Hari Pengungsi Sedunia Internasional : Latar Belakang Sejarah

Sobat OkeCoy.com mungkin googling apakah pengertian / konsep, fungsi, jenis-jenis berdasarkan para hebat & unhcr, jumlah kawasan pengungsian dan sedang mencari info pengungsi rohingya, afghanistan ataupun suriah di jakarta hari ini dan masih awam dengan Hari Pengungsi Sedunia yang dalam bahasa inggris World Refugee Day dan sering juga disebut dengan hari pengungsi internasional dan hari pengungsi dunia yang juga diperingati secara nasional di Indonesia.

Artikel Hari Ini bertajuk Hari Pengungsi Sedunia Internasional yang bersumber dari situs PBB* ini akan membahas mengenai Hari Pengungsi Sedunia (World Refugee Day) 20 Juni.
 jumlah kawasan pengungsian dan sedang mencari info pengungsi rohingya Hari Pengungsi Sedunia Internasional : Latar Belakang Sejarah
Latar Belakang Sejarah Hari Pengungsi Sedunia Internasional
Hari Pengungsi Sedunia yaitu hari yang diperingati setiap tahun pada tanggal 20 Juni semenjak tahun 2001. Tujuannya yaitu untuk untuk menghargai kekuatan, keberanian, dan ketekunan jutaan pengungsi. Selain itu juga menandai momen penting bagi pemerintah dan masyarakat luas untuk memperlihatkan pemberian bagi keluarga yang terpaksa mengungsi.

Latar Belakang Sejarah Hari Pengungsi Sedunia


Hari Pengungsi Dunia diperingati pada tanggal 20 Juni setiap tahun semenjak tahun 2001. Penetapan hari ini dilakukan secara resmi oleh Majelis Umum PBB pada tanggal 4 Desember 2000 dengan mengadopsi resolusi 55/76. Resolusi tersebuut memuat bahwa tahun 2001 merupakan perayaan ulang tahun ke-50 Konvensi 1951 perihal Status Pengungsi, dan bahwa organisasi Persatuan Afrika (OAU) telah baiklah untuk mempunyai Hari Pengungsi International bertepatan dengan Hari Pengungsi Afrika pada tanggal 20 Juni.

Sekretaris Jenderal PBB ke-9, Ban Ki-moon mengatakan, "Tanggapan kami terhadap para pengungsi harus didasarkan pada nilai-nilai bersama kami menyebarkan tanggung jawab, non-diskriminasi, dan hak asasi insan dan aturan pengungsi internasional, termasuk prinsip non-refoulement."

Sekretaris Jenderal PBB ke-10, António Guterres mengatakan, "Ini bukan perihal menyebarkan beban. Ini yaitu perihal menyebarkan tanggung jawab global, tidak hanya berdasarkan pandangan gres luas kemanusiaan kita bersama tetapi juga pada kewajiban aturan internasional yang sangat spesifik. Akar permasalahannya yaitu perang dan kebencian, bukan orang yang melarikan diri; pengungsi yaitu korban pertama terorisme. " -

Dalam dunia di mana kekerasan memaksa ratusan keluarga mengungsi setiap hari, Badan Pengungsi PBB (United Nations High Commissioner for Refugees disingkat UNHCR) percaya kini yaitu waktu untuk memperlihatkan pemimpin dunia bahwa masyarakat global bersama dengan pengungsi, dan mengirim pesan kepada pemerintah bahwa mereka harus bekerja sama dan melaksanakan sesuatu bagi para pengungsi.

Tujuan peringatan Hari Pengungsi Dunia ialah untuk menghargai kekuatan, keberanian, dan ketekunan jutaan pengungsi. Selain itu juga menandai momen penting bagi pemerintah dan masyarakat luas untuk memperlihatkan pemberian bagi keluarga yang terpaksa mengungsi.

Baca Juga :
Konvensi Pengungsi 1951, Protokol 1967 dan Pengungsi Indonesia
Pengertian dan Jenis-Jenis Pengungsi berdasarkan Para Ahli


Petisi #WithRefugees yang disampaikan ke markas besar PBB di New York menjelang Pertemuan Tingkat Tinggi PBB perihal Pengungsi dan Migran pada 19 September 2016. Petisi tersebut meminta pemerintah untuk:
  1. memastikan setiap anak pengungsi menerima pendidikan.
  2. memastikan setiap keluarga pengungsi mempunyai kawasan yang kondusif untuk hidup.
  3. memastikan setiap pengungsi sanggup bekerja atau berguru keterampilan gres untuk memperlihatkan bantuan konkret kepada masyarakat mereka.
Sampai disini artikel Hari Ini yang berjudul Hari Pengungsi Sedunia Internasional yang telah membahas Hari Pengungsi Sedunia (World Refugee Day) 20 Juni. Semoga membantu Sobat yang googling apakah pengertian / konsep, fungsi, jenis-jenis berdasarkan para hebat & unhcr, jumlah kawasan pengungsian dan sedang mencari info pengungsi rohingya, afghanistan ataupun suriah di jakarta hari ini dan masih awam dengan Hari Pengungsi Sedunia yang dalam bahasa inggris World Refugee Day dan sering juga disebut dengan hari pengungsi internasional dan hari pengungsi dunia yang juga diperinngati secara nasional di Indonesia.

Bagikan tautan artikel ini ke jejaring sosial yang teman miliki!





* Situs Resmi PBB : http://www.un.org/en/events/refugeeday/
hari pengungsi sedunia 2018, hari pengungsi internasional 2019, hari pengungsi dunia 2020, info pengungsi hari ini 2021, info hari ini pengungsi rohingya 2017, pengungsi rohingya hari ini, pengungsi rohingnya hari ini 2022, pengungsi suriah hari ini 2023, hari pengungsi internasional 2024, hari pengungsi dunia 2025, hari pengungsi sedunia 2026. hari pengungsi nasional 2027. hari pengungsi indonesia 2028 2029 2030 2031 2032 2033 2034 2035. hari pengungsi nasional 2036. hari pengungsi Indonesia 2037. Hari Pengungsi 2038. apakah fungsi pengungsian 2039. pengungsi di indonesia 2040. konsep pengungsi 2041. jenis jenis pengungsi 2042. pengungsi afghanistan di jakarta 2044. pengungsi unhcr 2044. pengertian pengungsi berdasarkan para hebat 2045. Pengungsi 2046. kawasan pengungsi di indonesia 2047. jumlah pengungsi di indonesia 2048. pengungsi di indonesia 2049. pengungsi afghanistan di jakarta 2050

0 Response to "Hari Pengungsi Sedunia Internasional : Latar Belakang Sejarah"

Post a Comment