Myat Min
Siti Khatijah
Nurul Yusoff
Siti Naqibah Nuar
Muhammad Aidil Zainal
Ridlo Abelian
Hassan Ayman
An Nisa Nurul Khasanah
Hidayat Safiee
HanzalaHuzaifah HasniMal
Seymi Kerr Tuu
Sharifa Hji Mohammad
Den Awank
ابنو فايز اسماعيل شافعي
حسين عبدالله
Salina Shaharuddin
Hamid Abdal
Believing Muslimah
اسمه عبد الرحمن
Nurul Husna Ibrahim
Sofya Putry BalqisAulia Zannah
Ain Ainiey
Bakal Jenazah
Nasrie Smart
Nurul Athirah
Nurul Qolbi Nurul Qolbi
Nik Erien Sofiyya
Norsiha Baharuddin
Putra Mirza
Muhammad Amir
Ustaz Azhar Idrus
رسالة من عانـــس إلى جميع الرجال
Surat Dari Seorang Perawan Tua Kepada Semua Laki-Laki

(Di Terjemahkan Oleh : Ust Muhammad Elvi Syam, Lc. MA)

تزوجونا.. استرونا.. ارحمونا من نار العنوسة..

Nikahilah kami, lindungilah kami, sayangilah kami (terhindar) dari neraka perawan tua..

عندما اقترب عمري من العشرين كنت أحلم كأي فتاة بشاب ملتزم ذي خلق وكنت أبني الأفكار والآمال، وكيف سنعيش وكيف سنربي أطفالنا، و….و…. إلخ.

Ketika umurku mendekati 20 tahun, saya pernah mengimpikan menyerupai gadis lainnya, untuk mendapatkan seorang perjaka (ikhwan) yang konsisten dengan agamanya, berakhlak mulia, saat itu akupun mulai menyusun pikiran dan angan-angan, dan bagaimana cara mendidik anak kami, dan… dan… seterusnya.

وكنت من النوع الذي يحارب التعدد والعياذ بالله، فبمجرد أن يقولوا لي فلان تزوج على زوجته تجدني، من غير شعور، أدعو عليه وأقول: لو كنت مكانها لرميته مثلما رماني،

Aku ialah termasuk orang yang memerangi poligami –semoga Allah melindungi dari perilaku itu- sehingga, semata-mata mereka menyampaikan kepadaku: si fulan menikah lagi, saya lepas control, sehingga saya melaknat pria itu, dan mengatakan, kalau saya di posisi istrinya saya akan melaksanakan menyerupai apa yang dilakukan kepadaku.

وكنت دائما أتناقش مع أخي وأحياناً مع عمي عن التعدد ويحاولون أن يقنعوني وأنا متعندة لا أريد أن أقتنع، وأقول لهم مستحيل أن تشاركني امرأة أخرى في زوجي.

Dan saya selalu berdebat dengan saudara laki-lakiku, dan terkadang dengan pamanku ihwal poligami, mereka berusaha untuk meyakinkan kepadaku untuk menerimanya, namun saya tetapi berkeras kepala dan tidak ingin menerimanya, akupun menyampaikan kepada mereka, “ tidak mungkin perempuan lain menyertaiku dalam suamiku.

أحيانا كنت أتسبب في مشكلة بين زوج وزوجته لأنه يريد أن يتزوج عليها وأحرضها عليه حتى تثور ثائرتها عليه.

Terkadang, saya menjadi penyebab (actor) dalam pertingkaian antara suami dan istri, lantaran suaminya ingin menikah lagi, dan akupun mempropokasinya sehingga ia memberontak kepada suaminya.

ومرت الأيام وأنا أنتظر فارس أحلامي، انتظرت لكنه تأخر وانتظرت وقارب عمري الثلاثين.

Hari-hari pun berlalu, sedengankan saya menunggu dan menunggu arjuna (udo –minang) impianku, namun tak kunjung datang, saya selalu menunggu sementara umurku sudah mendekati 30 tahun.

يا إلهى ماذا أفعل؟ هل أخرج وأبحث عن عريس؟ لا أستطيع، سيقولون هذه لا تستحي، إذاً ماذا أفعل؟ ليس لي إلا الانتظار، وفي يوم من الأيام كنت جالسة وسمعت إحداهن تقول: (فلانة عنست)، قلت في نفسي مسكينة فلانة لقد عنست .. ولكن … فلانة إنه اسمي!!

