Menguji Ketangguhan Hostinger Indonesia



Bagi kalian yg telah bersahabat dengan web hosting berkelas dunia, niscaya sudah tahu Jika Hostinger sering kali masuk dalam Keliru satu dari 10 web hosting terbaik. Ada banyak alasan yg diutarakan pereview kelas dunia menempatkan Hostinger dalam daftar.

Keliru satunya Laura Stamey dari HostingAdvice. Ia menulis niatan ambisius Hostinger telah membuatnya mencapai keseimbangan tepat antara harga versus performa. Harga yg dibawah standar bukan jadi alasan mereka menurunkan layanan, malah infrastruktur Hostinger dilengkapi dengan drive solid-state.

Laura pun memberi rating 4.8 dari 5 sebagai poin sempurna. Hostinger masuk dalam daftar 10 web hosting terbaik tahun 2017 dari review keseluruhan. Whtop juga menempatkan Hostinger dalam daftar 10 web hosting terbaik di Indonesia. Bahkan bertengker di tiga besar.

Keunggulan dan kepercayaan Hostinger inilah yg mengantarnya menerima ratifikasi dari ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) pada tahun 2013. ICANN merupakan organisasi nirlaba yg bertugas mengawasi segala sesuatu terkait internet. Semacam MUI untuk label halal.

Tapi betulkan Hostinger ini setangguh yg dielu-elukan?. Lalu apa saja yg membuat nama Hostinger besar. Pun Jika benar demikian, kemudian versi Indonesia (Hostinger.co.id) apa setangguh induknya?.

Guna menunjukan semua keraguan saya itu, tentu Musti dilakukan review setrik menyeluruh. Tapi bakal sangat panjang Jika semuanya saya utarakan. Maka review kali ini hanya fokus menjawab mengapa Hostinger patut dikategorikan web hosting terbaik dan tercepat di Indonesia. Seperti tagline yg dipajangnya.

1. Stabil

Ada banyak sudut pandang untuk menerjemahkan kata stabil ini. Apalagi Jika pembahasannya dikerucutkan pada web hosting. Selalu saja muncul banyak keraguan Jika satu web hosting menyediakan harga murah tentu layanannya cenderung labil.

Tapi Hostinger mungkin sanggup jadi pengecualian lain. Mereka memang populer sebagai web hosting murah meriah, tapi layanannya tidak murahan. Koneksi seluruh server mereka 1000 Mbps. Ini tentu saja jadi jaminan performa dan stabilitas maksimum.

Apalagi server Hostinger ditempatkan di banyak lokasi. Ada di Amerika Serikat, Eropa dan Asia. Pasar Indonesia sudah barang niscaya servernya ada di Asia. Sebagai pengguna, kita juga sanggup memantau setrik live uptime mereka. Silahkan mengunjungi link ini dan buktikan sendiri kesepakatan uptime 99,9% yg Hostinger janjikan.

Saya tidak berani menceritakan lebih jauh perihal kestabilan server Hostinger. Tapi melihat banyaknya orang yg mempercayakan Hostinger sebagai 'rumah' mereka, saya optimis ini bukan isapan jempol. Tidak mungkin ada 29 juta orang di seluruh dunia yg kompak tersesat.

2. Aman



Seperti yg saya katakan di poin pertama, ada 29 juta orang yg menjadi klien Hostinger sejauh ini. Mereka mempercayakan websitenya ke Hostinger tentu alasannya ialah merasa aman. Apalagi telah dibuktikan dengan ratifikasi ICANN.

Hostinger juga mempunyai garasi 30 hari uang kembali 100% Jika merasa tidak puas dengan layanan mereka. Bagi saya ini menentramkan hati, alasannya ialah kita sanggup melaksanakan uji coba gratis selama 30 hari dan sanggup komplain Jika kurang nyaman.

Jika kalian bertanya apakah saya sudah pernah menggunakan kemudahan ini. Jawabannya tidak. Karena saya juga belum menemukan ada review yg mengulas bakal ini. Atau sama sekali belum pernah ada yg merasa kecewa kemudian menuntut uang kembali. Entahlah.

Jaminan keamanan ini diperkuat pula dengan menggandeng BitNinja sebagai penangkal DDOS. Saya rasa tak perlu menjelaskan lagi apa itu BitNinja dan DDOS, alasannya ialah pada Maknakel-Maknakel saya sebelumnya sudah pernah mengulas topik ini. Intinya, layanan ini menjamin data kita kondusif dititip pada server mereka.

3. Nyaman

Saya punya pengalaman jelek soal kata nyaman ini. Pernah satu website yg saya kelola mengalami persoalan dinihari. Tapi saya hanya sanggup menelan liur alasannya ialah layanan dukungan mereka hanya berlaku di jam kerja. Pun tiket yg saya layankan gres direspon pagi harinya.

Tak perlu saya sebut nama web hostingnya, toh yg bersangkutan juga mulai ditinggal pergi penghuninya. Di Hostinger, mereka punya jaminan dukungan yg live chat 24/7/365. Mereka sadar, layanan purna jual jauh lebih penting dari menjual itu sendiri.

