8 Hal Yang Wajib Dikerjakan Semoga Blog Cepat Terkenal

Menjadi seorang blogger yang terkenal yaitu dambaan semua orang. Blog yang dikelola dapat dikerumuni oleh orang-orang dalam satu waktu dengan jumlah yang besar, siapa yang tidak mau? Blogooblok tentu saja orang yang paling pertama mengacukan tangan bila ditanya hal mirip itu.

Walau menjadi harapan semua orang, tidak semua blogger ternyara dapat meraihnya. Hanya blogger-blogger tertentu saja yang dapat menikmati buah dari kepopuleran tersebut. Lalu, beberapa orang bertanya, apa yang dilakukan blogger-blogger keren itu sehingga terkenal dan selalu dikerumuni pengunjung.


Mungkin diantara teman-teman blogger masih ada yang yakin Jika istilah "Content Is The King" yaitu yang utama. Itu memang tidak Keliru, tapi, mirip satu kerajaan, King atau Raja saja tidak cukup, harus ada Queen atau Ratunya, maka jargon "Distribution Is The Queen" pun sangat relevan dengan situasi kekinian.



Di jaman serba sosial media dikala ini, orang-orang dengan niat khusus saja yang bakal mengunjungi blog kita Jika tidak didistribusikan dengan baik. Jadi, tidak cukup hanya upload goresan pena di blog kemudian menunggu ada pengunjung kesasar. Saatnya, informasi itu kita distribusikan dengan baik, Agar orang-orang dapat datang.

Apalagi Jika blog yang dikelola menganut konsep Yang Biasa yang sudah banyak ditekuni blogger-blogger lainnya. Itu butuh kerjaan luar biasa Agar dapat cepat terkenal. Nah, kali ini Blogooblok bakal memberi sedikit masukan Agar blog yang kita kelola dapat cepat melejit, utamanya di content delivery. Apa saja yang harus dilakukan, disimak yah:

1. Delivery atau Distribusi
Karena data menawarkan pengguna sosial media di Indonesia sangat besar, maka hal pertama yang harus dilakukan yaitu konsentrasi pendistribusian konten di sosial media. Facebook dengan jumlah pengguna terbesar harus menjadi prioritas utama. Saat sudah mengupdate blog, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mengsharenya.

Intinya, blog yang terkenal bakal selalu berada dimana-mana dan simpel ditemukan oleh pembaca. Selain harus memiliki tampilan yang user friendly, layanan yang disediakan juga membuat nyaman pengunjung. Satu hal yang dihentikan disepelekan dalam delivery konten yaitu mengukuti demam isu yang digunakan oleh pengakses. Blogger yang baik bakal mempelajarinya setrik seksama.

(Baca: Share Otomatis Postingan Blog ke Twitter Via FeedBurner)

2. Berebut Pasar
Seperti yang dikatakan sebelumnya, dikala ini jamannya informasi yang menghampiri pembaca. Bukanlagi pembaca yang setengah mati mencari informasi. Olehnya itu, hal yang harus dilakukan yaitu berebut pasar. Keliru satu trik merebut pasar yaitu dengan melaksanakan promosi. Bisa promosi berbayar dapat juga gratisan.

Tentu ada hal yang harus dikorbankan, tapi hal ini penting Agar pengunjung blog tetap terjaga dengan baik. Selain dapat Menggunakan Facebook untuk merebut pasar potensial, blogger juga dapat Menggunakan alternatif lain mirip lembaga atau Menggunakan media agregator, mirip Vlog dan lain-lainnya. Intinya, berebut pasar berMakna mencari pembaca.

(Baca: Caranya Share Postingan Otomatis Kebanyak Sosial Media)

3. Buat Konten Yang Berbeda
Menjadi unik dan lain dari yang lain tidak selalu bernilai jelek bila di dunia maya. Malah sebaliknya, bakal menjadi sesuatu yang menjanjikan. Olehnya itu, seorang blogger bila ingin cepat terkenal juga harus membuat konten yang unik dan berbeda dengan blogger lainnya. Bisa saja, tema yang diangkat sama tapi trik penyajiannya jauh berbeda. Seperti Blogooblok ini. :)

Setelah membuat konten yang berbeda, maka ujung-ujungnya nilai konten yang dibentuk tersebut bakal menjadi penting kemudian bakal dinilai menarik. Semakin usang membuat konten berbeda, maka jumlahnya juga bakal bertambah banyak, semakin pula trafik yang bakal kita peroleh, alasannya orang-orang hanya bakal tiba terus menerus ke blog yang kita kelola.