Ya Allah, apa yang saya lakukan? Apakah saya keluar dan mencari marapulai (penganten pria minang), saya tidak bisa, mereka akan mengatakan, tidakkah pertua (perawan tua) itu malu? Lalu apa yang saya lakukan? Tiada lain bagiku kecuali penantian. Pada suatu hari, saya duduk, dan saya mendengar selah seorang perempuan mengatakan: si fulanah sudah menjadi perawan tua, akupun menyampaikan dalam hati ku, wah… sangat kasihan si fulanah itu beliau telah menjadi pertua, namun… si fulanah itu taunya namaku

يا إلهي إنه اسمي أنا أصبحت عانسة، صدمة قوية جداً مهما وصفتها فلن تحسوا بها، وأصبحت أمام الأمر الواقع أنا عانس.

Ya Allah, tahunya namaku, saya sudah menjadi perawan tua? Shok / trauma yang besar lengan berkuasa sekali, bagaimanapun saya mengambarkannya kalian tidak akan bisa merasakannya, saya sudah berada di depan realita, saya ialah perawan tua.

وبدأت أراجع حساباتي ماذا أفعل؟ الوقت يمضي والأيام تمر أريد أن أصرخ، أريد زوجاً أريد رجلاً أقف بظله يعينني ويقضي أموري، أريد أن أعيش أريد أن أنجب أريد أن أتمتع بحياتي.

Akupun mulai menghitung-hitung , apa yang akan saya lakukan, sementara waktu terus berjalan, hari-hari terus berlalu, saya ingin berteriak, saya ingin seorang suami, saya ingin seorang laki-laki, yang mana saya bangkit di naungannya, yang akan membantuku dan memenuhi kebutuhanku, saya ingin hidup, saya ingin punya anak, saya ingin menikmati hidupku.

جاءني أخي الأكبر ذات مرة وقال لي: لقد جاءك اليوم عريس فرددته، ومن غير شعور مني قلت له لماذا؟ حرام عليك ، قال لي لأنه يريدك زوجة ثانية على زوجته وأنا أعرف أنك تحاربين التعدد.
وكدت أصرخ في وجهه: ولماذا لم توافق؟! أنا راضية أن أكون زوجة ثانية أو ثالثة أو رابعة!

Suatu kali, abangku mendatangiku dan berkata: “hari ini telah tiba seorang marapulai untukmu, tapi saya telah menolaknya” dengan spontanitas saya berkata: kenapa? Tidak boleh?, abangku menyampaikan kepadaku: “karena ia ingin menjadikanmu istri kedua dan saya tahu kau memerangi poligami”. Hamper saya berteriak di hadapan wajahnya: “ kenapa kakak tidak menyetujuinya? Aku rela untuk menjadi istri kedua, atau ke tiga, atau keempat.

الآن أدركت حكمة الله في التعدد وهذه حكمة واحدة جعلتني أقبل فكيف بحكمه الأخرى؟ اللهم اغفر لي ذنبي فقد كنت جاهلة.

Sekarang saya mengatahui pesan yang tersirat Allah dalam berpoligami, ini ialah satu pesan yang tersirat yang telah membuatku menerimanya, bagaimana dengan pesan yang tersirat yang lain???? Ya Allah, ampunilah dosaku, sungguh saya tidak mengetahui.”

وهذه كلمة أوجهها إلى الرجال أقول لكم: عددوا، تزوجوا واحدة وثانية وثالثة ورابعة بشرط (القدرة والعدل)، أنقذونا من نار العنوسة فنحن بشر مثلكم نحس ونتألم، استرونا ارحمونا.

Ini undangan saya berikan kepada kaum laki-laki, saya katakan kepada kalian: berpoligamilah, menikahlah satu, dua, tiga dan empat, dengan syarat ( ada kemampuan dan bersikap adil), selamatkanlah kami dari neraka pertua, kami ialah manusia, kami merasakan, kami pilu, lindungilah kami, sayangilah kami.

وهذه كلمة أوجهها إلى أختي المسلمة المتزوجة…

Ini undangan saya berikan kepada saudariku muslimah yang telah menikah…

احمدي الله على هذه النعمة لأنك لم تجربي نار العنوسة وأرجو ألا تغضبي إذا أراد زوجك الزواج من أخرى، لا تمنعيه بل شجعيه..

Sanjunglah Allah atas nikmat ini, lantaran ukhti belum pernah mencicipi neraka pertua, saya berharap janganlah ukhti murka kalau suami ukhti ingin menikah lagi dengan perempuan lain, janganlah anda halangi dia, akan tetapi doronglah ia.

أنا أعرف أن هذا صعب عليك ولكن احتسبي الأجر عند الله، انظري إلى حال أختك العانس والمطلقة والأرملة، من لهم؟ اعتبريها أختك وسوف تنالين الأجر العظيم بصبرك ..

