Muslim Rohingnya, Bangsa Yang Ditindas Sampai Lari Ke Indonesia



MUSLIM ROHINGNYA, BANGSA YANG DITINDAS HINGGA LARI KE INDONESIA
.
14 May 2015
.
Pembantaian, pembakaran, pembunuhan, perbudakan, pengusiran dilakukan oleh bangsa Myanmar (Burma) terhadap bangsa Rohingnya yang beragama Islam.
.
kabar itu sudah lama,
bukti-bukti sudah banyak, namun entah kenapa seolah dunia sengaja menutup mata dan telinga.
.
Seolah dunia :
▬ membiarkan dan merestui perlakuan keji itu
▬▬ dilakukan terhadap bangsa muslim rohingnya.
.
Koordinator Aliansi Masyarakat Peduli Rohinngya di Medan, Khairul SH menyampaikan :
“Muslim Rohingya :
—— dibunuh secara massal,
—— rumah mereka dibakar,
—— wanita mereka diperkosa
—— dan belum dewasa dibunuh”.
.
Untuk menyelamatkan diri,
Muslim Rohingnya terpaksa melarikan diri dari negaranya dengan memakai bahtera menuju Bangladesh, Thailand, Malaysia dan Indonesia.
.
Dari sekian yang melarikan diri sudah banyak yang :
— mati karam di laut
—— atau diperbudak di thailand dan dibunuh.
.
Gelombang pengungsi Rohingya tiba bergulung-gulung,
Sekitar 8.000 pengungsi Rohingya asal Myanmar dan Bangladesh masih terapung-apung di maritim sesudah sebagian menyentuh bibir pantai dan diselamatkan di Aceh dan Pulau Langkawi Malaysia.
.
Hampir 2.000 orang-orang Muslim Rohingya dari Myanmar dan migran Bangladesh diselamatkan oleh Malaysia dan Indonesia di maritim Asia Tenggara dalam dua hari terakhir (9-10 Mei 2015) sementara pelopor dan pihak berwenang memperingatkan ribuan lagi mungkin tetap terperangkap di kapal-kapal yang penuh sesak.
.
Minggu, 10 Mei 2015,
sebanyak 600 orang tiba di pesisir Aceh dengan empat bahtera dan sebanyak 1.018 orang mendarat dengan tiga bahtera di utara Pulau Langkawi, Malaysia. Pejabat menyampaikan banyak diantara migran itu tampak lemah dan kelaparan.
.
Sementara yang di Indonesia,
Kabidhumas Polda Aceh, AKBP Teuku Saladin, menyampaikan mereka tengah didata oleh pihak imigrasi dan kepolisian di Polres Aceh Utara. “Karena jumlah mereka banyak, mereka dievakuasi ke Gedung Olah Raga Lhoksukon di Aceh Utara,” demikian ujar Kabidhumas Polda Aceh, AKBP Teuku Saladin, kepada wartawan BBC Indonesia, Jerome Wirawan.
.
Kelompok Rohingya yang :
▬ beragama Islam selama puluhan tahun
▬▬ menderita diskriminasi yang disetujui negara di Myanmar yang lebih banyak didominasi beragama Buddha, yang menganggap mereka penduduk ilegal dari Bangladesh.
.
Serangan terhadap Rohingya oleh :
▬ preman Buddhis pada tiga tahun terakhir
▬▬ telah memicu eksodus ke negara-negara tetangga.
.
Wakil kepala polisi Langkawi, Jamil Ahmed menyampaikan kepada kantor informasi The Associated Press bahwa kelompok yang tiba Minggu terdiri dari 865 pria, 52 belum dewasa dan 101 perempuan.
.
Polisi menemukan kapal kayu besar terperangkap di pasir dalam perairan dangkal di pantai Langkawi, yang bisa menampung 350 orang, ujarnya. Hal ini berarti ada setidaknya dua kapal lain tapi belum ditemukan, tambahnya.
.
Jamil menyampaikan seorang laki-laki Bangladesh memberitahu polisi bahwa para pengelola kapal memberi mereka arah ke mana harus pergi ketika mencapai pantai Malaysia, dan kemudian kabur dengan kapal-kapal lain. Migran tersebut menyampaikan mereka belum makan selama tiga hari, ujar Jamil, menambahkan bahwa sebagian besar dari mereka lemah dan kurus.
.
