Pakai Kerikil Akik Waktu Sholat


Murojaah Status
“LEPASKAN CINCIN AKIKMU SEBELUM SHOLAT”
Fenomena cincin kerikil akik semakin hari rasanya semakin berlebihan, bagaimana tidak?? Lucu. Di ketika orang-orang menggunakan satu cincin, eh ada juga yang jari jemarinya dipenuhi cincin akik. Mending kalo kecil, besarnya pun beraneka ragam, ampun dah, kalo ada yang menggunakan cincin sebesar wajan terbalik kayaknya pemenangnya, baik dari sisi besarnya atau pun efeknya lantaran hitam warnanya sanggup untuk mewarna.
Sampai-sampai pun kini, jasus sebagian insan selalu tertuju pada akik saudaranya, sahabatnya, atau pun teman duduknya. Jika di luar sholat tentu tidak terlalu bermasalah, namun jikalau di dalam ibadah sholat, tentu sangat jelek keadaannya. Bagaimana tidak? Hal itu mengganggu kekhusyuan sholat, padahal sholat ialah ibadah yang agung, sampai-sampai perintah sholat ialah perintah yang di mana Nabi Muhammad -shallallahu`alahi wa salam- pribadi mendapatkan perintah itu dengan mi`roj ke sidratul muntaha.
Maka janganlah menciderai sholat dengan alasannya ialah hilangnya kekhusyuan.
Bantulah saudara kita dalam khusyu`, yaitu dengan menghilangkan penghalang-penghalang rasa khusyu` tersebut.
Jangankan cincin akik yang memang sedang diminati. Pakaian yang bergambar saja bila mengganggu kekhusyuan dalam sholat maka Nabi menanggalkannya atau melepaskannya.
Terdapat ketetapan larangan dari Nabi sallallahu’alaihi wa sallam dari sesuatu yang mengganggu dalam shalat. Sebagaimana dalam hadits Aisyah radhiallahu’anha:
أنَّ النَّبِي صلى الله عليه وسلم صَلَّى فِي خَمِيصَةٍ لَهَا أَعْلاَمٌ ، فَنَظَرَ إِلَى أَعْلاَمِهَا نَظْرَةً ، فَلَمَّا انْصَرَفَ قَالَ : اذْهَبُوا بِخَمِيصَتِي هَذِهِ إِلَى أَبِي جَهْمٍ ، وَائْتُونِى بِأَنْبِجَانِيَّةِ أَبِي جَهْمٍ ، فَإِنَّهَا أَلْهَتْنِي آنِفًا عَنْ صَلاَتِي
Artinya: “Sesungguhnya Nabi sallallahu’alaihi wa sallam shalat di baju dari wol yang ada gambarnya. Kemudian ia selintas melihat gambar. Ketika selesai shalat, ia mengatakan, ‘Pergilah dengan membawa baju ini ke Abu Jahm, dan bawakan (penggantinya) untukku dengan Anbijaniyah (baju bernafsu tanpa ada gambar) kepunyaan Abu Jahm. Karena baju tersebut gres saja melalaikanku dari shalatku”.
Hadits ini diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhari di shahihnya no. 373. Beliau memberi judul potongan dengan perkataannya: BAB: SHALAT DENGAN BAJU YANG ADA GAMBAR DAN MELIHAT KE GAMBARNYA.
Diriwayatkan pula oleh Al-Imam Muslim dalam shahihnya no. 556. Beliau memberi judul potongan dengan mengatakan: BAB: MAKRUHNYA SHALAT DI BAJU YANG ADA GAMBARNYA.
Perhatikan!!
Jika Nabi saja yang higienis hatinya merasa terganggu dan sanggup terganggu dengan gambar atau tanda sesuatu di baju, maka apalagi orang yang hatinya senantiasa kadang kotor dan kadang lupa membersihkannya. Maka bantulah saudaramu biar yang duduk di sampingmu di ketika sholat tidak terganggu kekhusyuannya dengan hal-hal yang engkau pakai.
Al-Imam Ibnu Daiqiq Al-`Ied rahimahullah berkata: Dengan hadits ini, para hebat fiqih mengambil aturan MAKRUHNYA segala sesuatu yang MENGGANGGU SHALAT baik dari cat, gambar maupun (corak hiasan) pinggiran. Karena aturan itu meliputi keumuman sebabnya. Dan sebabnya ialah sesuatu yang mengganggu dari shalat. (Ihkamul Ahkam, hal. 219).
Barangkali ada yang mengatakan, jangan terburu-buru menyamakan cincin akik dengan baju yang coraknya mengganggu, lantaran akik ialah hal kecil dari sekian seni yang ada.
Maka cobalah perhatikan!!!
Imam Malik -rahimahullah- pernah ditanya perihal cincin yang bergambar: apakah seseorang boleh memakainya dan shalat dengannya?? Imam Malik -rahimahullah- menjawab: Tidak boleh memakainya dan dihentikan shalat dengannya. (Al-Mudawwanah Al-Kubro (1/182).
Wallahu A`lam.
|Sulawesi, Senin 23 Jumaadal Aakhirah 1436 H.
(Copas Dari Status Fb Abu Uwais Ad-dimakiy No. 0921).

0 Response to "Pakai Kerikil Akik Waktu Sholat"

Post a Comment