Sejarah Dan Makna Hari Nowruz Internasional

Artikel OkeCoy.com bertajuk Sejarah dan Makna Hari Nowruz Internasional yang bersumber dari situs PBB ini akan membahas mengenai Sejarah dan Makna Hari Nowruz Internasional /Tahun Baru Bahai (International Day of Nowruz).

"Nowruz melampaui batas-batas negara, perbedaan agama dan perbedaan lainnya untuk bersatu masyarakat dengan obligasi goodwill. Tujuan bersama tersebut sanggup membantu kenaikan kemanusiaan untuk ketika ini dalam sejarah." - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon.

Sejarah dan Makna Hari Nowruz Internasional Sejarah dan Makna Hari Nowruz Internasional
Image © By Nikolay Olkhovoy [CC BY 3.0 ], via Wikimedia Commons
Hari Nowruz Internasional yaitu hari yang diperingati setiap tahun pada tanggal 21 Maret semenjak ribuan tahun lalu. Namun gres diresmikan PBB pada tahun 2010. Tujuannya yaitu untuk mempromosikan nilai-nilai perdamaian dan solidaritas antar generasi dan dalam keluarga serta rekonsiliasi dan bertetangga, sehingga menunjukkan donasi untuk keragaman budaya dan persahabatan antara masyarakat dan komunitas yang berbeda.

Hari Internasional Nowruz diproklamasikan oleh Majelis Umum PBB, dalam resolusi A / RES / 64/253 2010, atas inisiatif beberapa negara yang menyebarkan liburan ini (Afghanistan, Albania, Azerbaijan, Bekas Republik Yugoslavia Makedonia, India , Iran (Republik Islam), Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turki dan Turkmenistan.

Tertulis pada tahun 2009 dalam Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia sebagai tradisi budaya diamati oleh banyak orang, Nowruz yaitu pesta leluhur menandai hari pertama animo semi dan pembaharuan alam. Ini mempromosikan nilai-nilai perdamaian dan solidaritas antar generasi dan dalam keluarga serta rekonsiliasi dan bertetangga, sehingga menunjukkan donasi untuk keragaman budaya dan persahabatan antara masyarakat dan komunitas yang berbeda.

Pengertian dan Sejarah Nowruz

Kata Nowruz (Novruz, Navruz, Nooruz, Nevruz, Nauryz, Noe-Rooz, Norouz, Norooz, Noruz, Noh Ruz, Nauroz, Nav-roze, Navroz, Naw-Rúz, atau Nowrouz dari Persia نوروز ), berarti hari baru; ejaan dan pelafalannya mungkin berbeda di setiap negara.

Nowruz menandai hari pertama animo semi dan dirayakan pada hari ekuinoks animo semi astronomi, yang biasanya terjadi pada 21 Maret. Ini dirayakan sebagai awal tahun gres (hari raya nowruz) oleh lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia dan telah dirayakan selama lebih dari 3000 tahun di Balkan, Laut Hitam, Kaukasus, Asia Tengah, Timur Tengah dan tempat lainnya.

Nowruz memainkan tugas penting dalam memperkuat relasi di antara orang-orang menurut pada saling menghormati dan impian perdamaian dan tetangga yang baik. Tradisi dan ritualnya mencerminkan budaya dan kebiasaan kuno peradaban Timur dan Barat, yang menghipnotis peradaban tersebut melalui pertukaran nilai-nilai kemanusiaan.

Merayakan Nowruz berarti penegasan kehidupan yang selaras dengan alam, kesadaran akan relasi yang tak terpisahkan antara kerja yang konstruktif dan siklus alami pembaruan dan perilaku hormat dan hormat terhadap sumber kehidupan alami.

dunia 2016. sedunia 2017. Indonesia 2018 internasional 2019 2020 2021 2022 2023 2024 2025 2026 2027 2028 2029 2030 2031 2032 2033 2034 2035 2036 2037 2038 2039 2040 2041 2042 2043 2044 2045 2046 2047 2048 2049 2050
Di bawah item jadwal "budaya perdamaian", negara-negara anggota Afghanistan, Azerbaijan, Albania, Republik Yugoslavia Mantan Makedonia, Iran (Republik Islam), India, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turki dan Turkmenistan menyiapkan dan memperkenalkan draft resolusi ( A / 64 / L.30 ) yang berjudul "Hari Internasional Nowruz" untuk sesi 64 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa yang sedang berlangsung untuk pertimbangan dan pengadopsiannya.

Dalam Sidang Paripurna ke-71 pada 23 Februari 2010, Majelis Umum menyambut baik dimasukkannya Nowruz dalam Daftar Perwakilan Warisan Budaya Manusiawi Takbenda oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB pada tanggal 30 September 2009.

PBB juga mengakui 21 Maret sebagai Hari Internasional Nowruz, dan mengundang Negara-negara Anggota yang tertarik, PBB, khususnya badan-badan khusus, dana dan programnya yang relevan, dan terutama Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan internasional dan regional yang tertarik. organisasi, serta organisasi non-pemerintah, untuk berpartisipasi dalam jadwal yang diselenggarakan oleh Negara di mana Nowruz dirayakan.

Sumber : http://www.un.org/en/events/nowruzday/

Demikianlah makalah OkeCoy.com bertajuk Sejarah dan Makna Hari Nowruz Internasional yang telah membahas mengenai Sejarah dan Makna Hari Nowruz Internasional /Tahun Baru Bahai (International Day of Nowruz).

Ungkap pendapat sobat di kolom tersedia dan bagikan link makalah ini ke jejaring sosial!

0 Response to "Sejarah Dan Makna Hari Nowruz Internasional"

Post a Comment