Membalikkan Telapak Tangan Saat Salam

DILARANG MEMBALIKKAN TELAPAK TANGAN KETIKA SALAM

Sering kita lihat pada ketika mengucapkan salam diakhir sholat masih banyak yg melaksanakan dengan membuka telapak tangannya yang kanan jikalau bersalam ke kanan dan yang kiri jikalau bersalam ke kiri.

Wallahu A’lam -fiimaa na’lam- tidak ada dalil untuk mengerjakan sifat sholat ini, bahkan yang ada yaitu hadits yang melarangnya :

dari Ubaidullah bin al-Qibthiyyah dari Jaabir bin Samurah rodhiyallahu anhu bahwa dia berkata :
كُنَّا إِذَا صَلَّيْنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قُلْنَا: السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ، وَأَشَارَ بِيَدِهِ إِلَى الْجَانِبَيْنِ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «عَلَامَ تُومِئُونَ بِأَيْدِيكُمْ كَأَنَّهَا أَذْنَابُ خَيْلٍ شُمْسٍ؟ إِنَّمَا يَكْفِي أَحَدَكُمْ أَنْ يَضَعَ يَدَهُ عَلَى فَخِذِهِ ثُمَّ يُسَلِّمُ عَلَى أَخِيهِ مَنْ عَلَى يَمِينِهِ، وَشِمَالِهِ»

“kami pernah sholat bersama Rasulullah sholallahu alaihi wa salam, kami ketika salam berkata, Assalamu alaikum wa rokhmatullah- Assalamu alaikum wa rokhmatullah, sambil berisyarat dengan tangan kami ke sisi kanan dan sisi kiri. Lalu Nabi sholallahu alaihi wa salam bersabda : “apakah kalian berisyarat dengan tangan kalian, menyerupai ekor kuda liar?, cukuplah kalian untuk meletakkah tangan kalian diatas pahanya, kemudian mengucapkan salam kepada saudaranya di sebelah kanan dan kirinya”. (HR.Muslim No,431)

0 Response to "Membalikkan Telapak Tangan Saat Salam"

Post a Comment