Melihat Potensi Blog Anda 10 Tahun Kemudian


Bisa jadi Arianna Huffington tidak membayangkan apa yang bakal terjadi dengan blognya 10 tahun kemudian, dikala ia pertama kali meluncurkan The Huffington Post (http://www.huffingtonpost.com/) pada 9 Mei 2005.

Blog yang awalnya berisi dongeng dari trik pandang Arianna melihat banyak sekali hal di Amerika itu menjadi besar dan tak terbendung. Banyak yang menyukainya dan membuat AOL mengakuisisinya pada tanggal 7 Februari 2011.

Tidak main-main, Huffington Post mencatat nilai akuisisi sebesar US$315 juta. Nilai yang terbilang besar untuk sebuat laman online. Tapi, kemudian penghasilan Huffingtong Post jauh lebih besar dikala ini.

Mungkin kisah Arianna terlalu jauh ke Amerika, di Indonesia juga banyak kisah sukses blog yang kesudahannya bernilai ratusan miliar.

(Baca Juga: Ini 10 Bloggers Murni Berpenghasilan Terbesar di Dunia)

Jika dinilai terlalu naif untuk menyampaikan Detik dan KapanLagi.com yakni blog yang kesudahannya bermetamorfosis media mainstream, maka agarlah naif, sebab intinya memang demikian.

Hampir semua orang tahu gimana Chairul Tanjung membeli Detik dari tangan Budiono Darsono di tahun 2011 seharga Rp540 miliar. Lima tahun kemudian, satu lagi penjualan fantastis yang terjadi di Indonesia.

KapanLagi Network dijual kesalah satu pengusaha asal Singapura dengan harga jauh diatas penjualan Detik. Meski lebih besar dari penjualan Detik, namun nilai saham yang dijual tidak sepenuhnya.

KapanLagi Network atau yang biasa disingkat KPN punya banyak blog, sebut saja, Merdeka.com, Vemale, Bola.net, Brilio dan lain-lainnya. Tidak heran Jika penjualan KPN sangat besar dan bikin ngiler.

(Baca Juga: Kisah Kuli Panggul Digaji $1.000 Per Bulan oleh Google)

Beberapa teladan diatas yakni blog yang berhasil dijual oleh pemiliknya dengan harga super fantastik. Blogger Indonesia juga mengenal nama Hanifa Ambadar, pendiri sekaligus pengelola blog Female Daily.

Female Daily awalnya hanya berisi tulisan-tulisan Hanifa dengan dua rekannya soal kosmetik dan trik menggunakannya. Banyak hal soal kosmetik yang kemudian mereka bahas, hingga kesudahannya banyak yang membaca dan dikala ini menjadi lembaga diskusi perempuan-perempuan Indonesia.

Soal penghasilan, tak perlu diragukan, yakin dan percaya, sudah sangat besar. Blog ini dikunjungi oleh jutaan wanita setiap bulannya, yang Maknanya produk apapun yang dipromosikan, apalagi ada kaitannya dengan kosmetik bakal mendapat banyak perhatian di daerah ini.

Mereka-mereka semua hanyalah teladan kecil dari seberapa besar potensi yang ada di dunia blog. Namun untuk mencapai hasil yang maksimal dalam sebuah blog, tidak semudah membalik telapak tangan.

(Baca Juga: 7 Anak Muda Yang Kaya Raya dari Berinovasi di Internet)

Ingat Detik yang harus menunggu 10 tahun untuk kesudahannya dilirik oleh pengusaha media di Indonesia, begitu juga KPN dan The Huffington Post. Mereka dengan konsisten berbagi blognya hingga kesudahannya layak dijual.

10 Tahun Kemudian

Saya sendiri belum bisa membayangkan bakal menyerupai apa Blogooblok 10 tahun kemudian. Akankah besar menyerupai dambaan semua orang atau sama saja dikala ini.

Jika harus diminta memikirkan masa depan blog ini nantinya, saya hanya berdoa, blog ini tidak mengalami kemunduran yang kesudahannya menggiring kelubang kematian.

