Hari Bahasa Cina Sedunia (World Chinese Language Day)

OkeCoy.com kali ini akan membahas mengenai Hari Bahasa Cina Sedunia (World Chinese Language Day) atau yang disebut juga dengan Hari Bahasa Cina PBB (UN Chinese Language Day). Karena mungkin Sobat belum tahu bahwa pada tahun 2010, Departemen Informasi Publik PBB mengumumkan peluncuran Hari Bahasa PBB. Inisiatif gres ini bertujuan untuk meningkatkan dan merayakan keragaman bahasa dan budaya dan untuk mempromosikan susukan yang sama terhadap enam bahasa resmi di PBB.
 Karena mungkin Sobat belum tahu bahwa pada tahun  Hari Bahasa Cina Sedunia (World Chinese Language Day)

Hari Bahasa Cina ialah Hari yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 20 April untuk mendukung upaya promosi keragaman bahasa dan budaya, meningkatkan kepedulian terhadap sejarah, budaya dan penggunaan bahasa cina. Hari Bahasa Cina ditetapkan oleh Departemen Informasi Publik PBB dengan prakarsa dari UNESCO dan diperingati pertamakalinya di Markas Besar PBB di New York pada tanggal 12 November 2010.
Kiyotaka Akasaka, Wakil Sekretaris Jenderal bidang kesetaraan dan isu multibahasa menyampaikan bahwa Cina ialah salah satu bahasa tertua di dunia, tetapi juga jumlah maksimum penggunaan global dari bahasa, tanggal Cina akan membuat badan lebih indah, sejarah dan pentingnya budaya. Wakil Tetap Tiongkok untuk PBB ketika itu, Duta Besar Li Baodong menyampaikan dalam sambutannya, Hari Bahasa Cina lebih lanjut akan memperluas imbas Cina sebagai bahasa resmi PBB, dan lebih banyak orang memahami Cina sebagai peradaban yang panjang dan budaya yang indah.

Ditetapkannya 20 April sebagai Hari Bahasa China terpilih dari Guyu (dalam bahasa cina 穀雨) yang dikenal juga dengan “Hujan Millet", dan didedikasikan untuk CangJie (dalam bahasa Cina 倉頡). Guyu merupakan 6 dari 24 hal surya di kalender Asia Timur tradisional. Sementara Cangjie (c. 2650 Sebelum Masehi) ialah sosok yang sangat penting di Cina kuno, yang merupakan sejarawan resmi Kaisar Kuning dan penemu karakter Cina sebagai bahasa tertulis Cina atau sering juga disebut dengan "nenek moyang teks Cina".

Cangjie menerima ide untuk membuat karakter tertulis dari kesan unik. Dia menyadari bahwa beliau sanggup membuat karakter dengan menangkap dalam menggambar karakteristik khusus yang terpisah masing-masing dan setiap hal di bumi. Makara Cangjie dicermati karakteristik segala sesuatu, termasuk matahari, bulan, bintang, awan, danau, laut, dan segala macam burung dan binatang. Dia mulai membuat karakter sesuai dengan karakteristik khusus yang beliau temukan, dan tak lama, beliau telah mengumpulkan daftar panjang karakter.

Menurut pendapat para ahli, Ia merupakan tokoh sejarah legendaris Cina kuno yang merupakan pejabat pada masa pemerintahan Huang Di yang melaksanakan standarisasi penggunaan karakter Tionghoa (Hanzi) pada masa pemerintahan ketika itu. dalam legenda dikatakan bahwa ketika beliau menemukan karakter cina, para tuhan dan hantu menangis dan jatuhlah hujan millet (sejenis tanaman serealia yang mempunyai bulir berukuran kecil) dari langit. Sejak ketika itu, orang-orang Cina merayakan hari Guyu untuk menghormati Cangjie. Dalam kalender Gregorian, biasanya dimulai sekitar 20 April.

Bahasa Resmi PBB lainnya juga menerima Hari perayaan, yaitu:
  1. Hari Bahasa Arab Sedunia (World Arabic Language Day) dirayakan 18 Desember
  2. Hari Bahasa Inggris Sedunia (World English Language Day) dirayakan 23 April
  3. Hari Bahasa Perancis Sedunia (World French Language Day) dirayakan 20 Maret
  4. Hari Bahasa Spanyol Sedunia dan Hari Nasional Spanyol dirayakan 12 Oktober
  5. Perayaan Hari Bahasa Rusia Sedunia (World Rusian Language Day)dirayakan 6 Juni

Sumber: Website Resmi PBB http://www.un.org/zh/events/chineselanguageday/ Tag aksesori : mencar ilmu kamus dasar terjemahan sehari-hari abjad nama bulan tahun besok ahad depan kemarin mandarin china indonesia cina sedunia dan artinya

Semoga artikel singkat OkeCoy.com yang membahas Hari Bahasa Cina Sedunia (World Chinese Language Day) atau yang disebut juga dengan Hari Bahasa China PBB (UN Chinese Language Day) ini sanggup bermanfaat untuk kita semua. Ungkap unek-unek sobat mengenai Hari Bahasa China ini dan share ke facebook, twitter, line, whatsapp dan lainnya biar sobat yang lain juga mengetahuinya.

0 Response to "Hari Bahasa Cina Sedunia (World Chinese Language Day)"

Post a Comment