Fakta Sejarah Hari Penyu Dan Kura-Kura Sedunia (World Turtle Day) 23 Mei

Artikel OkeCoy.com ini akan membahas mengenai Sejarah Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia (World Turtle Day) 23 Mei, Fakta seputar penyu laut, penyebab punahnya penyu, dan perayaan Hari Penyu dan Kura-kura di seluruh penjuru dunia.
Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia (dalam bahasa inggris World Turtle Day disingkat WTD) ialah hari yang dirayakan secara global di seluruh dunia pada tanggal 23 Mei setiap tahunnya. Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia pertamakali dirayakan pada tahun 2000 oleh American Tortoise Rescue dengan tujuan untuk menarik perhatian warga dunia terhadap eksistensi kura-kura dan penyu, meningkatkan pengetahuan dan menghormati eksistensi penyu dan kura-kura, dan mendorong semua pihak (negara, komunitas, sektor swasta, maupun individu secara luas) di seluruh kawasan di dunia untuk membantu kura-kura dan penyu bertahan hidup dan berkembang serta menyelamatkan spesies kura-kura dan penyu yang terancam punah
 ialah hari yang dirayakan secara global di seluruh dunia pada tanggal  Fakta Sejarah Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia (World Turtle Day) 23 Mei

Kita sering mendengar kura-kura dijadikan perumpamaan bagi sesuatu yang lambat dan lamban, stabil dan metodis, dan kadang kala juga digambarkan dengan Ninjitsu, wartawan, dan pizza. Ya, Kura-kura ialah jenis reptil yang ada di banyak lingkungan melalui kata dan banyak ditemukan dalam sastra, puisi, dan perumpamaan di sepanjang sejarah dunia. Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia merupakan salah satu cara memuliakan dan menyediakan tempat bagi mereka di dunia, dan mendorong orang untuk mengambil tindakan untuk membantu melindungi, baik penyu yang menjadi binatang peliharaan umum maupun penyu yang terancam punah.

Meskipun 23 Mei ini didedikasikan untuk merayakan dan melindungi baik kura-kura maupun penyu bagi semua orang yang terlibat dan membuatkan kesadaran perihal habitat yang semakin sempit dan populasi yang semakin menurun dari makhluk-makhluk yang sensitif ini, teman juga perlu mengetahui bahwa kura-kura dan penyu tidaklah sama.

Sejarah Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia

Populasi Penyu di dunia kini ini terus menerus berkurang, yang diakibatkan oleh pembangunan yang merusak habitat orisinil mereka, peningkatan kebutuhan penyu sebagai makanan, dan tingginya perdagangan kura-kura sebagai binatang peliharaan. Selain itu, cita-cita hidup bayi dan telur penyu juga sangat rendah sebab besarnya kemungkinan dimangsa oleh rakun, rubah, dan kepiting hantu. Jika tindakan-tindakan evakuasi tidak segera dilakukan secepatnya mungkin penyu akan sirna dari muka bumi hanya dalam 50 tahun ke depan.

Alasan dipilihnya bulan Mei sebagai Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia ialah sebab bulan Mei merupakan salah satu periode bulan tersibuk bagi para penyu. Diantaranya ialah ibarat waktu penyu untuk berdiri dari tidurnya di isu terkini dingin, memulai pencarian pasangan, dan lokasi pantai untuk menyimpan telurnya.

Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia pertamakali dicetuskan oleh American Tortoise Rescue pada tahun 1990. Salah satu alasan penetapan hari ini ialah sebagai legalisasi bahwa kehidupan beberapa spesies penyu dikala ini sedang menderita dan hampir berada di jurang kepunahan sebab faktor ancaman lingkungan, perburuan, dan penetasan telur.

American Tortoise Rescue (ATR) ialah organisasi nirlaba (Lembaga swadaya masyarakat disingkat LSM) yang didirikan pada tahun 1990 untuk menyediakan dukungan pada semua spesies kura-kura dan penyu. ATR yang berbasis di Malibu, California, ialah organisasi yang paling maju dalam kampanye dan praktik perawatan, evakuasi dan dukungan reptil kuno. Selain menempatkan lebih dari 1.000 penyu dan 2.000 kura-kura dalam perawatan di penangkaran penyu selama 25 tahun terakhir, ATR juga menyelamatkan binatang peliharaan yang ditinggalkan dan memperlihatkan saran untuk menjaga kura-kura yang sakit. ATR juga mempromosikan pendidikan penyu dan kura-kura, mendorong diskusi dan penelitian ke dalam praktek untuk menjaga binatang ini lebih lanjut.

ATR didirikan oleh Susan Tellem dan Mashall Thompson, sepasang suami-istri pencetus binatang yang mempunyai gairah untuk memperhatikan dan melestarikan penyu. Mereka menganjurkan perlakuan yang manusiawi dari semua hewan, termasuk reptil. ATR membantu penegakan aturan ketika kura-kura terlalu kecil atau hampir punah disita dan mengatakan berita yang berkhasiat dan aba-aba kepada orang-orang dengan kura-kura dan penyu yang sakit, diabaikan atau ditinggalkan. Susan sendiri terlibat aktif dalam seni televisi & pengetahuan dan kekerabatan masyarakat publik di Amerika. Selain itu juga menjadi kawan Tellem Grody Humas Incorporated, organisasi yang mengumpulkan kontribusi dan karya di seluruh dunia untuk membantu melindungi makhluk yang luar biasa indah ini.

