Mengenal Dan Memahami Tipe Kepribadian Koleris

Mengenal dan Memahami Tipe Kepribadian Koleris - Semua orang yang ada di dunia ini mempunyai ciri khasnya masing-masing. Ada yang cepat marah, keras kepala, dan banyak sekali sifat huruf yang diturunkan kepada setiap manusia. Kalau kita teliti satu-persatu akan terasa sangat sulit untuk memilih orang itu mempunyai tipe pribadi yang mana.

Namun, disamping kesulitan tersebut ternyata masih ada orang yang sanggup mengerti cara membaca pola kepribadian seseorang. Seperti halnya dengan orang dengan tipe Koleris yang dikenal sebagai orang yang keras, tegas dan sangat menuntut.

Orang koleris mempunyai energi yang besar untuk melaksanakan hal-hal yang sulit, mereka juga mempunyai dorongan dan keyakinan yang besar lengan berkuasa akan kemampuan diri mereka sendiri. Dengan perilaku yang pantang menyerah, tidak ada kata "Kegagalan" dalam kamus mereka. Bila mereka gagal, mereka akan terus mencoba dan mencoba lagi.

Dan siapun yang mencoba menghalangi niatnya untuk mencapai tujuan akan dianggap sebagai musuhnya. Mereka selalu percaya bahwa mereka dilahirkan untuk menjadi pemimpin. Dalam setiap kegiatan, orang koleris akan selalu tampil di depan dan menjadi pemimpin kelompok.

Ini merupakan dorongan alamiah bagi seorang koleris. Mereka yakni orang yang suka dan sangat tertantang untuk melaksanakan suatu kiprah besar. Mereka sangat suka menerima kiprah sebagai pemimpin dan pemegang suatu wewenang.

Selain mempunyai energi yang besar, mereka juga berpikir dengan cepat. Mereka cepat dalam mengambil keputusan. Orang koleris tidak bisa diam. Mereka selalu saja mencari suatu pekerjaan, kegiatan, atau proyek untuk dikerjakan. Berdiam diri bagi mereka yakni suatu tindakan yang sangat menyia-nyiakan waktu dan sangat bodoh.

Kekuatan ini menciptakan mereka bisa mengerjakan beberapa kiprah sekaligus dengan hasil yang sama baiknya. Lingkungan yang penuh dengan keterlibatan dan tantangan akan menjadi lingkungan yang sanggup mengasah kemampuan seorang koleris hingga tingkat yang optimal.

Selain berbakat sebagai pemimpin, orang koleris sangat dinamis dan aktif serta sangat membutuhkan perubahan. Bila mereka melihat suatu kesalahan, maka walaupun tidak diminta, mereka niscaya merasa perlu ikut memperbaiki kesalahan itu.

Hal itu disebabkan oleh rasa tanggung jawab mereka, meskipun belum tentu orang yang melaksanakan kesalahan itu bahagia dengan koreksi yang dilakukan oleh orang koleris. Jumlah orang koleris dalam masyarakat tidak terlalu banyak, hanya sekitar 10 % dari total populasi.

Orang koleris mempunyai kebutuhan fundamental berupa tantangan, pilihan dan pengendalian. Mereka akan sangat termotivasi untuk melaksanakan sesuatu bila ketiga komponen ini terpenuhi. Dalam pekerjaan, orang koleris selalu berorientasi pada sasaran yang harus dicapai. Bila menghadapi masalah, maka mereka akan selalu mencari pemecahan yang praktis.

Yang penting bagi mereka yakni hasil akhir. Tidak peduli bagaimana caranya, yang penting sasaran bisa tercapai. Mereka juga tidak suka pada orang yang kerjanya lamban atau berbicara tidak eksklusif ke sasaran. Bagi mereka ini yakni hal yang terbelakang dan pemborosan bagi waktu mereka yang berharga.

Sebagai orang tua, orang koleris merupakan pola pemimpin yang besar lengan berkuasa dan mandiri. Mereka biasanya tahu balasan yang benar dari suatu pertanyaan dan cendekia mengatur rumah tangga. Dalam bertindak selalu memastikan bahwa mereka niscaya benar atau menang.

