Hari Kemanusiaan Sedunia (World Humanitarian Day) 19 Agustus

Artikel Hari Kemanusiaan Dunia (World Humanitarian Day) 19 Agustus ini akan membahas pengertian Hari Kemanusiaan Dunia, Tema Peringatan Hari Kemanusiaan Internasional, dan latar belakang sejarah Hari Kemanusiaan se-Dunia. Yang mungkin bermanfaat bagi sobat OkeCoy.com yang sedang mencari makalah artikel bahan kemanusiaan, tts kemanusiaan, kemanusiaan kbbi maupun sinonim dan kutipan ihwal kemanusiaan.

 ini akan membahas pengertian Hari Kemanusiaan Dunia Hari Kemanusiaan seDunia (World Humanitarian Day) 19 Agustus
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa sebagaimana dimuat MetroTV mengungkap bahwa momentum Hari Kemanusiaan se-Dunia sanggup dijadikan motivasi dan semangat untuk berbuat lebih banyak atas nama kemanusiaan. Sementara Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon pada Hari Kemanusiaan Sedunia 2016 mengatakan, "Hari Kemanusiaan Dunia yaitu pengingat tahunan terhadap kebutuhan untuk bertindak untuk meringankan penderitaan. Ini juga merupakan kesempatan untuk menghormati para pekerja kemanusiaan dan relawan yang telah bekerja keras di garis depan krisis. Aku menghormati wanita-wanita yang berdedikasi dan laki-laki yang berani membantu orang lain pada risiko yang jauh lebih besar."
Hari Kemanusiaan Sedunia yaitu hari yang diperingati setiap tanggal 19 Agustus setiap tahun yang didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran publik perihal sumbangan kemanusiaan terhadap semua warga di seluruh dunia. Selain itu juga sebagai penghormatan atas pekerja kemanusiaan, yaitu orang-orang yang mempertaruhkan hidup mereka dalam risiko demi memperlihatkan pelayanan kemanusiaan. Hari ini ditetapkan oleh Majelis Umum PBB pada 2008 dan bukan merupakan hari libur.
Hari Kemanusiaan Sedunia yaitu hari yang didedikasikan untuk mengenali personil kemanusiaan dan mereka yang telah kehilangan nyawa mereka yang bekerja untuk tujuan kemanusiaan . Ini ditunjuk oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai bab dari GA Resolution A / 63 / L.49 yang disponsori Swedia mengenai Penguatan Koordinasi Bantuan Darurat Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan ditetapkan pada 19 Agustus. Ini menandai hari dimana Perwakilan Khusus Sekretaris Jenderal Irak, Sérgio Vieira de Mello dan 21 rekan sejawatnya yang terbunuh dalam pemboman Markas Besar PBB di Baghdad.

Dengan itu Hari Kemanusiaan Dunia ditujukan untuk menghormati mereka, yang telah kehilangan nyawa mereka dalam pelayanan kemanusiaan dan orang-orang, yang terus membawa sumbangan dan sumbangan kepada jutaan. Penetapan Hari Kemanusiaan Dunia juga ditujukan sebagai salah satu upaya untuk menarik perhatian terhadap kebutuhan kemanusiaan di seluruh dunia dan pentingnya kerjasama internasional dalam memenuhi kebutuhan ini.

Karena setiap tahun terjadi peristiwa yang membawa penderitaan besar bagi jutaan orang - biasanya kalangan termiskin di dunia, yang paling terpinggirkan dan individu yang rentan. Pekerja sumbangan kemanusiaan berusaha untuk memperlihatkan sumbangan menyelamatkan jiwa dan rehabilitasi jangka panjang untuk masyarakat yang terkena imbas bencana, terlepas dari mana mereka berada di dunia dan tanpa diskriminasi menurut kebangsaan, kelompok sosial, agama, jenis kelamin, ras atau faktor lainnya.

Bantuan kemanusiaan didasarkan pada sejumlah prinsip dasar, termasuk kemanusiaan, ketidakberpihakan, netralitas dan independensi. Pekerja sumbangan kemanusiaan harus dihormati, dan sanggup mengakses apa yang mereka yang membutuhkan dalam rangka pemberian sumbangan penting.

Semua orang sanggup menjadi pekerja kemanusiaan, dan yang terbanyak biasanya ialah orang yang terkena peristiwa yang membantu masyarakat mereka sendiri sesudah bencana. Pekerja sumbangan kemanusiaan sanggup merupakan pekerja internasional, tetapi kebanyakan berasal dari negara di mana mereka bekerja. Mereka mencerminkan semua budaya, ideologi dan latar belakang dan mereka disatukan oleh janji mereka untuk kemanusiaan.

Menanggapi keadaan darurat hanya salah satu aspek dari pekerjaan kemanusiaan. pekerja kemanusiaan juga mendukung masyarakat untuk membangun kembali kehidupan mereka sesudah bencana, untuk menjadi lebih tahan terhadap krisis di masa depan, untuk mengadvokasi semoga bunyi mereka didengar, dan untuk membangun perdamaian yang berkelanjutan di tempat konflik.