Selain ATR, ada juga Turtle and Tortoise Preservation Group (TTPG), sebuah organisasi yang terbuka untuk semua orang tertarik pada kesejahteraan chelonians. TTPG didirikan untuk membantu memastikan kelangsungan hidup spesies penyu dan kura-kura di dunia. Pada tahun 2013, sudah lebih dari 160 rencana pembelajaran dan materi bimbing Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia yang dikirim ke ruang kelas untuk dipakai lebih dari 5.500 siswa secara gratis oleh forum non-profit yang didirikan pada tahun 1996 ini.

Fakta seputar Penyu Laut

Berikut ini ialah beberapa fakta penyu lau yang diambil dari goresan pena +Arifsyah M Nasution bertajuk Selamat Hari Penyu Sedunia yang dimuat di situs green peace Indonesia.
  1. Petualang lautan
    Penyu bahari ialah petualang lautan. Penyu Betina pulang ke pantai tempat mereka menyimpan telurnya, namun penyu jantan tidak mempunyai kepentingan untuk pulang ke daratan.
  2. Mampu netrallisir racun dalam makanan
    Penyu secara umum mengkonsumsi semua kuliner yang tersedia di laut, namun begitu beberapa spesies hanya memakan kuliner tertentu saja. Seperti diantaranya Penyu Belimbing yang menggemari ubur-ubur dan Penyu sisik yang menimbulkan sponge sebagai kuliner favorit. Uniknya, baik Penyu Belimbing maupun Penyu sisik mempunyai kemampuan penyesuaian terhadap sengat dan racun yang terdapat dalam makanannya.
  3. Memiliki Kepala yang besar dan kuat
    Penyu tempayan (Loggerhead turtles) mempunyai kepala yang besar & kuat, yang berkhasiat untuk menghancurkan kerang.
  4. Mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan
    Penyu Belimbing sanggup bepergian hingga ratusan ribu kilometer setiap tahun untuk mencari kuliner dan menyelam sedalam 1200 meter hingga ke dasar laut. Selain itu mereka bisa menyesuaikan diri dengan air cuek dan masuk dalam kategori binatang berdarah panas dengan lapisan lemak yang cukup tebal.
  5. Ukuran Penyu Belimbing sangatlah besar, ibarat yang ditemukan terdampar di pantai di Wales dimana panjangnya mencapai 2,2 meter. Uniknya, bayi Penyu Belimbing hanya seukuran bola pingpong ketika dilahirkan.
  6. Sering Berhadapan dengan Predator
    Induk penyu belimbing yang akan naik ke darat untuk menyimpan telurnya di pantai sangat rentan terhadap serangan predator. Seperti diantaranya jaguar yang sering berkeliaran mencari mangsa di pantai di Amerika Selatan. Selain itu, sebab telur Penyu Belimbing disimpan dalam pasir pantai, ketika menetas mereka harus berhadapan dengan binatang darat ibarat kucing, monyet, dan lainnya. Serta dalam perjalanan mereka ke tengah bahari bayi-bayi penyu yang mungil dan lucu ini juga harus berhadapan dengan predator.
  7. Sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia
    Penyu yang mengkonsumsi ganggang menjaga kelestarian terumbu karang (sementara terumbu karang juga diharapkan untuk menjaga ekosistem dunia), begitupula penyu yang mengkonsumsi ubur-ubur membantu insan menjaga pantai tetap kondusif untuk aktifitasnya.
  8. Kura-kura ninja bukan penyu!
    Kura-kura Ninja termasuk dalam jenis kura-kura terrapin dan bukanlah merupakan penyu.

Penyebab Punahnya Penyu

Terdapat banyak kendala bagi penyu untuk bertahan hidup, dengan bermacam-macam ancaman yang mengintai bahkan semenjak masih berupa telur. Sebanyak 6 dari 7 spesies penyu di dunia kini masuk penjabaran satwa terancam punah yang ditengarai merupakan pengaruh jelek dari aktifitas manusia. Karena itulah aktifis lingkungan senantiasa berkampanye dengan tujuan untuk dukungan dan konservasi binatang bahari yang semakin baik kedepannya. Sebagaimana dimuat Fakta dan Perbedaan Kura-Kura dengan Penyu
Film Dokumenter Edukasi Pelestarian Penyu : A Sea Turtle Story
Lagu Edukasi Senyum Penyu Menjaga Habitat dari Kepunahan

Sampai disini artikel OkeCoy.com yang membahas mengenai Sejarah Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia (World Turtle Day) 23 Mei, Fakta seputar penyu laut, penyebab punahnya penyu, dan perayaan Hari Penyu dan Kura-kura di seluruh penjuru dunia. Semoga bermanfaat untuk kita semua dalam pengetahuan mengenai kura-kura dan penyu.

Share artikel ini ke media umum teman biar orang-orang yang peduli terhadap penyu dan kura-kura semakin bertambah. Tuliskan juga komentar teman mengenai perbedaan dan fakta kura-kura dan penyu di kolom yang tersedia.

0 Response to "Fakta Sejarah Hari Penyu Dan Kura-Kura Sedunia (World Turtle Day) 23 Mei"

Post a Comment