Bila harus melaksanakan perdebatan, mereka niscaya akan menyiapkan diri dengan baik. Persiapan diri ini penting semoga mereka bisa memenangi perdebatan atau diskusi yang akan mereka lakukan.

Keyakinan diri dan kekuatan yang dimiliki oleh orang koleris menciptakan mereka unggul dalam keadaan dadurat yang membutuhkan kecepatan berpikir dalam mengambil keputusan. Kemampuan alami orang koleris ini menciptakan mereka bisa menuntaskan sendiri hampir semua persoalan sehingga mereka jarang membutuhkan dukungan orang lain.

Mereka juga jarang atau hampir tidak pernah menangis. Mereka juga jarang menawarkan perhatian yang hangat. Mereka memperlihatkan rasa sayang dan perhatiannya dalam bentuk membeli atau menghasilkan "sesuatu" bagi orang yang mereka cintai.

# 1. Kekuatan Pribadi Koleris.

Orang koleris selain mempunyai harapan yang sangat kuat, juga cenderung sangat yakin pada kemampuan diri mereka sendiri serta sangat mandiri. Mereka tidak suka diperintah oleh orang lain, tetapi suka menawarkan perintah. Jika mereka menjadi pemimpin, mereka paling tidak suka orang yang plinplan, banyak bicara, tetapi tidak produktif.

# 2. Kelemahan Pribadi Koleris.

Sebenarnya kelemahannya tidak ada, yang ada yakni kekuatan yang dipakai secara berlebihan. Keinginan mereka untuk menjadi nomor satu yakni hal yang alami bagi mereka. Ini tidak berarti bahwa mereka egois, tetapi ini lebih disebabkan oleh dorongan perasaan bahwa jikalau mereka sudah menerima posisi atau keadaan yang baik, maka mereka akan sanggup membantu orang lain dengan lebih baik.

Mereka juga sering terlihat gembira dan memperlihatkan kekuasaan atau superioritasnya. Sekali lagi, sebenarnya, mereka tidak bermaksud untuk demikian, tetapi ini disebabkan mereka ingin lebih memperlihatkan kepercayaan dirinya. Mereka terkadang kurang bijaksana dalam menanggapi sesuatu.

Dalam bertindak, mereka seringkali menjadi sangat murka terhadap hal-hal kecil atau tindakan yang mereka anggap bodoh. Dan jikalau sudah marah, mereka bisa sangat bergairah dalam berbicara. Mereka sanggup menghancurkan Anda hanya dengan memakai kata-kata.

Walaupun orang koleris penuh temperamen, gampang marah, mereka juga gampang memaafkan orang lain. Mereka juga bisa dengan gampang melupakan kemarahannya. Sering terjadi, sementara orang di sekitarnya masih galau dengan apa yang terjadi, orang koleris sudah lupa apa yang tadi membuatnya marah.

Hal yang disukai dan yang tidak disukai dari setiap kepribadian sangatlah berbeda. Berikut ini beberapa kesukaan orang koleris.
  • Saya suka memikirkan perihal masa depan.
  • Saya suka wangsit baru.
  • Saya suka tantangan.
  • Saya suka acara yang banyak perubahan.
  • Saya suka projek yang membuahkan hasil.
  • Saya suka menjadi bos atas diri saya sendiri.
  • Saya suka segala sesuatu dikerjakan dengan cepat.
  • Saya tidak suka dikendalikan orang lain.
  • Saya tidak suka hal bertele-tele atau terlalu detail.
  • Saya suka hasil kerja saya menerima penilaian.
Itulah ulasan detail mengenai orang yang pribadinya koleris. Setelah selesai membaca isu tersebut, apakah anda sudah bisa menyimpulkan sendiri anda berada di tipe mana? Selain ini, masih ada lagi tipelain, Anda bisa melihatnya di artikel lawas yang sudah saya bagikan.

Sekian dulu kutipan informasi yang sanggup saya bagikan hari ini, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada sobat netter yang lain bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah artikel dengan menyantumkan link URL blog ini sebagai sumber. Tetap stand by di NetterKu.com dan hingga ketemu di lain waktu. Mauliate, Horasss!!!

0 Response to "Mengenal Dan Memahami Tipe Kepribadian Koleris"

Post a Comment