Hari Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Sedunia

Hari ini OkeCoy.com akan membahas perihal Sejarah, Tujuan dan Tema Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia melalui goresan pena berjudul Hari untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia yang bersumber dari Laman Resmi PBB. Karena mungkin teman sedang googling doa peringatan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja sedunia yang diperingati masyarakat dunia internasional maupun secara nasional di Indonesia.

Sekarang ini banyak pekerja menghadapi tekanan lebih besar untuk memenuhi tuntutan kehidupan kerja modern. Resiko psikososial menyerupai meningkatnya persaingan, impian yang lebih tinggi pada kinerja dan jam kerja lebih usang berkontribusi daerah kerja menjadi lingkungan yang lebih stres.
 Tujuan dan Tema Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia melalui goresan pena berjudul  Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia
Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia (World Day for Safety and Health at Work)
Pekerjaan yang berafiliasi dengan stres kini umumnya diakui sebagai informasi global yang mensugesti semua negara, semua profesi dan semua pekerja baik di negara maju dan berkembang. Dalam konteks yang kompleks ini, daerah kerja ialah pada dikala yang sama sumber penting dari risiko psikososial dan daerah yang ideal untuk mengatasi mereka dalam rangka untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan pekerja.
Hari untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia ialah hari yang diperingati setiap tahun pada tanggal 28 April semenjak tahun 2003. Tujuannya ialah untuk mempromosikan pekerjaan yang aman, sehat dan layak.

Sejarah Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia


Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia ialah aktivitas tahunan kampanye internasional yang telah diperingati oleh Organisasi Buruh Internasional (ILO) pada tanggal 28 April setiap tahun semenjak 2003 untuk mempromosikan pekerjaan yang aman, sehat dan layak.

28 April dipillih lantaran di tahun 2003, ILO mulai mengamati Hari Dunia untuk menekankan pencegahan kecelakaan dan penyakit di daerah kerja, memanfaatkan kekuatan tradisional Tripartisme dan obrolan sosial ILO.

Perayaan ini merupakan serpihan integral dari Strategi Global perihal Keselamatan dan Kesehatan Kerja ILO, sebagaimana didokumentasikan dalam Kesimpulan Konferensi Perburuhan Internasional pada Juni 2003. Salah satu pilar utama Strategi Global ialah advokasi, Hari Dunia untuk Keselamatan dan Kesehatan di Tempat Kerja ialah alat penting untuk meningkatkan kesadaran perihal bagaimana membuat pekerjaan kondusif dan sehat dan kebutuhan untuk meningkatkan profil politik keselamatan dan kesehatan kerja.

Selain itu, 28 April juga merupakan Hari Peringatan Internasional untuk Pekerja yang Mati dan Terluka yang diorganisir di seluruh dunia oleh gerakan serikat buruh semenjak tahun 1996.

Tujuan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia


Hari Dunia tahunan untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada 28 April mempromosikan pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akhir kerja secara global. Ini ialah kampanye peningkatan kesadaran yang dimaksudkan untuk memfokuskan perhatian internasional pada besarnya duduk perkara dan perihal bagaimana mempromosikan dan membuat budaya keselamatan dan kesehatan sanggup membantu mengurangi jumlah janjkematian dan cedera yang terkait dengan pekerjaan.

Masing-masing dari kita bertanggung jawab untuk menghentikan janjkematian dan cedera di daerah kerja. Sebagai pemerintah, kita bertanggung jawab untuk menyediakan infrastruktur - aturan dan layanan - yang diharapkan untuk memastikan bahwa pekerja tetap sanggup dipekerjakan dan perusahaan berkembang; ini termasuk pengembangan kebijakan dan jadwal nasional dan sistem investigasi untuk menegakkan kepatuhan terhadap kebijakan dan kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja. Sebagai pemberi kerja, kita bertanggung jawab untuk memastikan bahwa lingkungan kerja kondusif dan sehat. Sebagai pekerja, kita bertanggung jawab untuk bekerja dengan kondusif dan melindungi diri kita sendiri dan tidak membahayakan orang lain, untuk mengetahui hak-hak kita dan untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan langkah-langkah pencegahan.

