Cara Ampuh Meredakan Sakit Tenggorokan

Cara Ampuh Meredakan Sakit Tenggorokan - Anda mungkin pernah mengalami sakit tenggorokan. Penyakit yang sering menggangu aktifitas kita sehari-hari. Tanda-tandanya, tenggorokan biasanya terasa sangat gatal, serak dan terasa nyeri jikalau menelan makanan. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, mulai dari virus, alergi, batuk, bakteri, hingga merokok.

 Anda mungkin pernah mengalami sakit tenggorokan Cara Ampuh Meredakan Sakit Tenggorokan
Sumber Gambar : Internet - Flickr.com

Terlepas dari penyebab tersebut, perhatian anda mungkin sudah tertuju pada bagaimana mengatasi nyeri tenggorokan. Anda mungkin sudah terbiasa ke dokter untuk mengobati sakit tenggorokan, namun tidak ada salahnya sebelum ke dokter, simak beberapa tips berikut mengenai cara yang bisa anda lakukan sendiri untuk mengatasi tenggorokan yang sakit.

# 1. Minum Teh.

Bosan minum air putih melulu? secangkir teh herbal hangat sanggup mengatakan imbas yang menenangkan ketika anda sedang sakit tenggorokan. Teh non-herbal, dibentuk dari daun warna hitam, hijau, ataupun putih juga sanggup menangkal infeksi dan memperkuat daya tahan badan alasannya mengandung antioksidan. Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh madu pada secangkir teh anda, alasannya madu mempunyai sifat antibakteri yang sanggup mempercepat kesembuhan.

# 2. Makan Sup Ayam.

Selain membantu kesembuhan pilek, sup ayam juga sanggup mengurangi sakit tenggorokan. Natrium dari Kaldu sup ayam mempunyai sifat anti-inflamasi yang sanggup membantu proses kesembuhan radang tenggorokan. Dikarenakan rasa nyeri yang mendera ketika menelan makanan, sup ayam merupakan kuliner yang sempurna untuk dikonsumsi alasannya sifatnya yang cair, yang sanggup membantu anda untuk menelan kuliner dengan mudah. Selain itu, sup ayam kaya akan nutrisi yang sanggup melawan penyakit.

# 3. Minum Obat Batuk Sirup.

Obat batuk sirup yang biasa anda konsumsi ketika sedang batuk ternyata juga bisa anda terapkan pada sakit tenggorokan anda. Obat batuk sirup sanggup mengurangi nyeri di tenggorokan untuk sementara waktu, namun demikian cukup efektif untuk mengusir ketidaknyamanan di tenggorokan. Dosisnya juga bisa anda samakan pada ketika anda sedang batuk. Jika anda sedang bekerja, pilihlah obat batuk sirup yang tidak menyebabkan kantuk.

# 4. Perbanyak Konsumsi Cairan.

Perbanyaklah minum air putih atau cairan lainnya semoga anda tetap terhidrasi. Tetap terhidrasi sangatlah penting terutama pada ketika anda sedang sakit tenggorokan. Tubuh anda harus cukup cairan semoga urin tetap dalam kondisi baik. Hal ini menjaga selaput lendir tetap lembab, dan sanggup memerangi basil ataupun iritasi menyerupai alergen, serta menciptakan badan anda lebih bisa dalam melawan tanda-tanda flu. Anda boleh minum selain air putih, jikalau ingin sesuatu yang manis, cobalah jus buah yang encer.

# 5. Makan Permen Pelega Tenggorokan.

Makanlah beberapa permen pelega tenggorokan dalam sehari. Makan permen pelega tenggorokan akan merangsang produksi air liur yang sanggup menjaga tenggorokan anda tetap lembab. Permen pelega tenggorokan beda dengan permen-permen yang biasa dijumpai. Permen pelega tenggorokan mempunyai bahan-bahan antibakteri dan yang lebih penting sanggup mengurangi rasa nyeri tenggorokan. Berbagai macam merek pelega tenggorokan sudah bisa anda temukan dengan gampang di apotek hingga swalayan.

# 6. Berkumur Dengan Air Garam Hangat.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa berkumur beberapa kali sehari dengan air garam hangat sanggup mengurangi pembengkakan di tenggorokan, menghilangkan lendir dan mengurangi iritasi atau bakteri. Dokter umumnya merekomendasikan untuk melarutkan setengah sendok teh garam pada secangkir air hangat.

Bersambung ke potongan : Sejuta Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meredakan sakit tenggorokan. Namun demikian, jikalau sakit tenggorokan anda dirasa sudah parah dan tidak kunjung sembuh, segeralah konsultasi ke dokter semoga mendapat penanganan yang tepat. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada sahabat netter yang lain bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah artikel. Tetap stand by di NetterKu.com dan hingga ketemu di lain waktu, Thanks!

0 Response to "Cara Ampuh Meredakan Sakit Tenggorokan"

Post a Comment