“Kami yakin mungkin ada lebih banyak lagi kapal yang datang,” ujarnya.
.
Ketika keempat kapal mendekati pantai Aceh Minggu pagi, beberapa penumpang melompat ke air dan berenang, ujar Steve Hamilton, dari Organisasi Migrasi Internasional di Jakarta.
.
Mereka telah dibawa ke stadion olahraga di Lhoksukon, ibukota kabupaten Aceh Utara, untuk dirawat dan ditanyai, ujar AKBP Achmadi, kepala polisi Aceh Utara.
.
Sakit dan lemah sesudah berada di maritim selama lebih dari dua bulan. “Kami tidak punya makanan,” ujar Rashid Ahmed, 43, laki-laki Rohingya yang ada di salah satu kapal. Ia menyampaikan ia melarikan diri dari negara bab Rakhine di Myanmar dengan putra sulungnya tiga bulan lalu.
.
Diperkirakan 7.000 hingga 8.000 orang ketika ini ditahan di kapal-kapal besar dan kecil di Selat Malaka dan perairan internasional sekitarnya, ujar Chris Lewa, eksekutif Proyek Arakan, yang telah memantau pergerakan Rohingya selama lebih dari 10 tahun.
Pejabat dan pelopor menyampaikan peningkatan migran itu terkait dengan penumpasan yang dilakukan Thailand baru-baru ini terhadap penyelundupan manusia.
.
Chris Lewa menambahkan bahwa razia sindikat perdagangan insan di Thailand dan Malaysia telah mencegah makelar membawa mereka ke daratan. Beberapa masih ditahan meski sesudah keluarga membayar mereka untuk dibebaskan dari kapal.
.
Thailand telah usang dianggap sebagai sentra perdagangan insan wilayah Asia.
.
Minggu lalu, perdana menteri Thailand memerintahkan pencucian kamp-kamp yang diduga kamp penyelundup sesudah puluhan mayit migran yang diperkirakan dari muslim Myanmar dan Bangladesh ditemukan di kuburan-kuburan dangkal di selatan negara itu. Puluhan orang telah ditangkap terkait kamp-kamp itu termasuk pejabat setempat dan polisi.
.
Hingga selesai November 2014, terdapat :
■40.070 pengungsi Rohingya yang terdaftar di UNHCR di Malaysia.
■Adapun di Indonesia terdapat 738 pengungsi Rohingya dari Myanmar hingga selesai Februari 2015.
.
Ya Allah bukakan hati insan – khususnya- di negri ini untuk bergerak menolong mereka, dan jadikan mereka bersabar, dan kembali ke jalan Agama-Mu dan mendapat pertolongan.
.
Ya Allah ampuni kami yang belum bisa mengamalkan sabda Nabi-Mu dengan maksimal:
.
تَرَى المُؤْمِنِينَ فِي تَرَاحُمِهِمْ وَتَوَادِّهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ، كَمَثَلِ الجَسَدِ، إِذَا اشْتَكَى عُضْوًا تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ جَسَدِه بِالسَّهَرِ وَالحُمَّى
“kamu lihat orang-orang mukmin itu, dalam hal saling menyayangi, menyayangi dan mengasihi ibarat satu tubuh, apabila satu anggota tubuh mengeluh sakit maka sekujur tubuhnya juga merasakannya, tidak bisa tidur malam, dan merasa panas dingin.” (HR. Bukhari). [AH]
Suka · Komentari · 
  • 54 orang menyukai ini.
  • Emsy Mily Laaah..katanya Budha itu mengakarkan welas Asih..ko,nian tegaaa..!
    Suka · Balas · 1 jam
  • Ades Fernande's Indonesia pun menolak menjadi tujuan pengungsi,yg sempat menciptakan geram pbb unhcr.apakah alasannya yaitu mereka islam pak pemerintah......apa anda lupa dj kepri ada bekas kamp pengungsi Vietnam yg bukan Islam.....kewajiban kita untuk nembantu.
    Suka · Balas · 1 jam
  • Nour Hanna ya allah lindungilah islam d dunia ini dan selamatkan isla

0 Response to "Muslim Rohingnya, Bangsa Yang Ditindas Sampai Lari Ke Indonesia"

Post a Comment