Selamat Hari Blogger Nasional


27 Oktober 2015 yaitu tahun ke delapan Hari Blogger Nasional dirayakan di seantero Indonesia. Hari ini menyerupai hari raya bagi para blogger. Dilini masa Twitter, hastag #HariBloggerNasional bahkan menempati trending topik paling atas dan semua pengguna twitter berkicau perihal blogger.

Hari Blogger Nasional ini pertama kali dicetuskan oleh Menteri Komunikasi dan informatika (Menkominfo) Muhammad Nuh pada 2007 silam. Kala itu, 500-an blogger dari seluruh Indonesia berkumpul untuk ngopi darat di Blitz Megaplex, Grand Indonesia tepatnya Sabtu 27 Oktober 2007.

Tanpa ada yang menduga sebelumnya, Mohammad Nuh yang hadir memperlihatkan pembukaan setrik impulsif mengukuhkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Sejak dikala itulah Hari Blogger Nasional terus diperingati setiap tanggal 27 Oktober.


Pesta Blogger tiap tahunnya rutin diperingati, sampai pada 2011 atrik ini berubah naman menjadi On|Off yang konsepnya juga berubah. Alhasil, atrik itu sempat off selama dua tahun. Barulah di 2014 lalu, atrik Blogger Camp kembali dicetuskan dan sekarang telah memasuki tahun kedua.

Blogger Camp 2015 kali ini dihelat pada 26 dan 27 Oktober, serentak dilakukan di empat kota bersama hampir 300 blogger paling berpengaruh. Keempat kota itu yakni Jakarta, Surabaya, Purwakarta dan Makassar. Khusus untuk di Makassar, atrik dilakukan di Kabupaten Takalar.

Selain diperingati sebagai ajang mengembangkan pengalaman sesama blogger, Hari Blogger Nasional juga punya pesan etika semoga kian banyak blogger-blogger handal dan kuat muncul. Di negara-negara berkembang, blogger yaitu Keliru satu pekerjaan yang menjanjikan dan terhormat. Hal inilah yang juga ingin didorong oleh blogger Indonesia.

Dalam sebuah kesempatan, pernah ada yang bertanya kepada saya perihal apakah blogger itu hanya blogspot?. Tentu saja jawabannya tidak. Karena blogger itu yaitu sebutan buat mereka yang mengelola web blog, tidak peduli jenis blog yang dia kelola yaitu blogspot, Wordpress, Drupal atau Tumblr.

(Baca: Apa Itu Blog?)

Dalam memperingati Hari Blogger Nasional juga sama. Perayaan ini bukan hanya ditujukan kepada blogger yang Menggunakan blogspot, tapi kepada semua blogger yang mengelola web blog. Makara tidak perlu lagi ada istilah hanya pengguna blogspot yang merayakan hari blogger.

Terlepas dari apakah peringatan Hari Blogger Nasional ini hanya sebagai simbolik, Blogooblok berharap peringatan kali ini dapat membawa perubahan trik pandang para blogger Indonesia. Agar dapat lebih peka terhadap konten yang baik dan mendidik, bukan sekedar sensasional yang malah memperkeruh keadaan.

Membawa perubahan bakal jauh lebih penting daripada membangun perismisme.

Perayaan ke delapan Hari Blogger Nasional ini juga dibutuhkan lahir lebih banyak blogger di Indonesia yang berkualitas. Apalagi pengguna internet di Indonesia setiap harinya mengalami peningkatan cukup signifikan. APJII memprediksi pengguna internet di Indonesia tahun ini tumbuh 50 persen dari total 88,1 juta pengguna aktif di Januari 2015.

(Baca: Apa Yang Orang Indonesia Cari di Internet?)

Akhir kata, Blogooblok hanya ingin mengucapkan Selamat Hari Blogger Nasional yang ke delapan. Semoga kedepannya, blogger bakal lebih berjaya di negaranya sendiri. Postingan ini sekaligus didedikasikan untuk perayaan Hari Blogger Nasional Hari Ini. Mana perayaanmu? :)

0 Response to "Selamat Hari Blogger Nasional"

Post a Comment