Caranya Menghasilkan $100 Per Hari Dari Youtube



Setelah menulis daftar 15 orang dengan penghasilan terbesar dari Youtube, seorang teman kemudian bertanya kepada saya. Bagaimana triknya sanggup mendapat uang sebesar itu?.

(Baca: 15 Youtubers dengan Penghasilan Terbesar di Indonesia)

Pertanyaan ini, sanggup saja dianggap konyol oleh sebagian orang. Namun, bagi saya itu yaitu pertanyaan mendasar. Mengetahui contoh bisnis, setrik tidak pribadi bakal membantu kita memenangkan persaingan. Begitu juga ketika menggeluti Youtube. Polanya harus sanggup dipahami.

Dari daftar tersebut, kita sanggup melihat rata-rata penghasilan perhari mereka diatas $100 per hari bahkan sanggup lebih. Lalu apa yang membuat mereka sanggup meraih itu semua?. Jawaban singkatnya, alasannya yaitu mereka membuat video dan mengunggahnya di Youtube.

Jawaban lengkapnya, tentu saja ada banyak faktor. Karena banyak diantara Youtuber lain yang juga mengunggah videonya di Youtube tapi tidak sanggup berpenghasilan sebesar itu.

Caranya Youtube Membayar Mitranya

Sebelum mengetahui faktor seorang Youtuber sanggup berpenghasilan $100 per hari, hal utama yang perlu dipahami, gimana sistem yang dijalankan Youtube dalam membangun bisnisnya.

Sistem bisnis Youtube intinya terdiri dari 4 elemen. Pertama platform Youtube itu sendiri, kedua creator (pembuat video disebut juga kawan Youtube), ketiga viewers (penonton) dan yang terakhir advertisers (pengiklan).



Keempat elemat ini saling terkait dan membangun contoh lingkar yang tidak terputus. Bahkan, semakin banyak viewers Youtube bakal membuat contoh bisnis ini semakin besar. Pihak Youtube Indonesia di 2015 kemudian menyatakan terjadi peningkatan 130 persen jumlah penonton dibandingkan tahun 2014. Jumlah ini tentunya bakal terus meningkat.

Faktor pertumbuhan jumlah penonton inilah yang membuat banyak creator atau pembuat video (biasa disebut Youtuber) makin bergelimpangan dollar.

Jika masih bingun dari mana uang itu berasal, pembagian terstruktur mengenai lengkapnya ibarat ini. Misalnya saya membuat satu video, kemudian mengunggahnya ke Youtube. Video itu ditonton oleh ribuan orang. Pengiklan kemudian memasang produknya di video saya.

Iklan yang muncul itulah sumber uangnya. Penghasilan bakal jauh lebih besar lagi jikalau penonton tersebut melaksanakan klik, apalagi hingga bertransaksi. Hasil penayangan iklan itu bakal dibagi dengan Youtube sebagai penyedia layanan.

Hanya sayang, sejuah ini belum ada perjanjian terperinci berapa persen bagi hasil tersebut. Satu yang pasti, semakin banyak video dan jumlah penontonnya, maka semakin besar pula bagi hasil yang kita dapatkan. Rumus sederhananya ibarat berikut:



Number of impressions yaitu jumlah tayangan iklan di video kita dibagi 1.000 tayangan kemudian dikali RPM. RPM sendiri yaitu pendapatan per 1.000 tayangan iklan. Hasilnya inilah yang menjadi pendapatkan kita sebagai kawan Youtube.

Sedikit rumit jikalau dipikirkan. Namun kata kunci utamanya yaitu membuat video dan berusaha Agar video tersebut semakin banyak dilihat orang. Dengan begitu, harga iklan yang terpasang divideo kita juga bakal makin mahal. Karena Youtube Menggunakan sistem lelang untuk setiap pengiklan.

Bagi hasil pendapatan itu bakal ditempatkan Youtube di akun Google Adsense kita. Dari akun Adsense inilah, penghasilan itu bakal dikirim. Bisa melalui cek, transfer bank atau lewat Western Union.

(Baca: Tutorial Lengkap Caranya Mendaftar Google Adsense dari Youtube)

Caranya Menghasilkan $100 per Hari

Menggeluti Youtube bergotong-royong hampir sama dengan blog. Kita juga bakal dihadapkan pada SEO (Search Engine Optimization). Usia channel dan jumlah video juga merupakan faktor utama. Berikut beberapa hal yang mendorong tingginya penghasilan dari Youtube:

1. Jumlah Video
Berkaca pada daftar 15 Youtuber berpenghasilan terbesar di Indonesia itu, sanggup kita lihat, nyaris tidak ada yang memiliki jumlah video dibawah 100. Bahkan ada yang mendekati 500 video dalam akunnya. Mereka semua yaitu Youtuber yang konsisten.

Dari fakta itu, sanggup disimpulkan bahwa untuk berpenghasilan $100 per hari, jumlah video dalam direktori kita harus banyak. Tapi banyak saja belum menjadi jaminan penghasilan bakal besar. Namun menjadi satu indikator pendukung.

2. Viewers
Kunci utama penghasilan dari Youtube yaitu viewers. Semakin banyak viewers, maka jumlah iklan yang muncul juga bakal semakin sering. Maknanya kemungkinan mendapat revenue semakin besar. Makara kiprah utama kita sebagai pemilik video, gimana membuat jumlah penonton ini semakin banyak.

