10 Youtuber Indonesia Dengan Penonton Terbanyak 2019



2018 telah berlalu. 2019 sedang kita jalani. Pencapaian gres siap kita catat kembali. Namun ada baiknya sedikit menengok ke belakang. Ke tahun Shio Anjing Tanah sebelum benar-benar mengambil langkah terbaik di tahun Babi Tanah.

Di tahun 2018 Youtube kian menancapkan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari kita. Dulu apa-apa selalu memintanya ke Google. Bahkan untuk mencari tukang sedot WC pun bertanyanya ke Google. Seiring waktu, mencari sesuatu beralih dalam bentuk video.

Meski Google masih sangat berpengaruh, namun Youtube menjadi idola baru. Terlebih setelah kian meluasnya informasi bahwa hanya dengan membuat konten dan menguploadnya ke Youtube, duit bakal berdatangan. Gelombang content creator gres pun bermunculan.

Baca Juga: 7 Caranya Mengoptimasi SEO Video Youtube

Ada banyak rekor gres yg tercipta di 2018. Atta Halilintar jadi youtuber dengan subscribe sebanyak 8,543,826. Ia pun menancapkan dirinya sebagai youtuber dengan subscribe terbanyak pertama disusul Ria Ricis dengan akun Ricis Official yg bisa menggaet 8,132,522 subscribe.

Sedangkan bapak youtuber Indonesia, Raditya Dika Musti rela disalip dengan hanya menempati urutan ke empat dengan jumlah subcribe terbanyak. Radit yg meski masih konsisten membuat konten tidak berpindah dari jumlah 5,531,984.

Tapi ulasan kali ini tidak bakal mengulas soal siapa paling tinggi jumlah subcribenya. Tapi yg paling banyak di tonton. Dan kita khususkan untuk akun personal, alias bukan reupload atau konten yg sudah ada namun diperbaharui dengan bumbu yg baru.

Baca Juga: 10 Jenis Video Youtube yg Banyak Menghasilkan Uang

Bukan tidak menyadari kehadirannya. Tapi akun Calon Sarjana contohnya, memang menempati urutan ketiga terbanyak jumlah subcribe bahkan penontonnya. Tapi bukan tema itu yg bakal kita bitrikkan. Saya mengkhususkan Maknakel ini untuk yg benar-benar mendesain kontennya dari tidak ada menjadi ada. Alias syuting khusus untuk kemudian jadi konten.

Mengapa menitipberatkan pada jumlah penonton?. Karena penghasilan dari Google Adsense yg dikaitkan dengan Youtube, rumus dasarnya ialah jumlah penonton.

Penghitungan kasarnya, setiap pembuat konten bakal menerima 1 dolar per 1.000 views (RPM: Revenue per Mille impression). Meski terlihat menggiurkan, hitungan ini intinya tidak valid. Karena jumlah RPM yg dihasilkan bisa lebih tinggi atau jauh lebih rendah dari itu.

Baca Juga: Caranya Menghasilkan $100 per Hari dari Youtube

Pastinya, bahwa penghasilan dari Youtube itu besar pengaruhnya pada jumlah views. Kita tidak bitrikkan penghasilan yg didapat selain dari Youtube. Juga tidak memastikan berapa yg merasa bisa hasilkan hanya dari video yg diuploadnya.

Guna membantu merumuskan ini, saya menganalisa akun-akun Youtube Indonesia di Social Blade. Situs yg memang fokus memberi rating dan menawarkan data akun di sosial media. Termasuk Youtube tentunya. Lalu siapakah Youtube Indonesia dengan penonton terbanyak sampai 2019 ini.

Jika ingin melihat videonya, pribadi klik saja tautan di bawah ini.


Diurutkan dari yg terendah ke yg paling tinggi.

1. Little Princess Shinta

Di posisi pertama alias paling buncit, ada akun Little Princess Shinta. Dengan segmen entertaiment, Shinta yg punya dilema pada kakinya ini bisa mencuri perhatian banyak orang. Akun ini sudah mempublikasikan video sebanyak 315. Rata-rata bercerita soal mainan dan keseharian Shinta yg selalu ceria.

Sejak dibentuk 13 September 2015 silam, jumlah penonton Little Princess Shinta mencapai 560,332,432 sampai Maknakel ini dipublikasikan. Jumlah subscribenya pun menembus 1,311,690 orang. Capaian luar biasa untuk dayli vlog yg mengulas mainan anak-anak. Good job Shinta. 


2. Edho Zell

Pria berjulukan Komplit Edho Pratama alias Edho Zell ini sudah malang melintang di dunia peryoutuban. Ia bisa digolongkan generasi awal-awal booming youtube di Indonesia. Masih bermain di segmen entertaint, Edho sering kali membuat video parodi.

Akun Youtube Edho dibentuk pertama kali 24 November 2006 dengan capaian jumlah subscribe sampai 2019 ini sebanyak 2,555,657 orang. Pentontonnya mencapai 569,376,229 kali dari 513 video yg berhasil dipublikasikan. Edho bisa jadi rujukan gimana konsistensi itu Musti dipertahankan.



3. Atta Halilintar

Muhammad Attamimi Halilintar atau lebih dikenal dengan nama Atta Halilintar, membuat akun Youtubenya sesuai nama bekennya. Ia ialah anak sulung dari keseblasan keluarga Halilintar. Masih berkutat di segmen entertaiment, Youtuber sekaligus pengusaha ini menempati urutan ke tiga.

