Hari Bahasa Perancis Sedunia (World French Language Day)

"..... link yang orisinil dan rahasia alami ini yang menciptakan kita tidak hanya berbicara dalam bahasa yang sama, tetapi kita berbicara juga, melampaui perbedaan-perbedaan kita, bahasa yang sama: prinsip-prinsip dan nilai-nilai, demokrasi dan hak asasi manusia, yang dari keanekaragaman budaya dan bahasa, kesetaraan dan keadilan sosial, peraturan dan sopan santun dalam hal ekonomi dan keuangan....."- S. E. M. Abdou Diouf, Sekretaris Jenderal Francophonie.

diam alami ini yang menciptakan kita tidak hanya berbicara dalam bahasa yang sama Hari Bahasa Perancis Sedunia (World French Language Day)

Artikel ini akan mengulas Hari Bahasa Perancis Sedunia (World French Language Day) atau sering disebut juga dengan Hari Bahasa Perancis PBB (UN French Language Day) baik pengertiannya maupun sejarahnya. Karena memang teman OkeCoy.com belum banyak yang tahu mengenai perayaan Hari Bahasa Prancis yang dirayakan setiap tanggal 20 Maret ini.

Hari Bahasa Prancis (French Language Day) disebut juga dengan Hari Internasional Francophone (Hari Internasional orang berbahasa Perancis, yang dalam bahasa inggris yaitu International Francophonie Day dan dalam bahasa Perancis disebut Journée internationale de la Francophonie). Hari Bahasa Perancis yaitu hari dimana PBB mengajak negara anggotanya untuk merayakan multibahasa dan diversitas kebudayaan dalam tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan rasa hormat terhadap sejarah, budaya dan prestasi dari masing-masing enam bahasa resmi tubuh dunia. Hari Bahasa Perancis dirayakan pada setiap tanggal 20 Maret setiap tahunnya semenjak diperkenalkan oleh PBB pada tahun 2010 sebagai salah satu dari 6 Hari Bahasa di PBB (enam bahasa resmi PBB).
Lima hari lainnya yaitu:
  1. Hari Bahasa Inggris Sedunia (World English Language Day) 23 April
  2. Hari Bahasa Arab Sedunia (World Arabic Language Day) 18 Desember
  3. Hari Bahasa Cina Sedunia (World Chinese Language Day) 20 April
  4. Perayaan Hari Bahasa Rusia Sedunia (World Rusian Language Day) 6 Juni
  5. Hari Bahasa Spanyol Sedunia dan Hari Nasional Spanyol 12 Oktober

Hari bahasa penting untuk dirayakan alasannya PBB merasa bahwa multibahasa merupakan faktor penting dalam komunikasi yang serasi antara masyarakat sebagai salah satu cara untuk memupuk toleransi dan mempromosikan partisipasi semua dalam proses kerja Organisasi.

Perancis pada kala ke-19 yang merupakan bahasa diplomasi masih mempunyai tempat khusus di PBB. Bahasa Perancis tak hanya merupakan salah satu dari 6 bahasa resmi, tetapi juga salah satu bahasa kerja Sekretariat PBB. Sebanyak 38 negara diantara 193 Negara anggota PBB memakai Perancis yang sesuai dengan PBB. PBB juga sangat erat dengan negara-negara berbahasa Perancis: 40% tenaga kerja operasi penjaga perdamaian dikerahkan di negara-negara francophone (yang berbahasa Perancis). Kantor Program Pembangunan PBB juga terdapat di 24 negara Francophone.

Sejarah Hari Bahasa Perancis


Hari Bahasa Perancis diperingati oleh Organisasi Internasional dari 77 negara anggota La Francophonie untuk merayakan bahasa Perancis dan kebudayaan Francophone. Terdapat setidaknya lebih dari 274 juta penutur bahasa Perancis di Bumi hingga dengan 2016.

Latar belakang menentukan 20 Maret sebagai Hari Bahasa Perancis yaitu alasannya pada tanggal yang sama pada tahun 1970 dilakukan penandatanganan Konvensi Niamey di Nigeria. Konvensi tersebut tetapkan Agensi Kerjasama Budaya dan Teknis (Agence de Coopération Culturelle et Technique) yang lalu menjadi prekursor Organisasi Internasional La Francophonie (International Organization of La Francophonie's).

Dengan kata lain, 20 Maret merupakan hari kelahiran Organisasi Internasional La Francophonie. The Francophonie (OIF), umumnya dikenal sebagai Francophonie (dalam bahasa Prancis : La Francophonie [la fʁɑkɔfɔni] ), tetapi juga disebut Organisasi Internasional La Francophonie dalam konteks bahasa Inggris, yaitu organisasi internasional yang mewakili negara dan kawasan di mana bahasa Perancis menjadi bahasa yang pertama ( "bahasa ibu") atau bahasa adat, di mana proporsi yang signifikan dari populasi yaitu francophones (penutur bahasa Perancis) atau di mana ada afiliasi populer dengan budaya Perancis.

Organisasi ini terdiri dari 57 negara anggota dan pemerintah, tiga anggota asosiasi dan dua puluh pengamat. Istilah Francophonie (dengan abjad kecil "f"), atau francosphere (sering dikapitalisasi dalam bahasa Inggris) juga mengacu pada komunitas global berbahasa Perancis bangsa, yang terdiri dari jaringan organisasi swasta dan publik mempromosikan korelasi yang sama antara negara-negara di mana Prancis orang atau Perancis memainkan tugas sejarah yang signifikan, budaya, militer atau politik.

Sumber: Situs Resmi PBB http://www.un.org/fr/events/frenchlanguageday/ dan http://www.un.org/apps/news/story.asp?Cr=multilingualism&Cr1=&NewsID=34136  tag perhiasan : perkenalan diri profesi nama angka jam pelajaran dalam bahasa prancis tanggal perancis dan artinya

Itulah artikel singkat perihal pengertian dan sejarah Hari Bahasa Perancis Sedunia (World French Language Day) atau sering disebut juga dengan Hari Bahasa Perancis PBB (UN French Language Day). Semoga semakin banyak yang mengetahuinya jikalau teman OkeCoy.com ikut berbagi artikel ini ke media umum yang teman miliki. Tulis juga komentar teman di kotak yang tersedia!

0 Response to "Hari Bahasa Perancis Sedunia (World French Language Day)"

Post a Comment