Alasan Besar Lengan Berkuasa Mengapa Musti Memulai Blogging



Untuk aneka macam alasan, ini jadi goresan pena pertama saya di 2018 khusus untuk BLOGOOBLOK. Ada getir dan rindu menulis dan menyapa orang-orang mahir yg setia tersesat di blog ini.

2017 jadi tahun yg jelek buat saya. Tidak banyak hal yg bisa saya bagikan di blog ini. Mungkin alasannya ialah kesibukan mengasah dan membesarkan goresan pena di kawasan lain. Sebagai full time blogger, rasa-rasanya memang tidak menyenangkan jikalau Musti membuatkan hati. Tapi semua ada alasannya.

Tulisan ini saya mulai dengan pertanyaan yg selalu membuat saya berpikir. Pertanyaan yg mungkin juga sering kalian dengar, atau malah kalian tanyakan. Mengapa saya Musti memulai blogging dan gimana itu bisa menguntungkan saya?.

Pertanyaan ini sangat dasar namun tetap menjadi momok menggelikan untuk dijawab tahun 2018. Tapi bagi saya, pertanyaan ini sangat sempurna menyongsong kian besarnya dampak revolusi digital di tahun-tahun mendatang. Saya yakin, kalian sudah paham apa yg saya maksud.

Bagi saya pribadi, ada banyak alasan sehingga saya memulai membangun blog ini 2014 lalu. Tepatnya online pertama kali 22 Februari 2014. Lalu pada 19 September 2015, blog ini bertransformasi jadi self domain berlanjut sampai detik ini dengan nama .

Sayapun awalnya tak habis pikir, memasuki tahun kelima BLOGOOBLOK masih mengudara. Saya mengenal blog semenjak tahun 2005 dan semenjak dikala itu ada banyak blog yg saya kembangkan. Seperti blogger pemula kebanyakan, lebih banyak yg gugur tak terurus sampai jadinya terlupakan. Beruntung BLOGOOBLOK masih bisa bernafas lega sampai kini.

Meski setiap orang punya alasannya masing-masing, namun ada beberapa alasan umum yg patut diperhatikan semoga bisa memulai blogging.

1. Pengembangan Diri

Selalu ada trik untuk mengembangkan diri. Keliru satu yg saya terapkan ialah blogging. Sadar bahwa blogging jadi Keliru satu basis bisnis saya, tak ingin membuatnya sia-sia. Saya bisa menerima penghasilan dari menulis menjadi alasan saya untuk mendalaminya.

Awalnya, saya pun tak ubahnya blogger lain yg mungkin terlalu malas untuk menulis. Tapi seiring waktu berlalu, saya menyadari melalui blog, saya bisa mengekspresikan diri lebih baik. Saya bisa dengan leluasa menulis ide, gagasan, dongeng saya wacana apa saja lewat blog.

Kebetulan, untuk di blog ini khusus seputar teknologi. Saya punya beberapa akses untuk menulis. Beberapa bahkan jadi penulis tetap untuk tema-tema tertentu.

yg Musti dipahami, bahwa menulis seyogyanya sudah menjadi kebiasaan orang-orang berabad-abad lamanya. Dulu mungkin hanya di buku catatan, kini mediumnya lebih beragam. Keliru satunya blog. Disitulah letak menakjubkannya, alasannya ialah kita bisa membuatkan catatan dalam lembaga yg terbuka.

setelah melihat banyak tulisan, kemudian mempelajarinya. Saya kemudian terbiasa mengembangkannya. Saya mencar ilmu banyak trik menulis tema yg tidak sama, mengindentifikasi sampai mempertajam gagasan sendiri, menyempurnakan pendapat serta membangun disiplin.

Dalam beberapa tulisan, saya bahkan Musti mencar ilmu membuat outlet sendiri. Melawan ketakutan dan rasa kurang percaya diri. Tapi saya menikmatinya sampai telah terkumpul sejumlah goresan pena baik pendek dan panjang. Beberapa bahkan dibeli oleh media-media.

Semua itu alasannya ialah saya memulainya dari blog. Membangun portofolio diri sendiri sampai orang-orang melihatnya. Saya pikir tidak ada yg sia-sia dengan melaksanakan itu.

2. Penghasilan

Nyaris setiap orang yg memulai blogging, sudah paham Jika blog itu bisa menghasilkan uang. Tapi sebelum terlampau jauh menerawang, saya hendak tegaskan Jika tidak setiap blog bakal menguntungkan. Tapi banyak blogger yg bisa pertanda baik pendapatan setrik eksklusif maupun tidak.

Tulisan ini tidak bakal mengulas gimana blog bisa menghasilkan uang. Beberapa goresan pena dalam blog ini sudah menerangkan soal itu. Silahkan dicari-cari dan lakukan dari tahap paling awal. yg ingin saya tegaskan, bahwa blog ini pun sudah bisa menghidupi keluarga kecil saya.

