Pattimura Satria Beragama Islam

Bahasan Menarik...
Saya menikmati sebagai penyimak yang baik... (Menurut aku baik hehhe)
"Tidak ada satu pun jagoan Indonesia yang beragama Nasrani termasuk Pattimura. Bahkan Christina Martha Tiahahu yaitu seorang Muslimah", dongeng andung Azizah Hamka dengan mimik serius.
Cerita dari andung aku resapi dan aku simpan benar di otak, sampai siang tadi aku mengambarkan sendiri kebenaran dari keterangan andung ketika mencari rujukan untuk tesis di Perpustakaan Islam Kartopuran.
"Semakin jauh penelitian kita terhadap sejarah pemberontakan tahun 1817, semakin terungkaplah data-data yang meyakinkan bahwa goresan pena M. Sapija perihal tokoh jagoan Pattimura (dengan nama Thomas Matulessy, red) yaitu suatu manipulasi sejarah paling jelek yang pernah terjadi di Republik tercinta ini"
(Drs. Nour Tawainella, "Menjernihkan Sejarah Pahlawan Pattimura").
Temuan tersebut aku dapatkan di Majalah Panji Masyarakat No. 431 tahun XXV, 11 Mei 1984.
Akhirnya, inovasi tersebut membawa aku pada satu kesimpulan bahwa "Manipulasi sejarah merupakan kejahatan besar".
cc teman-teman JIB: mas Beggy Rizkiyansyah, mas Rizki Lesus, mas Septian AW. Tulisan perihal pelurusan sejarah Pattimura apakah sudah pernah ditulis dalam website JIB?.

sumber : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10202369542258036&set=a.1470143911712.2070139.1177025813&type=1

0 Response to "Pattimura Satria Beragama Islam"

Post a Comment