Olympus Mons Gunung Tertinggi Di Planet Mars

OLYMPUS MONS, GUNUNG TERTINGGI YANG BELUM BANYAK DIKETAHUI MANUSIA (TINGGI 27 KM)
Jika Puncak Cartenz yaitu puncak gunung tertinggi di Indonesia, dan Everest yaitu Puncak tertinggi di Bumi. Maka perkenalkanlah Olympus Mons, gunung terbesar dan tertinggi di planet tetangga kita yaitu Mars yang juga merupakan gunung terbesar dan tertinggi di Galaxy kita Bima Sakti.
Gunung ini menjulang dengan tinggi mencapai 27 km (27.000 meter) dan mempunyai diameter 550 km. Pada penggalan kakinya di kaki2 gunungnya Olympus Mons dikelilingi oleh bukit2 tebing terjal dengan ketinggian minimum 6 km. Sedangkan pada penggalan puncaknya, gunung ini mempunyai kawah berdiameter 85 km.
Jika Gunung ini ada di Bumi maka seandainya salah satu ujung kakinya di Solo Jawa tengah maka ujung kaki gunung di seberangnya dapat kita temukan di Jakarta.
Dan kalau tinggi Puncak tertinggi di Bumi yaitu puncak Everest dengan ketinggian 8848 meter. Berarti kalau 3 gunung Everest ditumpuk maka Olympus Mons akan tetap lebih tinggi. Makara andai kita berada di bawah Gunung ini kita tidak akan dapat melihat puncaknya. Meski demikian, gunung Olympus Mons masih dapat tumbuh lebih tinggi lagi dengan cara yang berbeda dengan gunung berapi di planet Bumi sebab planet Mars tidak mempunyai lempeng tektonik menyerupai di Bumi.
Wallahu a'lam.
Ada yang mau mencoba tantangan mendaki gunung Olympus Mons?

0 Response to "Olympus Mons Gunung Tertinggi Di Planet Mars"

Post a Comment