Aku tahu, bahwa ini sulit bagimu, akan tetapi, harapkanlah pahala di sisi Allah, lihatlah kondisi saudarimu yang pertua, janda cerai, janda final hidup suami, siapakah yang mendampingi mereka? Anggaplah beliau saudarimu, anda akan meraih anugerah yang besar disebabkan kesabaranmu..

تقولين لي يأتي أعزب ويتزوجها أقول لك انظري إلى إحصائيات السكان، إن عدد النساء أكثر من الرجال بكثير ولو تزوج كل رجل بواحدة لأصبح معظم نسائنا عوانس، لا تفكري في نفسك فقط بل فكري فينا

Mungkin ukhti menyampaikan kepadaku, seorang perjaka akan datang, dan akan menikahinya. Maka saya menyampaikan kepada ukhti: “lihatlah kepada sensus penduduk, bahu-membahu jumlah perempuan jauh lebih banyak daripada laki-laki, kalau setiap pria menikahi seorang perempuan saja, pastilah kebanyakan perempuan akan menjadi perawan tua, janganlah ukhti memikirkan diri sendiri saja, akan tetapi pikirkanlah kami.

أموت حرقة عندما أرى زوجا ممسك بيد زوجته ، وتهيج مشاعري ، ولكن بلا فائدة ؟؟؟؟

Aku mati kebakaran saat melihat seorang suami yang menggenggam tangan istrinya, perasaanku bergejolak, tapi tanpa manfaat???

أختكم / العانس

Saudari kalian / Perawan tua

فوائد تعدد الزوجات
لا يخفى على الجميع فوائد تعدد الزوجات فهو من أقوى دعائم المحافظة على العفة ،،،،،،
ووسيلة من أعظم وســائل جلب الخيـر والبركة وكثرة الرزق
وهذا لا يخفى على أهل الإيمان والمعرفة ..
إذا كان ليس لديك الشجاعة للتعدد في الزوجات .. فارسلها لمن ترى!

Manfaat poligami:
Semua orang tahu bahwa manfaat poligami ialah factor terkuat untuk menjaga dari dosa zina.
Merupakan salah satu sarana terbesar mendapatkan kebaikan, berkah, dan rezki yang banyak.
Hal ini sudah diketahui oleh orang yang beriman dan berpengetahuan.
Jika kau tidak mempunyai keberanian untuk berpoligami, maka arahkanlah ia kepada siapa yang anda anggap mampu

Aladham Qwas

hi everybody here !
I wanna say that Islam said that we can merry 1,2,3 or 4 wife !
imagine that we have some men who have two wife?
i think that it will be better... just for whk can be good with his all wifes and likes... 
Suka1LainnyaKemarin pukul 19:04

Herly Ismail

Rasulullah tidak mencontohkan sewaktu dgn Sayyidah Khadijah... pahami wahai para lelaki !
Suka1LainnyaKemarin pukul 20:28

Hamidah Ayumi

Aq..juga..dulu disebut perawan bau tanah dilingkungan sekitarku...Alhamdulillah Allah memperlihatkan aq suami yang tampan..baik..dan sayang..jangan ada alasan untuk rela dinikahi menjadi istri kedua lantaran takut gak laku
Suka4LainnyaKemarin pukul 21:29

Denni Caldenni Satria

Barulah saya akui kalau poligami ustad2 itu benar jikalau mereka mau mengambil janda-janda bau tanah dan (maaf) pelacur biar dibawa ke jalan yang benar....
Kalau maunya yang masih kinyis-kinyis, mbahenol dan bagus ya itu namanya hipokrit.
Suka4LainnyaKemarin pukul 22:54

Abu Hazbillah

Coba perhatikan yg ini
SukaLainnyaKemarin pukul 23:16

Abu Hazbillah

Dg seksama
SukaLainnyaKemarin pukul 23:17

Abu Hazbillah

Jangan kau ikuti Aku
Ikuti saja ajaranku
SukaLainnyaKemarin pukul 23:17

Abu Hazbillah

Kata baginda nabi SAW
SukaLainnyaKemarin pukul 23:18

Abu Hazbillah

Dalil.......
Kau.....tidak akan mampu
Xixixixi
Poligami......samar
SukaLainnyaKemarin pukul 23:19

Abu Hazbillah

Kata nabi kepada Ali
SukaLainnyaKemarin pukul 23:19

Abu Hazbillah

Tunggu Aku wafat ....baru kau boleh.....memadu Anakku
SukaLainnyaKemarin pukul 23:20