Ada banyak trik dilakukan oleh Youtuber. Keliru satunya membuat video yang unik dan baru. Namun tidak sedikit pula yang membuat kontrkelewat / oversi. Tapi Jika boleh saya sarankan, lebih baik memilik jalan kondusif ketimbang jalan perang. Hasilnya juga bakal lebih bermakna.

Banyak trik membuat video kita jadi terkenal setrik aman. Keliru satunya dengan mempelajari SEO Youtube dengan pemilihan kata kunci dan tag yang tepat.

(Baca: Caranya Alami Meningkatkan Viewers Youtube)

Promosi video di sosial media juga sangat ampuh meningkatkan viewers. Meski hal ini mengurangi nilai RPM, namun untuk membangun popularitas bakal sangat baik. Rata-rata Youtubers, awalnya membangun merk image di sosial media, kemudian setrik alami penonton yang bakal mencarinya di Youtube.

3. Subscribe
Pelanggan atau subscribe channel kita punya kiprah besar dalam meningkatkan penghasilan. Channel dengan subscribe dibawah 100.000 tentu bakal berbeda penghasilannya dibanding dengan yang diatas 100.000. Perbedaan ini sanggup dilihat dari perlakuan Youtube itu sendiri.

Mitra Youtube yang sudah memiliki subscribe diatas 100.000 bakal dianugrahi penghargaan berjulukan Silver Play Button Award. Di Indonesia jumlah channel yang meraih Silver Play Button Award gres 106 orang.

Sedangkan channel dengan jumlah subscribe diatas 1 juta dinobati Gold Play Button Award. Baru 1 channel yang sanggup meraih gelar ini, yakni Raditya Dika, dengan total subscribe diatas 2 juta orang.

Jumlah pelanggan tetap bakal memberi laba tersendiri bagi pemilik akun. Dimana, setiap ia mengupload video, penonton tetapnya sudah ada. Mereka bakal diberitahukan melalui email, bahwa channel bersangkutan telah mengupload video baru.

Caranya alami meningkatkan subscribe dengan membuat video yang menarik dan diupload setrik berkala. Jangan mengupload semuanya setrik bersamaan. Caranya lainnya dengan melaksanakan video walking (mirip blog walking) ke channel lain. Berkenalan dan saling subscribe.

4. Like & Dislike
Mungkin banyak yang tidak memperdulikan hal ini. Namun, peranannya sangat besar untuk memilih berapa harga iklan yang bakal ditempatkan di video kita. Semakin banyak like yang diberikan orang, maka semakin tinggi harga iklannya, sebaliknya jikalau lebih banyak dislike maka harga iklannya rendah.

Tidak heran Jika hampir sebagian besar Youtubers meminta like dan share diakhir videonya. Itu bakal menghipnotis evaluasi pengiklan dan membuat nilai lelangnya semakin tinggi.

Video dengan dislike yang lebih banyak merupakan evaluasi buruk. Iklan tentu saja tetap muncul divideo itu, namun nilai kliknya tidak sebesar yang diharapkan. Olehnya itu, sebelum mengupload video, tanyakan dulu dalam diri, apakah video tersebut memberi manfaat atau tidak, disukai atau tidak.

5. Komentar
Kolom komentar pada Youtube juga punya posisi penting. Video dengan komentar yang banyak dengan video tanpa komentar, akibatnya niscaya berbeda. Terlepas dari positif atau negatif komentar yang diutarakan orang, hal itu tetap membuat penghasilannya tinggi.

Hal ini berdasar pada aturan Google Adsense yang menyatakan, bahwa komentar dalam satu postingan (video) bakal menambah evaluasi positif. Apalagi, kolom komentar di Youtube terintegrasi dengan akun Google+. Sehingga setiap satu komentar bakal menambah poin setrik SEO.

Video dengan banyak komentar juga bakal dinobatkan sebagai video populer. Kemungkinan masuk daftar trending topik juga besar, apalagi muncul di halaman pertama hasil pencarian Youtube. Pemilik akun yang berinteraksi pribadi juga bakal memberi nilai plus.

Lima hal diatas jikalau dilakukan setrik konsisten dan fokus bakal membawa Anda mendapat penghasilan $100 per hari, bahkan lebih. Namun harus diingat, tidak gampang dan tidak cepat. Semua capaian yang besar harus dilalui dengan perjuangan dan waktu yang tidak sedikit.

Raditya Dika contohnya. Ia mungkin disanjung hari ini sebagai Youtubers paling sukses di Indonesia. Namun tidak ada yang membayangkan, kapan Raditya memulai karirnya sebagai Youtubers. Ia memulai semenjak tahun 2007 dan bertahan hingga sekarang.

Itu Maknanya, jangan membayangkan sanggup $100 per hari, Jika memulainya gres kemarin. Buatlah terlebih dahulu karya dan bagikan ke Youtube. Percaya saja, bahwa setiap karya bakal dihargai, sisa waktu yang bakal menentukan.

Pengguna internet di dunia lebih bahagia menghabiskan waktunya menonton video ketimbang browsing Maknakel. Ini menunjukan ada pelung besar, sisa gimana kita memanfaatkannya. Terus terang saja, saya juga hingga hari ini sedang berusaha.

+Wisa Rahardi

0 Response to "Caranya Menghasilkan $100 Per Hari Dari Youtube"

Post a Comment