Atta pertama kali membuat akun Youtube 26 Januari 2014. Ia mirip pengantar Maknakel ini menjadi Youtuber dengan jumlah subscriber terbanyak di Indonesia. Namun penonton 359 videonya hanya sebesar 656,628,495 kali. Maknanya tidak ada jaminan jumlah subcribe menempatkannya di posisi pertama pula.



4. Raditya Dika

Penulis, sutradara, Maknas sampai jadi youtuber. Banyak banget profesi seorang Raditya Dika. Selain Edho Zell, ia juga angkatan awal youtuber di Indonesia. Pernah mencatat rekor sebagai pengumpul pengikut paling banyak di Youtube. Sekarang ia hanya jadi yg kesekian.

Radit membuat akun 29 Juni 2007. Sejauh ini telah mengupload 797 video dengan total subscribe 5,533,832 orang. Total keseluruhan penonton Radit mencapai 693,971,292 kali. Ia juga rujukan konsistensi content creator yg masih mempertahankan eksistensinya.



5. MiawAug

Reggy a.k.a MiawAug ialah youtuber gaming yg malang melintang memainkan dan mereview game di kontennya. Jika berdasarkan saya, beliau Keliru satu youtuber gaming yg cukup konsisten dalam gendernya. Meski kian terkenal, ia tidak ikut-ikutan membuat konten selain game.

Reggy membuat akun Youtube 15 Maret 2014. Pada segmennya, ia termasuk cukup produktif. Terlihat dari total video yg diuploadnya telah mencapai 1.756 dengan tunjangan subscribe 3,771,819 orang. Dengan raihan itu, ia bisa mengundang penonton sampai 781,866,137 kali. Great bro!.



6. Ibu dan Balita Indonesia

Ini masih satu keluarga dengan akun Little Princess Shinta. Di channe yg ini, sang ibu yg terlihat aktif mendokumentasikan anak-anaknya. Selain itu, mereka juga masih punya akun lain berjulukan Shinta & Shanti. Keluarga ini mirip hendak membangun kerjaan youtubenya. :)

Sejak dibentuk 8 Agustus 2016, akun Ibu dan Balita Indonesia ini sudah mengupload sebanyak 215 video. Dengan total subscribe 2,313,591 dan berhasil ditonton 826,376,310 kali. Itulah yg membuatnya masuk daftar youtuber terpopuler untuk segmen keluarga.



7. Gen Halilintar 

Berawal dari buku Kesebelasan Gen Halilintar: My Family My Team yg terbit 2015 silam. Keluarga ini juga balasannya membuat akun youtube di tahun yg sama. Dalam video-videonya di channel ini, mereka berkumpul sebagai keluarga.

Keteranan keluarga Gen Halilintar yg juga mendongkrak anak sulungnya Atta Halilintar dikenal luas. Sejak dibentuk channel keluarga ini telah mengupload sebanyak 368 video. Total 5,014,669 orang dan telah ditonton 951,634,290 kali. Well done.



8. Ricis Official

Ria Ricis nama lengkapnya. Channenya ia beri nama Ricil Official. Keliru seorang yg awalnya jadi kameo sampai terbentuk jadi youtuber besar. Alumni Universitas Pancasila dan adik kandung Oki Setiana Dewi ini melejit seketika.

Sejak membuat akunnya 15 Januari 2016, Ricis telah mengupload video sebanyak 408 buah. Total subscribnya pun kejar-kejaran dengan Atta Halilintar. Ia berhasil mengunci pelanggan sebanyak 8,143,773 dan total penonton mencapai 955,547,739 kali.



9. Zara Cute

Masih mengambil segmen bawah umur dan pendidikan, akun Zara Cute cukup menarik. Mereka bukan berasal dari keluarga Maknas yg terkenal. Tapi bisa mencuri perhatian banyak orang. Tingkah laris Zara Nugroho dan adik-adiknya kadang bikin gemes.

Akun ini pun telah mengantongi total subscribe sebanyak 1,478,656 orang semenjak dibentuk pertama kali 26 Maret 2016. Dari 905 video yg telah diupload, penontonnya tembus angka 1,081,749,625 kali. Jumlah yg fantastis, bahkan melampaui capaian Ria Ricis. Great job adek Zara.



10. Lifia Niala

Dan yg paling banyak ditonton ialah akun Lifia Niala. Mereka ialah dua orang anak yg ceria, cerdas dan menggemaskan. Perbedaan dengan akun-akun anak yg lain, akun ini banyak membuat mainan sederhana dari bahan-bahan seadanya. Mereka pun tidak tinggal di kota yg sangat besar.

Dibuat pertama kali 4 Maret 2014, Lifia dan Niala sudah berhasil menghibur bawah umur Indonesia. Konten edukasi yg disajikan tampaknya diterima dengan baik. Terlihat dengan total penontonnya mencapai 1,133,966,682 kali. Subscribenya 1,502,928 orang dengan total video 555. Keren adek manis. :)








Jika melihat akun-akun dengan rekor penonton terbanyak ini, ada satu yg cukup menonjol. Segmen bawah umur lebih mayoritas dan tentu yg menontonnya kebanyak pula anak-anak. Ini kabar yg baik ditengah kian minimnya kanal media untuk anak.

Baca Juga: 15 Youtubers dengan Penghasilan Terbesar di Indonesia

Uraian di atas bisa dijadikan rujukan buat kalian yg berencana membuat konten di Youtube. Tapi apapun kontennya asal tidak menyalahi hukum yg ada, bakal memilih dan menemukan penontonnya sendiri. Kaprikornus jangan khawatir. Kuncinya ialah berkreasi.

Ok sob!

0 Response to "10 Youtuber Indonesia Dengan Penonton Terbanyak 2019"

Post a Comment