Ulu Camii Masjid Istimewa Kota Bursa

Ulu Camii Masjid spesial Kota Bursa


Sebagai ibukota pertama Turki Usmani, Bursa ialah kota penting dalam sejarah negeri ini. Di sini pula Osman Gazi, sang pendiri Dinasti Usmaniyyah dimakamkan. Ulu Camii, tak hanya menjadi masjid terbesar di kota ini, namun juga Keliru satu yg terindah.

Sejarah Ulu Camii Masjid


 ialah kota penting dalam sejarah negeri ini Ulu Camii Masjid spesial Kota Bursa
Ulu Camii Masjid spesial Kota Bursa

Ulu Camii dibangun atas perintah Sultan Yildirim Bayezid (Bayezid I). Sang Sultan pernah bersumpah, Jika memenangkan Perang Nicopolis melawan pasukan Raja Sigismund dari Hungaria, bakal membangun 20 masjid. setelah kemenangan dicapai pada tahun 1396, para penasihatnya menyarankan untuk membangun satu masjid besar saja.

Namun dengan 20 kubah sama besar. Tak ada kubah terbesar ibarat masjid-masjid Turki masa setelahnya. Dua belas pilar berpengaruh berbentuk segi empat dan dihubungkan dengan lengkungan runcing mengingatkan bakal warisan arsitektur Seljuk. Ari Neccar mendesain dan membangun masjid ini mulai tahun 1396. Selesai sekitar pada tahun 1399.

 ialah kota penting dalam sejarah negeri ini Ulu Camii Masjid spesial Kota Bursa
Deretan Tempat Wudhu UluCamii Masjid

Jamik ini terletak di jantung kota Bursa, sekitar 100 km sebelah selatan Istanbul. Di sekitarnya ialah sentra belanja dan keramaian. Dari luar Ulu Camii terlihat ibarat konstruksi kerikil berbentuk persegi dan berwarna terang. Sebagian dindingnya tertutup keramik. Bagian luarnya punya pahatan lengkung dan punya jendela-jendela kecil. Ia dilengkapi dua menara. Pelatarannya sangat luas. Memiliki gugusan kawasan wudu bertempat duduk dari kerikil rendah. Sering dipakai orang untuk sekadar duduk-duduk.

Jika bab luar terlihat sederhana, interiornya sebaliknya. Luar biasa. Pintu masuknya ada tiga. Keliru satu menghadap bazaar, satu lagi ke arah pelataran dan taman kota. Masing-masing terbuat dari kayu dan kaca. Di trend cuek setiap dilapisi epilog berbahan kulit tebal. Para pengunjung membuka sepatu di depan pintu dan membawanya masuk ke dalam. Mereka meletakkannya di dalam rak-rak sepatu yg tersebar di bab dalam masjid. Atau memasukkan dalam tas plastik. Masjid ini terdiri dari satu lantai.

Mihrabnya konon Keliru satu yg termolek di dunia. Warna keemasan mendominasi, di bawah kaligrafi lengkung dipahat mengikuti lengkungan tersebut. Dihiasi lukisan bagai batik dan kaligrafi baik bab samping dan atasnya. Pahatan kayu coklat renta mimbarnya pun tak dapat dibilang biasa. Penuh pahatan halus bagai ukir-ukiran. Sekelilingnya dibatasi oleh beling tinggi.

keistimewaan Ulu Camii

Satu lagi keistimewaan Ulu Camii ialah seni kaligrafi yg menghiasi interior. Hampir keseluruhan dinding dan pilar jamik dipenuhi lukisan kaligrafi. Ada 192 karya para seniman Turki Utsmani populer di zaman tersebut. Menjadikannya sebagai Keliru satu referensi kaligrafi terbaik di dunia. Selain kaligrafi sebagian tembok tertutup lukisan unik. Di sekitar satu pintu masuk contohnya. Berlukis lipatan gorden di sekelilingnya.

Sementara kaligrafinya ada yg berada dalam dipigura. Atau dilukis dengan warna hitam di permukaan dinding. Pilar sebelah kanan atas menggambarkan sebuah kaligrafi awal Ayat Kursi. Ayat ini kemudian dilanjutkan ke pilar sebelah kiri, mengelilingi kawasan wudu di tengah masjid, kemudian berakhir di kawasan salat wanita. Para perempuan bersembahyang di bab belakang. Dibatasi oleh rak-rak sepatu. Sesekali kita jumpai sebagian perempuan salat atau mengaji di luar bab agak tertutup itu.

Tour Travel Ke Turki


Banyak atraksi dan obyek wisata menarik menanti Anda di kota Bursa Turki ini, jangan lewatkan mengunjungi kota unik ini Jika menghabiskan liburan di Turki. Hubungi ya untuk referensi perjalanan Anda ke Turki, Anda dapat juga lho mengambil Umroh Plus Turki dan Paket Wisata Turki dari .


Berikut Maknakel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^





Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs saya.

0 Response to "Ulu Camii Masjid Istimewa Kota Bursa"

Post a Comment