Caranya Menginstal Wordpress Di Cpanel Terbaru

Setelah membeli domain dan hosting di situs web hosting, langkah selanjutnya untuk membuat website ialah menginstalkan CMS (content management system) ke situs tersebut. Keliru satu CMS yang paling sering dipakai ialah Wordpress.

Namun, untuk menginstal Wordpress kita harus memiliki jalan masuk ke cPanel. cPanel ialah online Control Panel yang sanggup dipakai untuk mengatur website, membuat email account dan banyak hal lainnya ibarat instalasi script.

(Baca: Caranya Membeli Domain dan Hosting di Indowebsite)

Jika Anda mengikuti aba-aba pada postingan sebelumnya, maka gosip untuk mengakses cPanel bakal dikirim ke email Anda dengan email berjudul Detail Hosting Anda. Dalam email itu terdapat username dan password yang sanggup dipakai untuk login.

Sedangkan untuk mengakses halaman cPanel, Anda hanya perlu mengetikkan domain website Anda ditambah /cpanel di belakangnya. Contoh: http://domain.com/cpanel.

Beli Domain dan Hosting di Indowebsite

Karena pada percobaan sebelumnya, kita membeli cloud hosting, maka cPanel yang kita gunakan ialah versi terbaru. Tampilannya juga sangat jauh berbeda dengan cPanel sebelumnya.

Berikut langkah-langkah menginstal Wordpress di cPanel:
  • Pertama-tama login ke akun cPanel Anda
  • Jika berhasil login maka tampilannya ibarat berikut ini. 
Ini tampilan cPanel 11.52.2.1 yang terbaru 
Ini tampilan Cpane VPS Optimazed 3 yang lama
  • Untuk menginstal Wordpress, kursor ke bab paling bawah hingga menemukan tab Softaculous Apps Installer. Pada bab Scripts klik Wordpress. 
  • Anda kemudian bakal dibawa ke halaman Softaculous. Pada bab ini, gosip ihwal wordpress bakal diberikan. Biasanya bakal muncul wordpress versi terbaru. Kemudian klik Install bila sudah yakin dengan pilihan ini. 
  • Setelah itu bakal muncul halaman baru. Pada bab ini ada beberapa hal yang harus di perhatikan. 


Pertama : Dibagian Software Setup, bila gres pertama kali melaksanakan penginstalan silahkan hapus goresan pena WP di bab in Directory. Lihat gambar diatas yang berwarna merah.
Kedua : Pada bab Site Setting, silahkan isi site name dan site desciption. Bagian ini bekerjsama sanggup diubah dilain waktu.
Ketiga : Pada bab Admin Account. Hal ini harus benar-benar diperhatikan. Buat admin username Anda dan passwordnya dengan teliti dan sulit. Usahakan goresan pena dibawahnya berwarna hijau, Jika perlu skornya hingga 100.
Keempat : Pada bab Choose Language, silahkan pilih bahasan yang ingin Anda gunakan.
Kelima : Jika ingin eksklusif menentukan thema, sanggup dibagian ini, namun juga sanggup dilain kesempatan. Setelah itu, jangan lupa mengisi email di bab email installation details di bab bawah. Nantinya, detail penginstalan bakal dikirim ke email tersebut.
Tarakhir, klik Instal.
  • Jika berhasil bakal muncul halaman dengan goresan pena ibarat Congratulations, the software was installed successfully. Itu Maknanya, Anda berhasil mengintal Wordpress di website Anda. Dan situs yang sebelumnya bertuliskan underconstruktion telah muncul dengan tampilan dasar Wodrpress. 
Bagaimana, gampang bukan!

Untuk lebih lengkapnya, baca Penjelasan Dasar WordPress untuk Pemula 

Selanjutnya, untuk mengakses halaman admin dashboard situs Anda, sisa mengetikan alamat domain di browser seraya menambahkan parameter berikut di belakang alamat domain: /wp-admin. Contoh: http://domain.com/wp-admin

(Baca: Caranya Membeli Domain dan Hosting Yang Bagus)

Untuk tahap ini, cukup sekian. Jika masih ada yang perlu ditanyakan, jangan sungkan untuk berkomentar dibawah ini.

Salam Blogger dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi

0 Response to "Caranya Menginstal Wordpress Di Cpanel Terbaru"

Post a Comment