Tema Peringatan Hari Kemanusiaan Dunia

Hari Kemanusiaan Sedunia diperingati untuk pertamakalinya pada tanggal 19 Agustus 2009. Tahun-tahun berikutnya fokus pada tema tertentu. Pada tahun 2010, fokusnya yaitu pada pekerjaan kasatmata dan prestasi pekerja kemanusiaan di lapangan yang bertemakan "Kami yaitu Pekerja Kemanusiaan ." Pada 2011, "People Aiding People" yaitu ihwal mengilhami semangat kerja sumbangan di semua orang. Pada 2012, "I Was Here" yaitu ihwal menciptakan tanda dengan melaksanakan sesuatu yang baik di suatu tempat untuk orang lain. Kampanye tersebut mempunyai jangkauan sosial lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia. Ini didukung oleh penyanyi Amerika Beyoncé , yang video musik untuk lagu "I Was Here" telah dilihat lebih dari 50 juta kali. Pada 2013, PBB dan mitranya meluncurkan proyek yang disebut "The World Needs More ...".

Sementara pada tahun 2016 kemudian “One Humanity” atau “satu kemanusiaan” dijadikan sebagai tema peringatan oleh PBB. Sobat sanggup melihat bermacam-macam program peringatan Hari Kemanusiaan Sedunia pada situs kampanye www.worldhumanitarianday.org .

Latar Belakang Sejarah Hari Kemanusiaan Dunia

Hari Kemanusiaan Dunia 19 Agustus sitetapkan pada sesi 63 dari Sidang Majelis Umum PBB di bulan Desember 2008. Tanggal ini dipilih alasannya yaitu merupakan tanggal dimana pada tahun 2003 terjadi serangan teroris brutal di markas PBB di Baghdad yang menewaskan 22 orang, termasuk utusan PBB Sergio Vieira de Mello.

Penunjukan 19 Agustus sebagai Hari Kemanusiaan Sedunia yaitu hasil dari upaya tanpa henti dari Yayasan Sérgio Vieira de Mello dan keluarganya bekerja sama dengan Duta Besar Prancis, Swiss, Jepang dan Brazil di Jenewa dan New York untuk menciptakan dan mengarahkan Rancangan Resolusi melalui Majelis Umum. Yayasan memberikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa dan semua Negara Anggota atas tindakan ratifikasi yang layak yang telah memastikan bahwa hilangnya Vieira de Mello yang tragis dan 21 rekan sejawatnya dan semua personil kemanusiaan yang telah melaksanakan pengorbanan selesai dalam meringankan Penderitaan korban krisis kemanusiaan belum sia-sia.

Warga negara Brazil, Sérgio Vieira de Mello mengabdikan diri selama lebih dari tiga puluh tahun di Perserikatan Bangsa-Bangsa, melayani di beberapa situasi kemanusiaan yang paling menantang di dunia untuk mencapai korban konflik bersenjata yang tak bersuara, mengurangi penderitaan mereka dan menarik perhatian mereka. Keadaan jelek Kematiannya bersama dengan 21 rekan kerja pada tanggal 19 Agustus 2003 di Baghdad, mencabut korban konflik bersenjata di seluruh dunia dari sebuah pemimpin kemanusiaan yang unik dengan keberanian, dorongan dan tenggang rasa yang tak tertandingi yang memperjuangkan usaha mereka tanpa rasa takut dan terukir nasib mereka di peta dunia. Peristiwa tragis ini juga merampas komunitas kemanusiaan dari seorang pemimpin kemanusiaan dan intelektual terkemuka yang pemikiran, filosofi, dinamisme dan keberaniannya mengilhami semua dan tetap menjadi warisan infinit bagi generasi yang akan tiba untuk ditiru.

Mengingat warisan ini, pada tahun 2006 keluarga Vieira de Mello dan sekelompok sahabat bersahabat mendirikan Yayasan Sergio Vieira de Mello yang didedikasikan untuk melanjutkan misi yang belum selesai untuk mendorong obrolan antara masyarakat dan mengurangi nasib korban krisis kemanusiaan. Yayasan ini didedikasikan untuk mendukung inisiatif dan upaya untuk mempromosikan obrolan untuk rekonsiliasi dan koeksistensi tenang antara masyarakat dan masyarakat yang terbagi dalam konflik melalui Sergio Vieira Mello Award tahunan, Kuliah Sergio Vieira Mello, Sergio Vieira de Mello Fellowship dan advokasi Untuk keamanan dan independensi bintang film kemanusiaan, dimanapun mereka beroperasi dan siapa pun mereka.


Sumber: Website Resmi PBB, Wikipedia, &MetroTV

Demikianlah makalah artikel bahan kemanusiaan bertajuk Hari Kemanusiaan Dunia (World Humanitarian Day) 19 Agustus yang mengulas pengertian Hari Kemanusiaan Dunia, Tema Peringatan Hari Kemanusiaan Internasional, dan latar belakang sejarah Hari Kemanusiaan se-Dunia. Semoga bermanfaat untuk sobat OkeCoy.com yang sedang mencari tts kemanusiaan, sinonim kutipan ihwal kemanusiaan, dan kemanusiaan kbbi.

Sebarkan artikel ini ke teman-teman sobat yang lain dan tulis pendapat sobat pada kolom yang tersedia.

0 Response to "Hari Kemanusiaan Sedunia (World Humanitarian Day) 19 Agustus"

Post a Comment