Kita juga sanggup menghubunginya eksklusif via telpon atau meminta dukungan lewat email. Tak perlu menunggu Musti membeli layanan mereka, masa penjajakan pun kita tetap sanggup berkomunikasi. Bahkan email mereka juga cepat respon Jika bertanya banyak hal.

Selain itu, mereka juga mendapatkan banyak metode pembayaran. Ini yg sering luput dari perhatian. Karena tidak sedikit orang yg berniat membeli web hosting namun kesulitan melaksanakan pembayaran. Di Hostinger, kita bahkan sanggup membeli menggunakan Bitcoin. Untuk layanan ini saya dua jempol.

4. Senang

Mengapa senang?. Pertama, mereka punya paket hosting yg sudah gratis domain dan SSL (Secure Sockets Layer). Teknologi yg membuat tautan terenkripsi antara server dan browser. Untuk memahami ini memang perlu klarifikasi lebih jauh. Tapi pada dasarnya, internet itu bertelanjang, maka perlu encrypted untuk mengamankannya.

SSL kadang dijual terpisah oleh penyedia web hosting. Harganya bervariasi. Namun di Hostinger SSL diberikan gratis Jika menentukan paket hosting minimal paket Premium atau Bisnis. Bahkan layanan custom domain pun telah menyediakan SSL gratis.

Bagi yg belum begitu mahir menggunakan layanan web hosting pun sanggup merasa bahagia menggunakan Hostinger, alasannya ialah tutorial menggunakannya sudah tersedia gratis. Ini menyenangkan, alasannya ialah masih banyak blog di luar sana yg menyebabkan tutorial membuat web ini sebagai ebook jualan terlarisnya. Hostinger sudah menyediakannya gratis bahkan Komplit.

Mereka punya pula kemudahan web script installer 1-Click alias membuat website dengan menginstalnya sekali klik. Bahkan kita sanggup membangun web dengan Mudah tanpa perlu jadi andal koding Jika menggunakan website builder atau menggunakan WordPress Premium. Tentu saja dengan bayaran tambahan. Tapi jangan khawatir, harganya terjangkau.

5. Beragam

Sudah selayaknya web hosting itu punya produk yg beragam. Hostinger pun demikian. Selain menyediakan paket hosting dengan harga super murah berdasarkan saya (gimana tidak, paket web hoting Singlenya hanya dipatok Rp10 ribuan setiap bulan), mereka juga punya paket VPS murah.



VPS (Virtual Private Servers) alias server virtual atau juga sering disebut Cloud VPS ialah solusi terkini dunia web hosting. Dengan menggunakan VPS kita tak perlu lagi pusing bakal membagi resource server web kita dengan yg lain.

Layanan VPS Hostinger sudah dilengkapi ruang server khusus, full SSH root, infrastruktur cloud, dan skalabilitas resource tak terbatas. Harganya pun lebih manusiawi dibanding penyedia lain. Pakte 1nya dipatok mulai Rp110 ribuan perbulan dengan bandwidth 1000 GB dan RAM 1 GB serta Disk Space 20 GB. Selengkapnya sanggup dibuka di websiteny.

Semua layanan VPS Hostinge pun telah dilengkapi IP yg dedicated. Serta jaminan backup data setrik terencana dengan metode Mudah dan cepat. Keberagaman dalam Hostinger kian dilengkapi hadirnya produk khusus Domain murah dan Website Builder.

***

Sebenarnya ada masih banyak hal yg belum sempat saya utarakan dalam goresan pena ini. Tapi saya berharap Maknakel ini sedikit menjawab keraguan teman-teman sekalian untuk menggunakan layanan Hostinger. Mereka bukan pemain gres yg datang-datang kemudian mengacau pasar di Indonesia.

Mereka sudah berdiri semenjak tahun 2004 di Kaunas, Lithuania. Dan lebih awal populer pada layanan hosting gratis tanpa iklan melalui 000webhost[dot]com. Saya ingat betul layanan ini sempat booming di tahun 2007. Saya pun telah membuktikannya kala itu.

Kemudian Hostinger sebagai induk membuka banyak layanan di banyak negara. Hingga kini terhitung telah 178 negara yg dilayani dengan cabang di 39 negara berakreditasi ICANN. Perusahaan ini juga melahirkan banyak perusahaan gres mirip Hosting24 dan Niagahoster yg juga sudah menjajal pasar Indonesia.

Jadi, untuk menjawab, apakah Hostinger Indonesia sama tangguhnya dengan induknya. Jawabannya, tidak layanan yg tidak sama dari mereka. Standar pelayanan dan produk yg dijual tetap sama di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

Pantas saja Jika Hostinger Indonesia juga telah menerima pengakuan banyak pihak, mengikuti induk perusahaannya. Begitu pula dengan perusahaan turunan yg berhasil dilahirkannya. Untuk menjawab hal lain, utamanya soal teknis pengoperasian, supaya saya sanggup menulisnya di kemudian hari.

Atau Jika kalian punya pengalaman lain wacana Hostinger, silahkan sampaikan di kolom komentar. Bakal dengan bahagia hati kita sanggup mendiskusikannya.  


0 Response to "Menguji Ketangguhan Hostinger Indonesia"

Post a Comment