kejutan, yakni sistem transmisi blogspot menjelma HTTPS. Perubahan ini dimulai 30 September 2015.

(Baca Juga: Caranya Mengganti Domain Blogspot Kaprikornus .COM)

Ini tentu kabar gembira, sebab hampir semua layanan Google sudah Menggunakan protokol HTTPS, blogspot gres saja dihadiahi oleh sistem transmisi yang gres ini. Tapi sebelum jauh membahas soal HTTPS yang digunakan blogspot, ada baiknya simak dulu ulasan berikut ihwal HTTP dan HTTPS.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Saya yakin, masih banyak yang bertanya ihwal perbedaan HTTP dan HTTPS ini. Bahkan mungkin masih ada yang belum tahu kepanjangan dan fungsi HTTP.

HTTP yaitu kependekan dari Hypertext Transfer Protocol yang merupakan protokol yang digunakan oleh WWW ( World Wide Web). Dimana HTTP itu menunjukkan definisi gimana pesan sanggup disampaikan dan diformat dari server menuju klien.

Sedangkan HTTPS kepanjangannya Hypertext Transfer Protocol Secure. HTTPS juga merupakan protokol yang digunakan oleh WWW dengan fungsi yang sama, yakni menunjukkan definisi terhadap pesan yang sanggup disampaikan dan diformat dari server menuju klien tapi dengan satu kelebihan, yakni dikirim dengan sangat aman.

(Baca Juga: Dampak Positif dan Negatif Blogspot Kaprikornus .CO.ID)

Kedua aba-aba protokol ini memiliki pengertian yang sama namun berbeda sistem keamanannya. Orang bakal lebih mempercayai situs atau web dengan protokol HTTPS dibanding HTTP.

Ketika kita ingin mengakses suatu browser dengan keamanan yang lebih terjaga, tentu browser dengan Menggunakan HTTPS-la yang bakal kita gunakan. Informasi yang kita kirimkan Menggunakan HTTP kepada pihak kedua yaitu website yang tertera bakal sangat gampang diambil alih (dihack) oleh pihak ketiga. Berbeda saat telah Menggunakan HTTPS, gosip yang kita kirimkan kepada pihak kedua tidak sanggup diambil alih oleh pihak ketiga.

Aman bukan!.

Nah, kini blogspot sudah mendukung protokol HTTPS. Sebenarnya langkah ini terbilang lambat, sebab Wordpress sudah semenjak usang Menggunakan HTTPS untuk blog gratisannya. Namun, apapun itu, langkah Google ini patut diapresiasi dan diterapkan.

Bagaimana Mengubah Blogspot jadi HTTPS?

Yup, pertanyaannya sangat menarik. Suport yang diberikan blogspot ini, tidak serta merta berlaku untuk semua blog yang Menggunakan sub domain blogspot. Sebagai pengguna, kita diberi kebebasan untuk memilih, apakah mau Menggunakan HTTPS atau tidak.

Pilihan itu sudah ada dibagian setting blogspot Anda. Caranyanya:

  • Login ke Blogspot Anda
  • Lalu ke potongan Setelan dan pilih Dasar. Disana sudah terdapat setelan gres yang dimunculkan blogspot, namanya Setelan HTTPS. Silahkan pilih Ya untuk melaksanakan perubahan. 
  • Jika sudah Mengubah protokol, bakal muncul pesan peringatan dibagian bawah bahwa HTTPS tidak bakal tersedia untuk blog dengan domain khusus dan Menyetel domain khusus bakal menonaktifkan Ketersediaan HTTPS.
  • Dengan demikian, blog Anda kini sudah Menggunakan protokol HTTPS. 

Seperti gosip yang diberikan blogspot diatas, bahwa HTTPS ini belum berlaku bagi blogspot yang sudah melaksanakan custom domain menyerupai BloGooblok.com. Dalam siaran persnya, Google memang menyebut tahap pertama ini hanya berlaku bagi subdomain blogspot tanpa ada kepastian apakah nantinya juga bakal mendukung domain khusus.

(Baca Juga: Ini Jawaban Google Indonesia Soal Blogspot Kaprikornus .CO.ID)

Dan bagi mereka yang sudah mengkripsi protokolnya jangan heran Jika nantinya terdapat perubahan pada tampilan blog Anda. Bisa saja ada potongan di template atau widget Anda yang tidak mendukung HTTPS. Untuk hal ini, Google meminta pemilik blog untuk memperbaikinya sendiri.

Silahkan mencoba kawan-kawan, dan apabila sudah, tak ada salahnya membuatkan pengalaman dipostingan ini.

Salam blogger dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi


0 Response to "Blogspot Sudah Dapat Menggunakan Protokol Https"

Post a Comment