(Baca: Ini Penghasilan 15 Media Online Terbesar di Indonesia)

4. Membuat Target Pembaca
Jika yang satu ini, saya rasa semua blogger sudah mengetahuinya. Sebelum sebuah blog dibentuk dan dikembangkan, hal pertama yang harus dilakukan yaitu menarget siapa yang bakal menjadi pembaca utamanya. Dalam dunia blog, hal ini biasa disebut pula blog niche.

Kita harus dapat mengklasifikasi, siapa pembaca kita nantinya, sasarannya lokal, nasional atau setrik global. Begitu pula gosip apa yang bakal diusung dalam blog tersebut. Hal ini bakal membuat pembaca lebih cepat mengerti dan menemukan blog kita alasannya sudah ditata dengan baik.

(Baca: 10 Layanan Google Yang Wajib Bagi Seorang Blogger)

5. Mengoptimalkan Data Measure
Seorang blogger yang punya sasaran yang baik, tujuan yang terang bakal juga mengoptimalkan tingkat analisa data. Data-data apa saja yang penting buat seorang blogger. Tentu saja data Google Analytics, Alexa, Comscore dan Effective Measure lainnya bakal menjadi penting.

Dengan mengukur data-data yang dihasilkan kemudian mengoptimalkannya, kita dapat melihat hal lain yang mungkin selama ini tidak kita maksimalkan. Misalnya, ternyata dari data tersebut jumlah pembaca kita di versi mobile terbilang tinggi, tapi blog yang kita kelola tidak responsive atau malah tidak punya versi mobile. Ini dapat bahaya buat blog kita.

(Baca: 10 Kriteria Blog Yang Paling Disukai Google)

6. Jadilah Pemimpin
Berani tampil beda, tentu yaitu pilihan yang sulit, alasannya harus membangun sesuatu yang belum tentu diterima oleh orang-orang. Namun, bila sukses dengan jalan tersebut, itu bakal menggiring kita menjadi seorang leader atau pemimpin di segmen yang kita ciptakan.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam hal ini yaitu berani mencoba dan kreatif. Kadang pula Menggunakan teladan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) sekalik-kali. Yang tidak kalah pentingnya pula yaitu Menggunakan kampanye online sekaligus offline Agar lebih maksimal.

(Baca: 5 Fakta Bisnis Online Yang Harus Anda Ketahui)

7. Jangan Berpikir Semua Bisa Dikerjakan Sendiri
Semakin besar satu blog maka tantangannya juga semakin berat. Jika blog yang kita kelola masih menampung pengunjung dibawah 10.000 orang dalam sehari, mungkin masih dapat dikerjakan sendiri. Tapi gimana bila jumlahnya sudah diatas itu, apalagi mencapai jutaan. Tentu melakukannya sendiri bakal terasa berat.

Maka tidak heran Jika ada satu blog yang sudah punya nama, juga telah memiliki beberapa tim. Hal ini alasannya untuk membuat satu blog cepat melejit tidak bakal simpel dilakukan bila hanya sendiri. Bentuklah tim dan buat mereka mengerjakan semuanya setrik bersama-sama.

(Baca: 5 Alasan Mengapa Blogger Kadang Malas Ngebog)

8. Shareable
Hal ini mungkin yang paling berat dilakukan oleh seorang blogger. Karena tidak semua konten yang dibentuk dapat shareable atau punya daya tarik untuk dishare orang-orang. Blogooblok sendiri, dari sekian ratusan Maknakel yang telah dibuat, dapat dihitung jari beberapa Maknakel yang benar-benar shareable.

Mengapa seorang blogger harus memikirkan konten yang shareable? alasannya Maknakel yang shareable bakal membantu blog kita mendapat trafik yang tinggi. Biasanya Maknakel shareable, bakal menjadi viral disosial media. Membuat Maknakel semacam ini memang susah-susah gampang, lebih simpel membuat Maknakel yang clickable.

(Baca: Enam Jenis Blog Yang Harus Anda Ketahui)

Nah.. itulah, 8 hal yang wajib dilakukan seorang blogger Jika mau blognya cepat terkenal. Memang, tidak mesti melaksanakan semuanya sekaligus, tapi bila hal itu dapat dilakukan bakal jauh lebih baik. Jika teman-teman punya hal lain yang dapat dishare, silahkan bercuap-cuap dikolom komentar.

Salam Blogger dan Jangan Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi


0 Response to "8 Hal Yang Wajib Dikerjakan Semoga Blog Cepat Terkenal"

Post a Comment