Peringatan Hari Anti-Korupsi Internasional (International Anti-Corruption Day)

Karena hari anti korupsi wikipedia tidak ada, OkeCoy.com telah membuat artikel makalah perihal hari anti korupsi sedunia yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap ancaman dan dampak kejahatan korupsi. Artikel ini akan memuat Pengertian, Sejarah, latar belakang, makna, dan tujuan peringatan Hari Anti-Korupsi Internasional.

Hari Antikorupsi Internasional (disebut juga hari anti korupsi sedunia / hari antikorupsi sedunia / International Anti-Corruption Day dalam bahasa inggris) ialah hari yang diperingati untuk meningkatkan kesadaran ancaman yang ditimbulkan oleh korupsi dan juga sebagai momen bagi semua pihak untuk secara bantu-membantu mencari cara dan bersinergi dengan mengambil tugas dalam memerangi dan mencegah kejahatan korupsi. Hari antikorupsi internasional setiap tahun jatuh pada tanggal 9 Desember dan dirayakan oleh banyak sekali negara di seluruh dunia.

Karena hari anti korupsi wikipedia tidak ada Peringatan Hari Anti-Korupsi Internasional (International Anti-Corruption Day)
Kapan atau tanggal berapa hari antikorupsi nasional? Sebagaimana hari antikorupsi internasional, hari anti korupsi di indonesia diperingati secara nasional pada tanggal 9 Desember setiap tahunnya. Lembaga negara yang biasanya secara resmi melaksanakan peringatan hari anti korupsi ini ialah kejaksaan negeri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selain itu perayaan menyambut hari anti korupsi juga dilakukan dengan banyak sekali program yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi tinggi menyerupai UGM, UI, dan lainnya.

Hari anti korupsi dan ham juga acapkali digabung, alasannya ialah tanggal peringatan kedua hari tersebut sangat berdekatan. Yaitu Hari anti korupsi tanggal 9 Desember dan hari ham tanggal 10 Desember. Selain itu, informasi anti korupsi memang sedang hangat dengan kepedulian masyarakat dan pemerintah yang tinggi kini ini, yang membuat jikalau peringatan hari tersebut dipisah akan membuat peringatan hari ham tidak semeriah hari anti korupsi.

Sejarah Hari Anti-Korupsi Internasional


Sejarah lahirnya hari anti korupsi internasional 9 desember ialah dimulai saat Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengadopsi Konvensi PBB melawan Korupsi (United Nations Convention Against Corruption - UNCAC) pada tanggal 31 Oktober 2003 di Meksiko. Konvensi ini mulai diberlakukan pada bulan Desember 2005.

Kemudian melalui resolusi 58/4 Majelis menunjuk 9 Desember sebagai Hari Anti-Korupsi Internasional (International Anti-Corruption Day) dan meminta Sekretaris Jenderal menunjuk Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan / United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) sebagai sekretariat Konferensi Konvensi Negara Pihak. Dengan begitu kemudian United Nations Development Programme (UNDP) atau Badan Program Pembangunan PBB bantu-membantu dengan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) atau Badan PBB Urusan Narkoba dan Kejahatan berada di garis depan upaya ini.

Latar belakang Hari Anti-Korupsi Internasional 

Tujuan dari konvensi PBB melawan Korupsi ialah untuk mempromosikan seni administrasi pemberantasan korupsi yang efisien & efektif, memfasilitasi kerjasama internasional & dukungan teknis untuk pencegahan & pemberantasan korupsi, serta meningkatkan integritas, akuntabilitas & administrasi urusan publik yang lebih baik.

Dengan begitu latar belakang yang merupakan tujuan, amanat, makna dan pesan tersirat dari hari anti korupsi ialah untuk melaksanakan refleksi seluruh pihak (baik pemerintah, sektor swasta, organisasi non-pemerintah, media dan warga di seluruh dunia) guna meningkatkan kesadaran ancaman yang ditimbulkan oleh korupsi dan secara bantu-membantu mencari cara dan bersinergi untuk mengambil tugas dalam memerangi dan mencegah kejahatan korupsi.

PBB sebagaimana dikatakan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dalam pidato Hari HAM Internasional 2015 dengan tema hari anti korupsi sedunia “Memutus rantai korupsi”, PBB dalam Agenda Baru Pembangunan Berkelanjutan 2030 (The new 2030 Agenda for Sustainable Development) mencanangkan upaya untuk mengakhiri kemiskinan dan menjamin kehidupan yang bermartabat, mengakui kebutuhan untuk memerangi korupsi di semua aspek dan panggilan untuk pengurangan yang signifikan dalam arus keuangan terlarang serta untuk pemulihan aset yang dicuri.

