5 Daerah Mengirim Goresan Pena Dengan Bayaran Manusiawi



Sebagai blogger, menulis jadi kemampuan tambahan yg Musti dikuasai selain koding tentu saja. Tapi bagi aku pribadi, menulis jauh lebih penting dijadikan bekal untuk membangun karir sebagai blogger. Lihat saja Raditya Dika yg sukses jadi blogger dan penulis sebab keahliaanya.

Tidak sedikit blogger yg punya keahlian mempuni dalam tulis menulis aku temukan di situs lelang. Mereka menjual jasanya dengan sangat murah. Bukan berMakna mereka murahan. Hanya saja, di negeri kita tercinta ini belum ada situs lelang jasa yg bisa menghargai penulis lepas dengan manusiawi.

Atau bahasa lainnya, belum banyak pencari jasa yg bisa membayar dengan layak satu karya tulis. Saya coba mencari beberapa orderan goresan pena untuk blog di situs Sribulancer. Pencarian aku tertuju pada seseorang yg membutuhkan seorang penulis handal untuk blog.

Baca Juga: Caranya Mendapatkan Uang dengan Menulis di UC News

Ia menyampaikan harga Rp500.000 untuk 25 goresan pena dengan masing-masing satu goresan pena berisi 1000 kata. Itu Maknanya per goresan pena dihargai Rp20.000, alias Rp20 untuk setiap katanya. Belum lagi ada tambahan "bakal lebih baik Jika lebih dari 25 tulisan, bisa 30 atau 35," katanya.

Bagi aku ini satu penghinaan. Selain sebab ia meminta tulisannya tidak copy paste, juga Musti diselesaikan dalam waktu cepat. Dipikirnya satu goresan pena murni bisa tamat mirip buang air besar di pagi hari. Itu tidak masuk akal. Jika bukan hasil kloningan dari goresan pena lain, aku tak tahu penulisnya bakal melaksanakan jurus apa untuk memenuhi semua itu.

Penulis lepas di beberapa negara sangat dihargai. Saya banyak menemukan situs jual beli goresan pena yg memberi bayaran cukup manusiawi. Keliru satunya FreelanceMom. Mereka membayar penulis mulai $75 sampai $100 untuk satu goresan pena mulai 900 sampai 1.500 kata.

Baca Juga: Caranya Dapat Bayaran Rp50.000 Untuk Satu Tulisan di BaBe

Jika dikonversi dalam rupiah dengan nilai tukar Rp13.000, maka satu goresan pena di situs itu dihargai mulai Rp975.000 sampai Rp1.300.000. Bandingkan sendiri jomplangnya perbandingan itu. Tapi niscaya bakal ada yg mengatakan, itukan di luar negeri. Bagi saya, menulis tidak mengenal demografi. Semuanya soal daya kreasi. Tantangannya pun sama.

Tapi bukan berMakna semua situs di Indonesia tidak menghargai tulisan. Memang bukan situs lelang jasa. Tapi mereka mendapatkan penulis dengan banyak sekali latar belakang. Jika kalian punya kemampuan yg baik dalam menulis, tidak ada salahnya mengirim goresan pena ke situs-situs tersebut.

Berikut BLOGOOBLOK jabarkan beberapa situs di Indonesia yg mendapatkan penulis lepas.

1. Mojok

Situs yg mengusung konsep terkenal ini merupakan tempat bagi penulis dengan kemampuan berlebih. Sebagai media alternatif, kau dihentikan keras untuk terlalu serius. Lebih banyak mangandung satir dan sindiran setrik halus untuk banyak perkara.

Mojok mendapatkan banyak tulisan, mulai esai, curhatan, bahkan cerita-cerita mop. Mereka sangat menghargai itu. Meski goresan pena di Mojok lebih ringan dan gurih, namun mereka sangat menghargai setiap karya yg berhasil diterbitkan. Bayarannya mulai Rp350.000 sampai lebih untuk satu tulisan.

Kaprikornus kalian punya energi berlebih tidak ada salahnya mengirim ke Mojok.co.

2. Voxpop

Sebenarnya hampir sama dengan Mojok, Voxpop Indonesia juga mengusung tema yg santai dan menyegarkan. Namun, buat kau yg tidak terlalu satir, tapi goresan pena mu menyimpan makna, maka Voxpop.id bisa jadi pilihan menarik.