Tapi mari kita menerawang, gimana masa depan blogger di Indonesia untuk 10 tahun kedepan. Saya berharap, Jika blog yang dikelola setrik personal untuk tidak membayangkan menyerupai pencapaian Detik atau KapanLagi dulu.

Jumlah blogger di Indonesia menurut data ASEAN Blogger Chapter Indonesia pada tahun 2011 sudah mencapai 5 juta orang. Angka ini naik signifikan Jika dibandingkan jumlah blogger di 2008 yang hanya 500 ribu orang.

(Baca Juga: Apa Yang Dilakukan Orang Indonesia di Internet?)

Tidak ada jumlah niscaya berapa blogger aktif di Indonesia di tahun 2016 ini. Namun, Jika melihat data Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) di 2015, kita bisa analisa berapa jumlah blogger aktif di Indonesia.

Jumlah pengakses internet di 2015 mencapai 88 juta dari 254 juta penduduk Indonesia. Jumlah orang yang mengakses blog pribadi, web langsung dan lembaga Jika ditotal sebanyak 8,3 persen.

Melihat karakteristiknya, bisa dipastikan mereka yakni blogger aktif. Itu Maknanya ada sekitar 7,3 juta orang blogger aktif di Indonesia. Hampir setiap blogger punya lebih dari satu blog. Makara bisa dibayangkan ada banyak skali blog yang tercipta.

Tapi apakah jutaan blog itu besar? 

Sayangnya tidak demikian. Meski banyak yang punya blog namun, tidak sedikit yang hanya menjadi sampah di dunia maya. Itu karna, menganggap blog bukanlah sebuah investasi jangka panjang.

Penyakit blogger Indonesia yakni ingin cepat mendapat uang dari blog. Padahal hingga menangis darah pun, blog yang gres dibentuk satu hari tidak bakal menghasilkan apa-apa.

Jika sudah bitrik soal pelakunya, mari melihat seberapa besar potensi blog di Indonesia.

Masih dari data APJII. Sebanyak 68,7 persen pengguna internet di Indonesia Menggunakan teknologi ini untuk mencari informasi. Hanya 59,8 persen yang ke internet mencari berita. Itu Maknanya ada 60 juta orang yang menjadi pasar potensial satu blog.

1 persen saja dari total pembaca untuk blog Anda, maka bakal dihasilkan jumlah yang fantastik yakni sebesar 604.560 orang. Jika itu konsisten per hari, maka tidak mustahil, blog yang Anda kelola bisa senilai Detik atau KapanLagi.

Bagaimana Caranyanya Blog Bisa Sukses di Kemudian Hari?

Bisa jadi, sebagian orang menganggap pembahasan diatas terlalu berlebihan. Apa iya, blog punya masa depan yang baik dan bisa menawarkan fassif income yang besar?.

Setrik nalar mungkin tidak, namun setrik nalar bisa jadi iya. Caranyanya sederhana, update blog Anda dengan konten yang bisa membantu banyak orang.

Tapi, updatenya tidak asal-asalan. Misalnya satu bulan dikala awal pembuatan aktif di update, nanti 10 tahun kemudian gres kembali update lagi. Jika begini triknya jangan harap ada hasil dikemudian hari.

(Baca Juga: Wanita Ini Berpenghasilan Rp70 Miliar dari Blog Gratisan)

Ingat, yang paling penting disatu blog yakni trafiknya. Jika trafiknya tinggi, maka masa depan blog tersebut cukup menjanjikan. Sedangkan untuk mendapat trafik tinggi, harus ada konten yang menarik. Maka disitu kuncinya.

Jika kondisi blog Anda hari ini berpenghasilan 5 dollar perhari dengan perkiraan selalu naik 10 persen setiap bulannya, maka bayangkanlah 10 tahun kemudian bakal menyerupai apa blog Anda.

Blog yang cantik bakal selalu mendapat perhatian banyak investor. Makara jangan asal blog dan buat postingan semoga copy paste, Jika memang membayangkan masa depan yang bahagia.

Sekian dan Jangan Lupa tersenyum!
+Wisa Rahardi

0 Response to "Melihat Potensi Blog Anda 10 Tahun Kemudian"

Post a Comment