Keistimewaan Ibadah Di Masjid Quba Madinah

Keistimewaan Ibadah Di Masjid Quba Madinah


 Keistimewaan Ibadah Di Masjid Quba Madinah Keistimewaan Ibadah Di Masjid Quba Madinah
Masjid Quba

"....Sesungguhnya mesjid yg didirikan atas dasar takwa (Mesjid Quba), semenjak hari pertama yakni lebih patut kau sholat di dalamnya. Di dalamnya mesjid itu ada orang-orang yg ingin membersihkan diri. Dan bekerjsama Allah menyukai orang-orang yg bersih" (QS At Taubah: 108) 

Masjid Quba yakni masjid yg pertama kali dibangun dalam peradaban sejarah Islam pada tanggal 8 Rabiul Awal 1 Hijriah. Masjid ini terletak di luar kota madinah tepatnya sekitar 5 km sebelah tenggara Madinah. 

 Keistimewaan Ibadah Di Masjid Quba Madinah Keistimewaan Ibadah Di Masjid Quba Madinah
Bagian Dalam Masjid Quba

Masjid Quba yg ada Saat ini yakni tidak sama dengan mesjid quba pada Saat zaman Rasulullah saw, mesjid quba yg Saat ini berdiri yakni mesjid yg telah direnovasi dan diperluas pada masa Kerajaan Arab Saudi. Renovasi dan ekspansi ini menelan biaya sebesar 90 juta riyal dengan daya tampung hingga 20 ribu jamaah. Renovasi dilakukan pada tahun 1986. 

Zaman dahulu Saat dibangun, masjid ini berdiri diatas kebun qurma dengan luas 1200 meter persegi, dan Saat ini luas mesjid quba yakni sekitar 5.035 meter persegi. Saat ini masjid ini mempunyai 19 pintu dengan 3 pintu utama lokasi masuk para jamaah ke dalam masjid. 

Dua pintu diperuntukkan untuk masuk para jamaah laki-laki sedangkan satu pintu lainnya sebagai pintu masuk jamaah perempuan. Diseberang ruang utama mesjid, terdapat ruangan yg dijadikan lokasi berguru mengajar.

Sejarah Masjid Quba

Ammar Radhiyallahu 'anhu dan kedua orang tuanya telah banyak mengalami siksaan yg amat pedih demi agama. Mereka dibaringkan di padang pasir di bawah terik matahari Makkah yg panas sekali. Setiap Baginda Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam lewat di depannya, dia menasihati mereka, "Bersabarlah, wahai keluarga Yasir, komitmen Allah untuk kalian yakni surga".

Akhirnya, ayah Sayyidina 'Ammar Radhiyallahu fanhu yg berjulukan Yasir Radhiyallohu 'anhu wafat akhir penyiksaan itu. Para penzhalim tidak memagarkan dia hidup damai hingga ia wafat. lbu Sayyidina 'Ammar Radhiyallahu eanhu yg berjulukan Sumayyah Radhiyallahu 'anha, ditikam kemaluannya dengan tombak oleh Abu Jahal yg terkutuk, sehingga ia pun mati syahid. 

la tidak meninggalkan Islam walaupun mengalami banyak sekali penderitaan di Saat umurnya sudah bau tanah dan fisiknya sudah lemah. Walaupun begitu, Abu Jahal tidak menaruh belas kasihan kepadanya. Dialah orang yg pertama kali mati syahid dalam sejarah Islam.

Dalam sejarah Islam, masjid yg pertama yakni masjid Quba yg dibangun oleh Sayyidina 'Ammar Radhiyallahu lanhu. Saat Baginda Nabi Shaliallahu wasallam dalam perjalanan hijrah ke Madinah, di kampung Quba, Sayyidina 'Ammar Radhiyallahu 'anhu mengusulkan, untuk membangun lokasi berteduh bagi Baginda Nabi Shallailahu alaihi wasallam semoga sanggup beristirahat siang dan mendirikan shalat dengan tenang. Lalu, Sayyidina 'Ammar Radhiyallahu 'anhu mulai mengumpulkan batu-batu dan mendirikan masjid.

Rasulullah saw yakni yg pertama kali meletakkan kerikil sempurna di kiblatnya, Abu bakar kemudian tiba membawa kerikil dan meletakkannya. Dilanjutkan Umar yg meletakkan kerikil disamping kerikil bubuk bakar. setelah itu barulah kaum muslimin beramai ramai membangunnya. 

Al khathabi menginformasikan dari As syamusi binti an-numan, "Tatkala Rasulullah membangun Mesjid Quba, Sayyidina Ammar bin Auf tiba membawa kerikil yg diikatkan di perutnya kemudian meletakannya. Seorang laki-laki kemudian tiba hendak mengangkatnya, tetapi dia tidak kuat. Rasulullah pun menyuruh lelaki itu meninggalkannya dan mengambil kerikil yg lain.

Sayyidina 'Ammar Radhiyollahu anhu selalu menyertai setiap pertempuran dengan penuh semangat. Pernah ia dengan penuh suka cita berkata dalam suatu pertempuran, "Sebentar lagi bakal kujumpai kekasih-kekasihku, Baginda Nabi saw beserta jamaahnya". 

Kemudian ia merasa sangat haus. Ia meminta segelas air dari seseorang, namun orang itu menyodorkan kepadanya segelas susu. Ia meminumnya kemudian berkata, " Aku telah mendengar Rasulullah saw bersabda: 'yg terakhir kau minum di dunia ini yakni susu'. setelah berkata demikian, ia pun mati syahid. Ia meninggal dunia pada usia 94 tahun, dan ada lagi sebagian riwayat yg menyatakan dia meninggal dalam usia 92 tahun. 

Tunaikan ibadah di Masjid Quba pada bulan Ramadhan ini. Anda sanggup mengambil paket Umrah plus atau Umrah Backpacker dengan Cheria Wisata, selain itu terdapat juga paket Umrah Ramadhan untuk Anda dan keluarga. Hubungi kontak Cheria Wisata untuk gosip Paket Umroh Promo 2016 Cheria Wisata.

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs saya.


0 Response to "Keistimewaan Ibadah Di Masjid Quba Madinah"

Post a Comment