Abu Hazbillah

Waktu baginda nabi muau wafat.....Alu dulu yg dipanggil

Dg keras. Baginda berkata kepada Ali

Sesungguhnya...yg paling cepat....menyusulku ialah anak perempuan kesayanganku
SukaLainnyaKemarin pukul 23:23

Abu Hazbillah

Xixixi....itu bukti baginda....melihat
Sekelas alipun tidak mungkin adil
SukaLainnyaKemarin pukul 23:25

Abu Hazbillah

Woooooy.....laki" poligamu kecuali baginda nabi SAW
Jujur ame diri lo
Cuma....karena 99%......birahi
SukaLainnyaKemarin pukul 23:27

Griya Thibbun Nabawi

Alhamdulillah sudah abisss quota ku....aku bersyukur bisa menikahi perawan lanjut usia....janda2 yg teraniaya....semoga menjadi keluarga yg barokah....
Suka2Lainnya9 jam yang lalu

Eros Mtp Fatahillah

ajiib ajiib... masya allah adakah yg siap untuk d masna....fanahnu siap...???
SukaLainnya7 jam yang lalu

Ahmad Nawawi Altsauri

pérawan bau tanah itu syeiiton. lki-lki boléh mempunyai istri 2,3 atau 4 asalkan sanggup bérllaku adil séumpamanya tak bisa berlaku adil 1 saja.
SukaLainnya6 jam yang lalu

Anwar Shodiq

Ijin share
SukaLainnya6 jam yang lalu

Abdul Jabbar Zakaria

Mmg dari Allah,"TAPi"???? Allah nk bg rezeki xberhajat sikit pun usha kita,kita usha Sbb ianya ialah perintah Allah sunnah nabi saw,usha kita xblh tggalkan kesan dan bekas pun,kerana Allah Maha kaya Maha sempurna,kita yg kena usha "TAPi" Allah yg bg rezeki,bkn Allah bg rezeki TApi kita kena usha.sgt berbeza!
SukaLainnya6 jam yang lalu

Saifuldin Mylamoc

Beriman..Usaha doa dan tawakal...
SukaLainnya5 jam yang lalu

Yulmarina Mazni

Indahnya hidup bersama dalam poligami, menyerupai yang telah ditetapkan Allah dalm.surat anisa'
Suka1Lainnya5 jam yang lalu

Kasriyanto Taufiq

Semoga Allah memudahkanku dan kalian semua,.
SukaLainnya4 jam yang lalu

Ibnu Dardak

yai bhasingah cocok iki
SukaLainnya3 jam yang lalu

Abdur Rahman

Maksud poligami sbnarnya untuk memuliakan wanita.Kt akan memahami pesan yang tersirat poligami..kalau diantara keluarga akrab kt ad yg jd perawan tua..atau jd janda yg kesulitan mencari pasangan lg...wallahu'alam
Suka2Lainnya3 jam yang lalu

Heru Cah Pemalang

وكنت من النوع الذي يحارب التعدد
Dahulu saya termasuk orang-orang yg anti poligami.
SukaLainnya3 jam yang lalu

Hendra Qhaliq

SukaLainnya2 jam yang lalu

Vera Wati BintiSuyitno

Subhanalloh...memang Alloh dan Rosul tdk akan pernah salah dlm mengatur hukum.
SukaLainnya2 jam yang lalu

Syed Naahur Shah

Alhamdullilah kak..
Sbb kn kurang didikan agama dn tdk percaya pd allah punca insan melarang..
SukaLainnya56 menit yang lalu

Syed Naahur Shah

Bukan sahaja perempuan malah ada segilintir lelaki xnk poligami sbb xpercaya pada allah dn juga kemampuan diri sendiri...
Kahwin 1 atau pon 4 semua jodoh di tgn allah...
Ye poligami tu sunnah, tpi atas perintah allah jugak...
Nape susah sgt nk ikut perintah allah?
Tkot tk ckup dari segi kewangan? Kita hidup demi allah dn mengikut perintah allah kt muka bumi maka kita akn berjaya di dunia dan akhirat.. so knp nk takot?
Allah dh bg semua kunci untuk berjaya di dunia dn akhirat...
Yg penting ingt...pe yg kita dpt di dunia semua sumbangan allah..maka terima dgn seikhlas hati wlupon diberi penyakit...semua ada pesan yang tersirat disebalik sumbangan allah ..
SukaLainnya42 menit yang lalu

أحمد خليوبي

Baik
SukaLainnya40 menit yang lalu
Tulis komentar...