Begini Cara Menerapkan Ham Dalam Keseharian

Artikel Begini Cara Menerapkan HAM dalam Keseharian ini berusaha menjawab pertanyaan Sobat OkeCoy.com bertemu dengan pertanyaan, “bagaimana cara anda untuk berpartisipasi dalam menegakkan ham, bagaimana penerapan ham dalam kehidupan sehari hari, apa tugas serta yang sanggup dilakukan masyarakat dalam upaya penegakan ham, bagaimana upaya masyarakat dalam penegakan ham, bagaimanakah upaya yang dilakukan dalam rangka membangun partisipasi masyarakat dalam pemajuan ham, maupun apa bentuk partisipasi masyarakat dalam pemajuan penghormatan dan penegakan ham di indonesia.”

Begini Cara Menerapkan HAM dalam Keseharian Begini Cara Menerapkan HAM dalam Keseharian
Pada tahun 2016, PBB memakai jargon “Bela hak-hak seseorang hari ini!” dan menyerukan semua orang untuk membela hak-hak seseorang kini juga. Alasannya, banyak kalangan khawatir ihwal arah yang dituju dunia; peminggiran HAM terus meluas di seluruh cuilan dunia; gerakan ekstrimis menciptakan orang-orang tunduk pada kekerasan mengerikan; pesan intoleransi beserta kebencian yang senantiasa menyebar rasa takut; dan akhirnya, nilai-nilai manusiawi diserang. (Ini bisa menjadi rujukan kata pengantar artikel makalah kewarganegaraan ihwal hak asasi insan lengkap untuk sobat)

Dengan begitu PBB mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menegaskan kembali kemanusiaan. Dimanapun kita berada, kita bisa menciptakan perbedaan nyata. Di jalan, di sekolah, di daerah kerja, di angkutan umum; di bilik suara, di media sosial.

Dimulai dengan cara dan kemampuan kita masing-masing. Sobat harus menawarkan rujukan ham dalam kehidupan sehari-hari dengan melangkah maju dan membela hak-hak pengungsi atau migran, orang cacat, orang LGBT, wanita, anak, masyarakat adat, kelompok minoritas, atau orang lain yang berisiko diskriminasi atau kekerasan.
Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon mengatakan, "Sudah waktunya bagi kita untuk meningkatkan hak asasi manusia. Tidak ada tindakan yang terlalu kecil: di manapun Anda berada, Anda sanggup menciptakan perbedaan. Bersama-sama, mari kita mengambil perilaku untuk lebih manusiawi".

Cara memajukan HAM dalam kehidupan sehari-hari

Berikut ialah beberapa cara memajukan HAM secara Individual sebagaimana diubahsuaikan dari situs resmi PBB :
  1. Menginformasikan diri sendiri dan orang lain ihwal mengapa hak asasi insan penting.
    • Membaca dan menyebarkan pengetahuan mengenai Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia agar sobat memahami pengertian hak warga negara, pengertian penegakan hak asasi manusia, klarifikasi konsep penegakan ham, perbedaan makna hak asasi insan dengan hak warga negara dan lainnya.
    • Membuat dan menyebarkan video yang menampilkan diri bersama dengan sobat berbicara ihwal mengapa Sobat percaya dan peduli terhadap hak asasi insan (contoh hak asasi politik contohnya non-diskriminasi, kesetaraan gender atau kebebasan berekspresi, ataupun ataupun rujukan hak asasi insan di bidang sosial budaya contohnya hak untuk mendapat pekerjaan dan hidup yang layak).
    • Mempromosikan kisah di media umum Sobat ihwal orang-orang yang Sobat tahu telah berjuang untuk HAM. Atau sobat juga bisa bercerita tentang sejarah munculnya istilah hak asasi manusia, sejarah ham internasional, sejarah penegakan ham, sejarah ham di indonesia, dan sejarah perkembangan ham di indonesia.
  2. Berbicara ketika terdapat hak-hak yang beresiko atau diserang
    • Jika Sobat melihat seseorang dilecehkan, ditindas atau diejek di jalan, di angkutan umum, ketika berbelanja atau di sekolah, belalah mereka.
    • Menggunakan media umum untuk bergabung dengan orang-orang yang menghadapi pembalasan sebab membela penggerak hak asasi insan misalnya, pemimpin adat, lingkungan, pengacara, anggota serikat buruh, wartawan, dll.
    • Di daerah kerja, di sekolah, di meja makan, membantu seseorang yang suaranya jarang didengar untuk mengembangkan pendapat atau pandangan yang mereka miliki.
  3. Menghormati hak asasi insan orang lain '
    • Memberikan bantuan pada organisasi yang mendukung korban pelanggaran hak asasi manusia.
    • Bergabung dalam program publik dalam mendukung hak asasi insan – baik online dan atau offline di jalan.
    • Bergabung dengan relawan pada kelompok yang mempromosikan pembela hak asasi insan .
  4. Menyerukan pada para pemimpin untuk menegakkan hak asasi manusia
    • Melobi pemerintah untuk menegakkan hak-hak: menandatangani petisi terkait; melobi legislator untuk mendukung aturan yang ramah hak asasi insan dan untuk mencabut yang tidak ramah.
    • Mendesak pimpinan di daerah kerja sobat untuk mendaftar ke Sasaran Global Bisnis Lokal (UN Global Compact) dan mematuhi Panduan prinsip-prinsip untuk Bisnis dan Hak Asasi Manusia: Menerapkan Kerangka PBB "Melindungi, Menghormati dan Memperbaiki; mempromosikan perayaan hak asasi insan di daerah kerja (misalnya non diskriminasi, kebijakan yang ramah keluarga, kondisi kerja yang layak, upah yang sama untuk pekerjaan yang sama, dan lainnya).
    • Mendesak para pemimpin komunitas di sekitar sobat (misalnya ulama, tokoh lokal, pemimpin olahraga, pemimpin budaya) untuk menciptakan akad publik untuk menegakkan hak asasi manusia.
  5. Dalam agresi kehidupan sehari-hari
    • Melawan mitos dengan fakta: dalam percakapan online dan sehari-hari, menantang stereotipe yang berbahaya. Sebagai stok pengetahuan, sobat sanggup membaca makalah ihwal penegakan HAM di indonesia ataupun makalah ihwal pelanggaran ham.
    • Berbicara mengenai toleransi dan melawan prasangka. Menjaga dengan melaksanakan penilaian diri, menantang pandangan dan prasangka sobat sendiri.
    • Pertimbangkan track record akad ham perusahaan sebelum berbelanja.
    • Bicaralah dengan anak ihwal hak asasi insan dan tunjukkan model tugas positif dan beragam.

Terima kasih telah mennyimak artikel Begini Cara Menerapkan HAM dalam Keseharian. Semoga sanggup menjawab pertanyaan Sobat OkeCoy.com seputar “bagaimana cara anda untuk berpartisipasi dalam menegakkan ham, bagaimana penerapan ham dalam kehidupan sehari hari, apa tugas serta yang sanggup dilakukan masyarakat dalam upaya penegakan ham, bagaimana upaya masyarakat dalam penegakan ham, bagaimanakah upaya yang dilakukan dalam rangka membangun partisipasi masyarakat dalam pemajuan ham, maupun apa bentuk partisipasi masyarakat dalam pemajuan penghormatan dan penegakan ham di indonesia.”

Baca Juga : Inilah Sejarah Hari HAM Sedunia Terlengkap
Share tautan artikel ini ke media umum dan tuliskan pendapat sobat di kolom komentar!

0 Response to "Begini Cara Menerapkan Ham Dalam Keseharian"

Post a Comment