Saya bukan orang yg suka mempertontonkan penghasilan. Tapi saya ingin membuatkan dengan teman-teman, Jika BLOGOOBLOK menerima sumber pemasukan dari beberapa elemen. Keliru satunya tentu dari Google Adsense. Dilain waktu dari kegiatan affiliate dan yg terbaru konten berbayar.

Jika ditanya, berapa besar penghasilan saya dari blog ini. Saya menentukan untuk tidak menyebutkan nominal. Selain kurang etis, penghasilan yg saya dapatkan juga belum seberapa dibanding blogger-blogger lain di negeri ini. Itu alasannya ialah tidak ada produk semacam ebook yg saya jual.

Tapi saya ingin membuatkan pengalaman, di tahun pertama saya memulai blog ini saya nyaris tak bisa membayar kopi jikalau bertumpu pada penghasilan Adsense. Tapi waktu tidak pernah berhenti, sesuatu yg kita berdiri pada jadinya bakal membuahkan hasil. Tentu dengan trik yg tepat. Bukan benar. Karena tidak ada yg Keliru dalam ngeblog.

Saya pernah terkesima pada Keliru satu link afiliate yg saya tanam dalam blog ini. setelah sekian usang saya diamkan, ternyata ada pula orang yg berbaik hati membeli layanan dari link saya. Saya tidak pernah memaksakan, agarkan orang menentukan sendiri.

Meski saya sangat berharap, pembaca yg budiman bisa membantu menyumbangkan pengeluarannya sebagian ke BLOGOOBLOK. Ya, mirip membeli web hosting dengan rekomendari yg ada di blog ini. :)

Baca: Caranya Membuat Website Tanpa Kursus yg Mahal

Ada banyak trik yg bisa dilakukan. Tapi alasannya ialah keterbatasan saya, hanya bisa melaksanakan beberapa hal di atas. Blog juga bisa jadi aset yg menguntungkan pada waktu tertentu. Intinya bangunlah brand, dan permudah orang-orang menemukannya di mesin pencari. Penghasilan bakal tiba dengan sendirinya.

3. Relasi dan Timbal Balik

Benar kata orang, banyak sobat banyak rejeki. Saya memulai blog ini dengan niatan untuk berbagi. Satu demi satu goresan pena saya tayangkan sampai jadinya tercipta ratusan. Dari yg awalnya pertemanan saya di dunia blog cukup terbatas, kini semakin luas.

Saya tak ingin jumawa, bahwa saya sudah dikenal semua blogger di Indonesia. Tidak. Bahkan mungkin, tidak banyak yg mengenal saya lebih jauh. Tapi dengan blog, saya membuka jutaan elemen dalam membangun relasi. Bukan hanya di Indonesia tapi seantero dunia.

Seorang pada tahun-tahun kemudian tetiba menghubungi saya lewat email. Kami berkomunikasi dan kian intens. Dalam bahasa Inggris terbata-bata, saya jadinya berteman baik dengan dia. Tidak sedikit malah ia jadi sumber pendapatan saya dengan bermacam-macam wujud.

Beberapa orang juga tak segan mengirim email ke saya. Mereka menceritakan pengalamannya membaca goresan pena di blog ini. Saya sangat tersentuh Saat mereka menerima manfaat. Jika mau jujur, inilah yg membuat saya senang, alasannya ialah berhasil merekahkan senyum di wajah orang lain.

Saat karya kita diapresiasi bahkan hanya dengan kata-kata terima kasih, bagi saya itu lebih dari cukup dari sekedar uang yg masuk. Timbal balik dari pembaca yg budiman ialah nyawa yg tak ternilai harganya. Itulah yg membuat saya tak bisa meninggalkan blogging.

Saya sadar, blog ini belum memberi banyak sumbangsi yg positif bagi orang-orang. Tapi saya tetap berusaha meski sering kali banyak hambatan. Tapi saya sangat berterima kasih kepada mereka yg bisa menggunakan blog ini untuk bersuara pada tujuan yg layak. Sungguh menakjubkan.

Jadi, Jika diharuskan menjawab pertanyaan semula. Mengapa Musti memulai blogging?. Saya rasa, tanggapan setiap orang tentu bakal selalu tidak sama. Tapi, saya jaminkan, saya punya banyak pengalaman dan kebaikan setelah memulainya.

Blogging telah membantu saya berkembang setrik pribadi, membantu saya menerima sumber penghasilan lain dari sekedar hobi menulis. Blog juga membuka ruang yg lebar untuk persahabatan tanpa batas. Saya mungkin tidak bisa memperlihatkan perubahan besar bagi orang lain, tapi melalui blog sekecil apapun itu sudah sangat saya syukuri.

Untuk menuntaskan pertanyaan di atas, silahkan dijawab sendiri. Salam!

0 Response to "Alasan Besar Lengan Berkuasa Mengapa Musti Memulai Blogging"

Post a Comment