Risiko yang muncul di daerah kerja
Risiko pekerjaan gres dan yang muncul mungkin disebabkan oleh penemuan teknis atau oleh perubahan sosial atau organisasi, seperti:
  • Teknologi gres dan proses produksi, contohnya nanoteknologi, bioteknologi
  • Kondisi kerja baru, contohnya beban kerja yang lebih tinggi, intensifikasi kerja dari perampingan, kondisi jelek yang terkait dengan migrasi untuk bekerja, pekerjaan di ekonomi informal
  • Bentuk-bentuk pekerjaan yang muncul, contohnya wirausaha, outsourcing, kontrak sementara
  • Mereka mungkin lebih luas diakui melalui pemahaman ilmiah yang lebih baik, contohnya imbas risiko ergonomis pada gangguan muskuloskeletal.
Mereka mungkin dipengaruhi oleh perubahan dalam persepsi perihal pentingnya faktor risiko tertentu, contohnya imbas faktor psikososial pada stres yang berafiliasi dengan pekerjaan.

Setiap tahun sekitar dua juta laki-laki dan perempuan kehilangan nyawa mereka melalui kecelakaan dan penyakit yang terkait dengan pekerjaan mereka. Selain itu, ada 270 juta kecelakaan kerja dan 160 juta penyakit akhir kerja setiap tahun, menyebabkan US $ 2,8 triliun pada biaya untuk waktu kerja yang hilang dan biaya untuk pengobatan, kompensasi dan rehabilitasi. Korban jiwa, kecelakaan dan penyakit di daerah kerja sangat dicegah dan kami mempunyai kewajiban untuk bertindak.

Maka Budaya keselamatan dan kesehatan kerja nasional ialah satu di mana hak atas lingkungan kerja yang kondusif dan sehat dihormati di semua tingkatan, di mana pemerintah, pengusaha dan pekerja secara aktif berpartisipasi dalam mengamankan lingkungan kerja yang kondusif dan sehat melalui sistem hak yang ditetapkan, tanggung jawab dan tugas, dan di mana prioritas tertinggi diberikan kepada prinsip pencegahan.
2017 2018. hari keselamatan dan kesehatan kerja nasional 2019. hari keselamatan dan kesehatan kerja internasional 2020. doa hari keselamatan dan kesehatan kerja 2021. hari kesehatan dan keselamatan kerja sedunia 2022. doa hari keselamatan dan kesehatan kerja 2023. hari kesehatan dan keselamatan kerja sedunia 2024. peringatan hari keselamatan dan kesehatan kerja 2025. hari keselamatan dan kesehatan kerja 2026. hari keselamatan dan kesehatan kerja internasional 2027. hari keselamatan dan kesehatan kerja nasional 2028. peringatan hari keselamatan dan kesehatan kerja 2029. hari keselamatan dan kesehatan kerja 2030

Tema Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia

Tema Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dunia 2018 : "Kerentanan Kesehatan Keselamatan Kerja (OSH) Pekerja Muda". Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Internasional dan Hari Dunia Menentang Pekerja Anak berkumpul bersama dalam kampanye bersama untuk meningkatkan keselamatan dan kesehatan pekerja muda dan mengakhiri pekerja anak.

Kampanye ini bertujuan untuk mempercepat tindakan untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) sasaran 8.8 lingkungan kerja yang kondusif dan kondusif untuk semua pekerja pada tahun 2030 dan sasaran SDG 8.7 mengakhiri semua bentuk pekerja anak pada tahun 2025. Karena 541 juta pekerja muda (15-24 tahun) - yang meliputi 37 juta belum dewasa dalam pekerja anak yang berbahaya - menyumbang lebih dari 15 persen tenaga kerja dunia dan menderita sampai 40 persen tingkat lebih tinggi dari pekerjaan non-fatal cedera dibandingkan pekerja cukup umur yang berusia lebih dari 25 tahun.

Terimakasih telah membaca artikel OkeCoy.com hari ini yang berjudul Hari untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia yang membahas perihal Sejarah, Tujuan dan Tema Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dunia. Semoga bermanfaat untuk teman yang sedang googling doa peringatan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja sedunia yang diperingati masyarakat dunia internasional maupun secara nasional di Indonesia.

Tulis pendapat teman di kolom komentar dan bagikan artikel ini ke media sosial!

0 Response to "Hari Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Sedunia"

Post a Comment