Caranya Membuat Laporan Google Analytics Jadi Pdf

Untuk banyak sekali alasan, kadang-kadang laporan Google Analytics diharapkan dalam banyak sekali bentuk. Keliru satu format yang paling sering digunakan ialah Portable Document Format (PDF).

Laporan PDF dari Google Analytics ini bisa dipergunakan untuk banyak sekali hal. Keliru satunya yang dilakukan Blogooblok di laman Report. Dimana saya menyediakan data trafik perbulan untuk blog ini dalam bentuk PDF.

(Baca Juga: Mengenal Fitur dan Kontrol Utama Google Analytics)

Data-data itu diambil pribadi dari Google Analytics yang dikonversi dalam bentuk PDF. Tapi jangan berpikir bahwa data dalam format PDF itu diambil melalui screenshot kemudian dibentuk ke versi PDF.

Data-data itu dikonversi pribadi dari Google Analytics kedalam bentuk PDF melalui aplikasi yang disediakan. Ada banyak format yang tersedia namun hanya PDF yang paling optimal penggunaanya.

Berikut Blogooblok goresan pena trik gampang membuatnya:

  • Pertama-tama tentu saja login ke akun Google Analytics Anda. Lalu pilih report yang ingin dibentuk dalam bentuk PDF. Yang paling umum ialah data-data Audience. Klik Overview untuk melihat data 28 hari terakhir. Soal waktu ini bisa diubah dengan menentukan tanggal di pojok kanan atas. 
  • Setelah yakin dengan data yang bakal dibentuk PDF-nya, selanjutnya, klik Export dan pilih PDF. Google bakal memproses ajakan itu dan bakal mendownloadnya setrik otomatis. 
  • Laporan tersebut bakal di donwload ke komputer Anda. Praktis bukan!. 

Makara sekali lagi, membuat laporan Google Analytics dalam bentuk PDF tidak dibentuk melalui screenshot, tapi dikonversi pribadi dari dalam. Pertanyaan kemudian, gimana data ini bisa dilihat lebih banyak orang.

Untuk yang satu ini, kita gunakan Google Drive. Silahkan login ke Google Drive Anda dan upload laporan tadi. Lebih jelasnya silahkan baca: Mengaktifkan Google Drive di Browser dan Desktop.

Setelah mengupload filenya. Silahkan klik file tersebut sampai terbuka. Dibagian atas klik Share (yang icon orang dengan tanpa plus).



Saat terbuka tampilannya bakal menyerupai gambar dibawah ini. Form tersebut khusus untuk mengirimkan laporan itu ke email. Anda bisa mengirim laporan ini pribadi dengan ketentuan tidak bisa diedit. Anda bisa memasukkan lebih banyak email dalam form ini.



Selain itu, kita juga bisa mengambil linknya saja dan disebar. Masih pada form tersebut, klik goresan pena Get Shareable Link yang ada di pojok kanan. Maka tampilannya bakal menyerupai berikut ini.



Untuk bisa dilihat semua orang, pastikan goresan pena di Anyone with the link bertulisakan can view. Setelah itu silahkan copy linknya dan sebar dimana pun Anda ingin tempatkan. Seperti di Blogooblok, link inilah yang digunakan di halapan Report.

Praktis bukan!.
Semoga bermanfaat dan Jalang Lupa Bahagia!
+Wisa Rahardi 

0 Response to "Caranya Membuat Laporan Google Analytics Jadi Pdf"

Post a Comment