Voxpop mendapatkan goresan pena beragam, mulai dari opini dengan sudut pandang bermacam-macam dan segar. Segimana namanya 'Suara Raykat' (vox populi), situs ini didirikan dari banyak sekali latar belakang tidak sama. Mulai dari jurnalis, komikus, sampai pengusaha.

Itulah mengapa, setiap goresan pena yg berhasil tayang di situs ini bakal diganjar gaji yg manusiawi. Satu goresan pena dibayar Rp250.000 dengan manimum kata tidak terbatas.

3. Geotimes

Jika kau tipe orang yg menulisnya serius dan selalu memenuhi segala unsur teoritistik. Maka tidak ada salahnya menulis sesuatu di Geotimes.co.id. Situs yg menampung goresan pena opini dan kolom ini lebih mengedepankan isu faktual dan timeless.

Tulisan yg bisa tayang di situs itu Musti memenuhi syarat dari 750 sampai 1000 kata. Namun, tak perlu khawatir, Jika goresan pena mu berhasil terbit maka bayarannya juga tidak mengecewakan. Mereka bakal membayar sesuai keahlian, namun dimulai dari harga Rp350.000 per tulisan. Bayarannya bisa lebih dari sejuta Jika itu memang dari ahlinya.

4. Remotivi

yg satu ini sasarannya lebih spesifik lagi. Remotivi.or.id merupakan organisasi yg memantau semua siara media. Baik televisi, radio, cetak sampai online. Jika teman-teman punya kemampuan menganalisis satu pemberitaan dari sudut pandang media, silahkan mengirimkan tulisan.

Saya belum pernah mengirim goresan pena ke Remotivi, tapi beberapa sobat yg berhasil menerbitkan goresan pena di situs itu mengatakan, bayarannya jauh dari cukup dari sekedar cuap-cuap di sosial media. Mereka bisa membayar dari Rp350.000 sampai Rp1.500.000 per tulisan.

Namun itu dia, sebab mereka merupakan situs yg serius, jadi goresan pena yg tayang Musti memenuhi syarat yg mereka tetapkan.

5. Basabasi

Situs Basabasi.co menampung bermacam-macam goresan pena dibanding empat lainnya yg aku sebut di atas. Basabasi mendapatkan cerpen, puisi, esai, resensi buku dan hibernasi atau Maknakel ringan. Setiap goresan pena dihargai tidak sama. Tulisan ringan Rp100.000, cerpen dan esai Rp300.000, puisi Rp250.000 dan resensi buku Rp200.000.

Setiap goresan pena yg masuk ke mereka bakal dikurasi. Jika lolos, maka tulisannya bakal ditayangkan. Mereka juga tidak membatasi berapa pun goresan pena yg dikirim. Jika banyak dan semuanya lolos, maka bakal mereka tayangkan. yg menariknya lagi, setiap penulis yg pertama kali tulisannya tayang bakal diberi kaos dari Basabasi.

Jika dipikir-pikir, Jika memang punya kemampuan menulis maka tak ada salahnya mengirim ke Keliru satu situs di atas. Atau mengirim ke mereka semua juga tak ada salahnya. yg Musti diperhatikan sebagai etik, jangan mengirim karya yg sama ke situs yg tidak sama, kecuali sudah dinyatakan tidak lolos kurasi.

Saya tidak ingin mengajak orang yg berburu orderan di situs lelang jasa untuk berhenti. Tapi, aku mengajak berpikir supaya lebih menghargai diri sendiri. Karena hanya penulis itu sendiri yg bisa menghargai karyanya sebelum orang lain menilainya.

Sebenarnya masih banyak lagi situs di Indonesia yg mendapatkan goresan pena dari luar dengan bayaran manusiawi. Tergantung teman-teman maunya atau sukanya menulis apa. Seperti yg aku katakan di awal tulisan, menulis itu bisa jadi senjata yg baik untuk menyebarkan diri. Tidak susah, hanya saja banyak orang yg belum mengerti trik terbaik untuk memulai.

0 Response to "5 Daerah Mengirim Goresan Pena Dengan Bayaran Manusiawi"

Post a Comment