Sejarah Kota Canakkale Turki yg Siap Di Jelajahi

Sejarah Kota Canakkale Turki yg Siap Di Jelajahi


Kota yg berada di tepian selat dardanalles ini punya sejarah yg cukup penting bagi negara Turki. Tak jauh dari sana, sebuah peperangan yg menghilangkan ribuan nyawa antara tentara Turki dan Tentara Inggris pernah terjadi. Pertempuran yg lebih dikenal dengan pertempuran Gallipoli tersebut yakni sebuah pertempuran yg terjadi untuk memperebutkan selat dardanalles dan lokasi di sekitarnya yg menjadi penghubung antara bahari mati dan bahari marmara.

Sejarah Kota Canakkale


Dua bab daratan yg berada di rantang terdekatnya berjarak 1.2 KM dengan kedalaman 100 meter. Selat ini merupakan kunci untuk merebut Constantinople (Istanbul). Kapal-kapal perang yg sanggup melewati selat tersebut bakal dengan Mudah sanggup mengarahkan moncong senjatanya ke istana sultan yg berada di Constantinople untuk kemudian menguasai kesultanan ottoman.

Karenanya, Saat Perang Dunia I bergolak, angkatan bahari kerajaan Inggris sangat berhasrat untuk sanggup menguasainya. Di pihak lain, Letnan Kolonel Mustafa Kemal Attaturk yg memimpin tentara ottoman paham betul bahwa Jika Inggris menguasai dardanalles, berMakna kekalahan berada di depan mata.

Selat yg juga berarus cukup kencang itu memang telah menjadi sebuah lokasi yg strategis sejak beratus-ratus tahun yg lalu. Sebagai contoh, sebelum terjadi pertempuran Gallipoli, kawasannya sempat pula di perebutkan oleh suku Troya dan Acheans di masa yg silam.

 Sejarah Kota Canakkale Turki yg Siap Di Jelajahi Sejarah Kota Canakkale Turki yg Siap Di Jelajahi
Sejarah Kota Canakkale Turki yg Siap Di Jelajahi

Pengunjung yg tiba kesana juga sanggup menyaksikan benteng cimenlik dan kilitbahir yg di bangkit masing-masing di kedua seberang daratan yg terpisah oleh selat tersebut. Sebuah museum militer bernama Askeri Muzesi yg berada di bangunan benteng cimnelik juga pantas untuk di datangi. Dari ‘alun-alun’ kota canakkale sendiri, tempat tersebut sanggup di datangi hanya dengan berjalan kaki.

 Sejarah Kota Canakkale Turki yg Siap Di Jelajahi Sejarah Kota Canakkale Turki yg Siap Di Jelajahi
Benteng Kilitbahir

Bagi wisatawan dan para pelancong yg bakal berkunjung ke Canakkale dengan lokasi awal perjalanan kota Istanbul, idealnya di sarankan untuk menginap paling tidak 2 malam. Canakkale berada di bab asia-nya Turki. Perjalanan dari Istanbul ke Canakkale sendiri bakal memakan waktu 5 sampai 6 jam Jika menggunakan bis yg berangkat dari terminal bis buyuk ottogar di Istanbul. Sebelum mencapai Canakkale, bis tersebut bakal menyebrangi selat Dardanelles dengan menaiki kapal ferry.

Perjalanan menyebrangi selat tersebut bakal memakan waktu sekitar 30 menit. Meskipun tentunya bakal mengeluarkan ongkos perjalanan yg lebih mahal, Istanbul dan Canakkale juga di hubungkan oleh sebuah penerbangan udara di malam hari yg jadwalnya hanya satu kali sehari.

Di akrab bangunan benteng cimenlik terdapat pula sebuah museum angkatan laut. Pengunjung yg tiba kesana sanggup menyaksikan model ranjau bahari nusrat. Saat peperangan terjadi, Saat tentara Inggris berhasil menyapu higienis ranjau dari selat Dardanelles, ranjau nusrat di tebar di tengah kegelapan malam.

Keeseokan harinya, Saat kapal-kapal perang Inggris bakal memasuki Constantinople dari lautan marmara, 3 kapal meledak terkena ranjau dan yg masih tersisa terpaksa Musti terusir mundur.

Pertempuran yg terjadi di daratannya juga berlangsung di sebuah lokasi yg cukup luas. Adu senjata dan tentara tersebut berlangsung dari sebuah lokasi yg berjulukan tanjung Helles sampai ke utaranya, di perbukitan Anarfalar. Kedua lokasi tersebut terpisah oleh jarak sejauh sekitar 35 KM. Kini, wilayah pertempuran itu telah bermetamorfosis sebuah lokasi yg tenang.

Pemerintah Turki juga telah menjadikannya sebuah taman nasional Komplit dengan bangunan-bangunan monumen yg terbuat dari keramik dan marmer sebagai penanda sejarah yg terjadi di masa yg lalu. Kawasannya sanggup di datangi oleh wisatawan baik dengan berjalan kaki (bagi penggemar trekking) maupun dengan menggunakan angkutan umum (taksi).

Selain pertempuran Gallipoli, sejarah dan legenda lain juga menjadi latar belakang keberadaan selat dardanalles. Konon, seorang cowok berjulukan Leander menyebrangi selat tersebut untuk menjumpai sang kekasih Hero yg berada di daratan seberangnya.

Namun dirinya Musti mati alasannya yakni terseret arus yg cukup kencang di malam hari. Selat yg juga di kenal dengan nama Hellespont itu juga beberapa kali telah di seberangi oleh perenang professional yg cukup terkenal, Lord Byron.

Di canakkale, para penyuka jalan-jalan dan penikmat sejarah juga sanggup berkunjung ke sebuah museum yg menggelar koleksi-koleksi benda bersejarah dari era perunggu (peradaban setelah prasejarah/zaman batu) sampai koleksi yg berasal dari kala ke-20. Lokasinya ada di bangunan museum yg berjulukan Canakkale’s Archeological Museum.

Destinasi wisata tersebut sanggup di capai dari sentra kota – dimana sebuah menara jam dan alun-alun kotanya berada – hanya dengan berjalan kaki selama 20 sampai 30 menit (jaraknya sekitar 2 KM). Di tempat yg sama, pengunjung juga sanggup menyaksikan koleksi-koleksi bersejarah peninggalan kota kuno Troy.

Jika wisatawan dan pelancong ingin melanjutkan perjalanan ke lokasi asia lain yg masih berada di tepian selat dardanelles, mirip eceabat atau gelibolu, wilayah-wilayah tersebut juga sanggup di datangi dengan menaiki kapal ferry.

Travel Murah Ke Turki


Penasaran dengan keindahan Canakkale ini? Anda sanggup mengambil liburan dengan Paket Tour Halal Turki dan Umroh Plus Turki  ke Turki, segera hubungi untuk isu liburan di Turki.


Berikut Maknakel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^





Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs saya.


0 Response to "Sejarah Kota Canakkale Turki yg Siap Di Jelajahi"

Post a Comment