Korupsi merupakan fenomena sosial, politik dan ekonomi yang kompleks yang menghipnotis semua negara. Karena korupsi telah menghancurkan lembaga-lembaga demokrasi, memperlambat laju pembangunan ekonomi dan berkontribusi terhadap ketidakstabilan pemerintahan.

Korupsi menyerang pondasi lembaga-lembaga demokratis dengan mendistorsi proses pemilihan, menyesatkan aturan aturan dan membuat rawa-rawa birokrasi yang satunya alasan untuk ada ialah meminta suap. Pembangunan ekonomi terhambat alasannya ialah investasi abnormal pribadi berkecil hati dan perjuangan kecil dalam negeri sering merasa mustahil untuk mengatasi "biaya lain-lain" yang muncul alasannya ialah korupsi.

Kampanye internasional bersama dalam peringatan hari anti korupsi pada tahun 2015 berfokus pada bagaimana korupsi merongrong demokrasi dan supremasi hukum, menimbulkan pelanggaran hak asasi insan , mendistorsi pasar, mengikis kualitas hidup dan memungkinkan kejahatan terorganisir, terorisme dan ancaman lain untuk keamanan insan untuk berkembang.

Kampanye dengan tagar #breakthechain ini juga menyoroti bahwa korupsi ialah kejahatan lintas sektor, berdampak banyak daerah. Ini mengatakan bahwa tindakan melawan korupsi sangat penting untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan , yang bertujuan untuk mengakhiri kemiskinan, melindungi planet ini, dan menjamin kemakmuran bagi semua.

Peringatan hari Anti Korupsi di Indonesia


Setahun sesudah Konvensi Antikorupsi atau United Nations Conventions Against Corruption (UNCAC), pemerintah Indonesia turut tetapkan 9 Desember sebagai Hari antikorupsi dengan mengeluarkan Intruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2004 (Inpres No. 5 tahun 2004) perihal Percepatan Pemberantasan Korupsi pada tanggal 9 Desember 2004.

Di Indonesia, peringatan hari anti korupsi diisi dengan bermacam-macam acara dalam rangka menyambut dan memperingati hari anti korupsi. Seperti Festival Antikorupsi, kampanye antikorupsi, menyelenggarakan Forum Dialog Nasional, Workshop Pengaduan Masyarakat, Peluncuran Boardgames Digital, Seminar Parenting Antikorupsi dan administrasi Pengendalian Gratifikasi, Panggung Kreatifitas, Lelang Barang gratifikasi, pembentangan Kain Perca Integritas dan pagelaran kolosal, Pameran Informasi Program dan Karya Komunitas, Pertunjukan Wayang Golek, Pertunjukan Suara Anak, Konser Musik Rakyat, Festival Kampung Kreatif, Pentas Teater Rakyat, Prung Semai Kebaikan dan istighosah di SMA/SMK, pidato oleh pejabat negara, pembacaan puisi, konser musik, membagikan kaos dan stiker anti korupsi pada masyarakat, Senam Antikorupsi, Yel2 Antikorupsi, Mobile campaign stand with us against corruption, Aksi Visual, Art Performance, Musik Performance, Kuis Antikorupsi, Stand up Comedy, Open Mc, serta aneka lomba (Lomba Orasi Antikorupsi, Lomba Infografis, Lomba Foto Aksesibilitas Publik, Orasi Antikorupsi, Hackaton / Lomba Membuat Apps, Lomba Kartupos, dan penulisan artikel Karya Tulis dan Foto untuk kategori wartawan, mahasiswa, guru, dosen dan umum)

Referensi : Situs Resmi PBB http://www.un.org/en/events/anticorruptionday/
Demikianlah artikel OkeCoy.com perihal hari anti korupsi sedunia bertajuk Peringatan Hari Anti-Korupsi Internasional (International Anti-Corruption Day) yang memuat Pengertian, Sejarah, latar belakang, makna, dan tujuan peringatan Hari AntiKorupsi sedunia. Semoga sanggup meningkatkan kepedulian kita semua terhadap ancaman dan dampak kejahatan korupsi.

Tulis pendapat, saran teman mengenai hari antikorupsi ini, dan share ke media umum untuk mempercepat bersihnya indonesia dari kejahatan korupsi.

0 Response to "Peringatan Hari Anti-Korupsi Internasional (International Anti-Corruption Day)"

Post a Comment